7 Tips Mendapatkan Inspirasi dalam Berkarya

Jun 21 / Sarita Laras
Sumber:freepik.com
Industri kreatif bisa dikatakan sebagai dunia yang sarat akan persaingan berbagai macam ide. Ide yang menarik atau out of the box menjadi kunci agar sebuah karya dapat diterima publik di tengah jumlah pelaku industri kreatif yang kian meningkat.

Sebagai pekerja kreatif, dalam satu waktu kamu mungkin dapat menemukan ide dengan mudah. Namun, ada kalanya ide tersebut sulit didapatkan karena pikiranmu menemui jalan buntu. Alhasil kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk berpikir.

Pada saat itulah kamu sebenarnya sedang membutuhkan sebuah inspirasi. Inspirasi sendiri dapat diartikan sebagai perasaan antusias yang didapatkan dari seseorang atau sesuatu yang memberikanmu ide-ide baru dan kreatif.

Untuk mendapatkan inspirasi, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu coba. Kamu bisa memilih yang paling mudah atau mencoba berbagai cara hingga menemukan jalan yang paling efektif.

Berikut ini merupakan 7 tips yang bisa kamu coba untuk mendapatkan inspirasi saat sedang berkarya.

Mengobrol dengan Orang-orang dari Beragam Latar Belakang

Saat pikiranmu menemukan jalan buntu, jangan biarkan dirimu larut dalam kesendirian. Segera cari seseorang atau lebih yang bisa kamu ajak bertukar pikiran. Kamu bisa memilih mereka yang sekiranya dapat memberikan perspektif baru, pengetahuan, atau bahkan inspirasi. Orang-orang tersebut bisa datang dari teman, kolega, atau keluarga.

Di samping itu, inspirasi kadang juga muncul dari obrolan ringan dengan sembarang orang yang mungkin kamu temui saat dalam perjalanan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu lekas keluar dari rumah dan pergi ke tempat baru. Lingkungan baru dapat memicu inspirasi baru melalui suasana maupun orang-orangnya.

Menjelajahi Internet

Ini merupakan cara termudah yang bisa kamu lakukan dalam menemukan inspirasi. Hanya dengan gawai dan jaringan internet, kamu sudah dapat mencari segala informasi yang berkaitan dengan konsep ide yang kamu butuhkan.

Kamu bisa menemukannya dengan membaca posting-an blog favoritmu, meriset apa yang dilakukan orang lain di bidangmu, atau hanya sekadar membaca kutipan-kutipan inspiratif yang dapat membakar semangatmu.

Menyiapkan Buku Catatan untuk Menuliskan Idemu Kapan pun

Nah, pada satu waktu mungkin akan terlintas banyak ide dari kepalamu. Ide-ide tersebut mungkin tidak semuanya akan cocok untuk proyekmu saat itu, tetapi mereka mungkin akan menjadi inspirasi di kemudian hari. Oleh karena itu, siapkan buku catatan ide berukuran kecil yang mudah kamu bawa ke mana pun.

Menonton Film

Saat ini ada banyak film berkualitas yang bisa kamu tonton untuk mendapatkan inspirasi. Ada berbagai genre yang bisa kamu pilih dengan menyesuaikan kondisimu saat itu. Misalnya, kamu berniat menjadi blogger yang terkenal, maka film Trinity, The Nekad Traveler menjadi salah satu film yang bisa kamu tonton untuk menemukan inspirasi dari sang tokoh utama.

Untuk menonton film, selain di bioskop, kamu juga bisa melakukannya melalui berbagai platform streaming resmi.

Berendam di Kamar Mandi

Seorang ilmuwan kognitif, Scott Barry Kaufman, menemukan lebih banyak orang mendapatkan inspirasi saat sedang di kamar mandi. Setidaknya ada dua faktor yang mendukung temuan tersebut.

Pertama, saat berada di kamar mandi, seseorang biasanya akan lebih merasa rileks. Di situlah banyak hormon dopamin dilepaskan. Dopamin sendiri merupakan zat kimia di otak yang dapat memicu perasaan baik bagi seseorang sehingga akan lebih mudah memunculkan kreativitas.

Kedua, saat di kamar mandi, kamu akan membiarkan otakmu bersantai dan tidak diisi dengan hal-hal yang serius. Oleh karena itu, ide-ide baru akan mulai berkeliaran untuk mengisi kekosongan ruang di otakmu.

Mendekor Ulang Kamar

Saat pikiranmu suntuk, mungkin itu tandanya kamu butuh suasana baru untuk kamarmu. Kamu bisa menata ulang kamarmu atau mengganti suasananya dengan tema-tema yang mampu membuatmu lebih rileks. Misalnya jika kamu merupakan penganut gaya minimalis, ada berbagai referensi ide dekorasi kamar yang bisa kamu aplikasikan. Konsep tersebut biasanya akan didominasi warna-warna, seperti beige, putih, atau abu-abu yang dapat membawa kenyamanan.

Kembali ke Alam

Bertemu dengan keramaian atau kemacetan setiap hari seringkali membuat pikiran jadi tak karuan. Oleh karena itu, keindahan dan keasrian alam dibutuhkan untuk membuat pikiranmu menjadi lebih segar dan lebih mudah mendapatkan inspirasi.

Kamu bisa memilih lokasi alam sesuai dengan preferensimu, apakah dengan mendaki gunung, menikmati debur ombak di lautan, atau sekadar berpiknik di taman kota.
Itulah 7 tips menemukan inspirasi yang bisa kamu aplikasikan. Teruslah bergerak dan temukan cara yang paling solutif menurut versimu. Kamu juga bisa menemukan inspirasi dengan belajar melalui berbagai platform yang sesuai dengan bidangmu.
Drag to resize

Artikel Terbaru