Kreativitas:
Definisi dan Mitos

Pendahuluan

Kreativitas itu cara berpikir yang menghasilkan sesuatu yang bisa digunakan untuk memecahkan masalah atau mengekspresikan diri. Orang yang kreatif dalam hidupnya memiliki pola pikir yang bisa membuat hidupnya lebih mudah dan lebih berwarna. Biasanya mereka adalah orang-orang yang terbuka pikirannya, tak mudah putus asa dan mungkin dianggap agak nyeleneh atau eksentrik.

Kreativitas sering kali dihubungkan dengan seni. Dianggap bahwa orang yang kreatif adalah orang yang menonjol di bidang seni, seperti pelukis dan perupa. Padahal tidak selalu demikian. Seseorang disebut kreatif karena bisa berpikir di luar norma dan aturan yang mengikat. Dokter juga bisa kreatif, misalnya dengan menggunakan bahan alami dan rempah untuk membantu pengobatan.

Karena kreativitas bukanlah bakat bawaan, maka kreativitas bisa diasah dan dipelajari. Lingkungan yang mendukung perkembangan pola pikir anak, bisa menghasilkan orang-orang yang kreatif. Ini juga bukan berarti seseorang yang cerdas otomatis menjadi kreatif, dan sebaliknya.

Salah satu ciri seorang yang kreatif adalah kegigihannya untuk mewujudkan ide-ide yang ada di dalam otaknya. Selain memiliki ide yang tak biasa, ia juga harus bisa menemukan cara untuk mewujudkannya. Jika hanya punya ide-ide, itu namanya imajinatif dan bukan kreatif.

Coba ikuti kuis berikut ini, lihat seberapa kreatif dirimu!