Tokoh Seni Indonesia yang Menginspirasi di Tahun 2022

Dec 26 / Sarita Laras
Dari masa ke masa, Indonesia tak pernah berhenti melahirkan tokoh-tokoh seni yang menginspirasi. Mereka hadir dengan sejumlah karya fenomenal yang terselip di dalamnya beragam pesan. Ada yang mencoba untuk memotivasi, membawa perubahan, atau sekadar merespons perkembangan zaman.

Para tokoh seni Indonesia tersebut nyatanya tidak hanya masyhur di dalam negeri. Beberapa nama di antaranya tahun ini cukup bersinar dan berhasil membawa inspirasi ke berbagai penjuru dunia. Nah, penasaran dengan sosok mereka? Simak selengkapnya dalam daftar berikut.

  • Arya Mularama

NFT Arya Mularama dok Arya Mularama
Awal 2022 Arya Mularama (Gogoporen) berusaha menggebrak dunia seni Indonesia dengan mengadakan pameran tunggal NFT pertama di Indonesia yang digelar di Sarinah. Pameran tersebut menjadi bagian rangkaian program Road to Grand Launching Sarinah pascarenovasi. Kehadiran karya-karya Arya menjadi salah satu motivasi bagi kreator lokal untuk berkolaborasi dalam memamerkan NFT mereka.

Arya sendiri bukan sosok baru dalam dunia seni ilustrasi. Ia telah aktif melakukan pameran sejak 2009 lalu dan merambah ranah NFT pada 2021. Kini, Arya menjadi direktur artistik sekaligus ilustrator yang terkenal akan karya seni yang bersifat surealis, satire, dan sarat makna. Misalnya dalam gelaran Art Moments baru-baru ini, Arya menampilkan NFT yang memuat pesan mengenai hal semacam kompromi, yaitu bagaimana bagian-bagian di dalam tubuh manusia sebenarnya bisa diperbaiki.

  • Diela Maharanie

Diela Maharanie dok Diela Maharanie
Nama Diela Maharanie ramai menjadi perbincangan setelah sukses terpilih menjadi bagian dari The Makers Project tahun 2022 oleh jenama minuman asal Skotlandia, The Balvenie. Dalam proyek tersebut, Diela menghadirkan karya seni berjudul “Cenderawasih” yang terinspirasi dari satwa endemik Papua, Cenderawasih, bunga Rafflesia, dan penari tradisional. Melalui “Cenderawasih”, Diela ingin membuat audiens dapat merasakan cita rasa budaya Indonesia yang kaya.

Di samping proyek tersebut, sosok Diela memang telah mendunia sebelumnya. Ia pernah berkolaborasi dengan brand-brand ternama, seperti Levi's, Adidas, dan masih banyak lagi. Perempuan yang sebetulnya merupakan lulusan sarjana Akuntansi itu mengembangkan ilustrasi dengan warna-warna cerah dan pattern yang acak tapi artistik dalam setiap karyanya. Dia juga rutin menyelipkan makna dalam karya tersebut dan kadang bisa menjadi misteri yang dipertanyakan.

  • I Nyoman Masriadi

Lukisan I Nyoman Masriadi dok I Nyoman Masriadi
I Nyoman Masriadi telah lama dikenal sebagai seniman yang kerap mengomentari persoalan sosial lewat karyanya. Misalnya saja ia wujudkan dalam lukisan bertajuk “Gak Pernah Berubah” atau “Momen Itu Penting”. Kepiawaian Nyoman tersebut bahkan mendapatkan komentar dari perwakilan Paul Kasmin Gallery New York, bahwa lukisannya menawarkan tema yang cerdas dan tepat menyinggung persoalan kehidupan kontemporer.

Di sisi lain, seniman asal Bali itu juga dikenal sebagai pelukis sejuta dolar. Sebab, karyanya "The Man from Bantul" pada 2008 lalu terjual 7,82 juta dolar Hong Kong di Sotheby's Hong Kong.Pada 2022 ini, Nyoman mulai merambah ranah NFT.

Pada gelaran Art Jakarta 2022, salah satu karyanya berjudul  “Samuro's Judgement” dijadikan NFT. Karya tersebut dia  dijual terbatas eksklusif sebanyak 50 edisi di EquatorNFT senilai Rp 20-25 juta.

  • Esti Nurjadin

Esti Nurjadin dok Esti Nurjadin
Sosok inspiratif berikutnya adalah pemilik D Gallerie, Esti Nurjadin. Perempuan yang pernah dinobatkan menjadi Asia's Most Influential oleh majalah Tatler ini, mencoba menghidupkan kembali pameran seni yang sempat mati suri karena pandemi.

Bersama D Gallerie yang bertempat di Jakarta Selatan, Esti menghadirkan pameran online selama pembatasan kegiatan diterapkan. Dia juga kerap mengikuti art fair secara online untuk tetap menghidupkan geliat seni Tanah Air. Dari kegiatannya tersebut Esti bermaksud untuk tetap menghubungkan antara penikmat seni dengan seni, dengan senimannya, atau dengan kolektor, kurator, yang tidak bisa didapat selama pandemi.

Perempuan yang juga menjadi ketua Yayasan Jantung Indonesia ini, juga menelurkan karya yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satu lukisan yang dipamerkan di Museum Nasional, memperlihatkan gambar jantung yang dikelilingi beberapa orang. Lewat karya tersebut Esti ingin menyampaikan semangat dan arti penting jantung yang memberi kehidupan

  • Abd Khafidz Fadli

Abd Khafidz Fadli dok Erlangga
Berpindah ke bidang instalasi, seniman Abd Khafidz Fadli, berhasil mencuri perhatian tahun ini. Dia berhasil memenangkan penghargaan Installation Art of The Year pada Erlangga Art Awards 2022. Pemuda asal Sidoarjo itu menciptakan instalasi berjudul Gerbang Utara dan dipamerkan di Museum Nasional selama hampir sebulan. Dari keberhasilannya itu, Khafidz berharap dapat mendorong munculnya para seniman instalasi di Tanah Air.
Instalasi Abd Khafidz Fadli dok Benny Widyo
Khafidz sendiri banyak mengangkat hal-hal berbau mistis dalam karyanya, seperti instalasi Pintu Antar Dimensi, Tower Pancer, dan masih banyak lagi. Dari hal tersebut Khafidz berupaya untuk menggali hal-hal yang lebih ilmiah.
Itulah sederet tokoh seni Indonesia yang menginspirasi tahun ini. Mereka hadir dengan karya dan kreativitas yang membuat seni di Indonesia terus bergerak maju. Kira-kira inspirasi apa yang kamu dapatkan dari cerita mereka kali ini?
Empty space, drag to resize

Kelas

Created with