Tips Mengatur Waktu Kerja yang Baik dan Seimbang

Jun 2 / Sarita Laras
Sumber:unsplash.com
Manajemen waktu yang baik adalah salah satu faktor penting dalam membangun kesuksesan karier. Sebab, hal itu akan membantu seseorang untuk bisa lebih produktif dan mencapai banyak hal di masa depan.

Meski begitu, banyak orang mengaku sulit mendapatkan work life balance, sampai-sampai harus mengorbankan waktu pribadi mereka. Misalnya dalam survei oleh salary.com, 89% pekerja mengaku membuang-buang waktu setiap hari di tempat kerja. Beberapa di antaranya banyak menghabiskan waktu untuk membuka media sosial, googling, dan melakukan panggilan pribadi sehingga mengganggu produktivitas di tempat kerja.

Nah, apakah kamu termasuk salah satu yang sulit mengatur manajemen waktu kerja? Berikut ini merupakan tips mengatur waktu kerja yang bisa diikuti sehingga bisa membuatmu mencapai work life balance. 

Prioritaskan Jenis Pekerjaan dengan Bijak

Dalam hal ini kamu perlu memprioritaskan jenis pekerjaan berdasarkan urgensinya. Sebagai contoh, lihat tugas harianmu dan tentukan sesuai skala berikut:

  • Penting dan mendesak: Lakukan tugas ini dengan segera.
  • Penting tapi tidak mendesak: Putuskan kapan kamu harus melakukan tugas-tugas ini.
  • Mendesak tapi tidak penting: Delegasikan tugas-tugas ini jika memungkinkan.
  • Tidak mendesak dan tidak penting: Buat pekerjaan ini untuk dilakukan nanti atau hilangkan jika memungkinkan.

Buat Timeline untuk Menyelesaikan Tugas

Menetapkan timeline untuk menyelesaikan tugas membantumu supaya lebih fokus dan efisien dalam bekerja. Selain itu, membuat timeline juga membantumu mengenali potensi masalah yang akan muncul sehingga kamu dapat mempersiapkan solusinya.

Misalnya, kamu diminta membuat beberapa artikel sekaligus dalam satu hari. Namun, mengingat materi artikel yang cukup kompleks, kamu berpikir tidak akan mampu menyelesaikan pada hari itu karena harus mencari bahan terlebih dahulu. Solusinya, kamu dapat memetakan pada jam berapa kamu harus mengumpulkan setiap artikel itu. Mulai dengan mengerjakan dari materi yang dibutuhkan paling awal, dan dilanjutkan dengan artikel berikutnya. Jangan ragu juga untuk meminta bantuan kolegamu yang luang saat itu.

Hilangkan Aktivitas yang Tidak Penting

Dalam hal ini kamu perlu mengidentifikasi beberapa aktivitas yang tidak berkaitan dengan pekerjaanmu. Contohnya apakah kamu sering membuka YouTube, bermain gim, membuka Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya, atau terlalu banyak mengobrol topik di luar pekerjaan dengan kolega. Nah, jika aktivitas tersebut cukup dominan memakan waktu kerjamu, saatnya untuk menghindarinya beberapa saat. Misalnya dengan log out akun gim dan media sosial sampai pekerjaanmu tuntas. Kamu juga bisa mencari ruang tenang di kantormu supaya tidak tergoda untuk banyak ngobrol dengan kolega.

Kamu Juga Perlu Istirahat

Ketika melakukan banyak tugas tanpa istirahat, hal itu justru membuatmu lebih sulit untuk tetap fokus dan termotivasi. Maka dari itu, sempatkanlah istirahat di tengah waktu kerja demi menjernihkan pikiran dan menyegarkan diri. Kamu bisa beristirahat dengan tidur siang sebentar, berjalan-jalan atau bermeditasi.

Buat Sistem yang Terstruktur pada Pekerjaanmu

Sistem pengarsipan dokumen, fisik maupun softfile, juga berpengaruh kepada seberapa cepat kamu bekerja. Oleh karena itu, kamu perlu meluangkan waktu untuk menata dokumen kerja. Tempatkan dan susun dokumen di titik kamu dapat dengan cepat mendapatkan apa yang dibutuhkan.

Belajarlah untuk Berani Mengatakan Tidak

Kamu mungkin akan sulit mengatur waktu di tempat kerja jika tidak belajar bagaimana mengatakan tidak. Fokuslah pada tugas penting yang menjadi tanggung jawabmu. Jangan ragu untuk menolak pekerjaan yang di luar kapasitasmu.

Prinsipnya, daripada melakukan banyak tugas yang menghasilkan sedikit atau tanpa nilai, sebaiknya selesaikan lebih sedikit tugas yang menciptakan nilai lebih untukmu. Jika kamu tidak bisa mengatakan tidak, kamu bisa mendelegasikan tugas tersebut kepada rekan kerja yang tepat

Buat Rencana Kerja untuk Hari Selanjutnya

Pertimbangkan untuk membiasakan diri pada setiap akhir jam kerja untuk menuliskan daftar tugas untuk hari berikutnya. Dengan begitu kamu bisa langsung bekerja dengan efisien.

Itu dia tips mengatur waktu kerja yang baik dan seimbang. Penting untuk diingat, waktu sejatinya adalah hal yang tidak bisa kita ubah. Yang bisa kita atur adalah diri kita sendiri dan apa yang dapat dilakukan dengan waktu yang kita miliki.