Semarakkan Hari Kemerdekaan dengan Brand Berikut Ini!

Aug 16 / Sarita Laras
Sumber:freepik.com
Hari kemerdekaan menjadi momen yang spesial bagi masyarakat Indonesia. Di sinilah masyarakat mengenang  perjuangan para pahlawan mengusir penjajah dan merayakannya dengan berbagai cara. Untuk turut menyemarakkannya, salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan merek-merek lokal.

Nah, pada perayaan ke-77 ini, tema perayaan ulang tahun Indonesia adalah "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat." Kamu bisa memilih merek-merek lokal yang pas dengan tema tersebut. Untuk lebih lengkapnya, simak dalam ulasan berikut:

Sejauh Mata Memandang

Sejauh Mata Memandang merupakan merek fesyen lokal yang hadir dengan konsep slow fashion atau produksi pakaian dengan daya tahan dan kualitas tinggi serta ramah lingkungan. Didirikan oleh Chitra Subiyakto pada 2014 lalu, kamu bisa memilih berbagai macam pakaian dengan motif khas Indonesia yang terinspirasi dari budaya, alam, makanan, dan masih banyak lagi. Warna-warna natural Sejauh Mata Memandang bisa membuatmu makin menyemarakkan hari kemerdekaan karena dibuat langsung dari pewarna alami dan buatan yang telah tersertifikasi.

Di samping itu, produk Sejauh Memandang terbuat dari material, seperti katun, linen, dan Tencel. Untuk melestarikan kawasan hutan, merek ini juga menggunakan bahan daur ulang dari sampah yang diproses menjadi material baru.

Pijak Bumi

Selain pakaian, kamu juga bisa memakai alas kaki merek lokal, yaitu Pijakbumi. Sesuai namanya, Pijakbumi berharap pemakainya dapat merasakan kontak langsung dengan Bumi. Cara alami ini dipercaya dapat juga menetralisir keadaan emosi seseorang.

Pijak bumi hadir dengan desain yang tak kalah menarik dengan merek luar negeri. Warna-warna bumi, seperti cokelat, khaki, abu-abu, dan lainnya mendominasi produk Pijakbumi.

Drunk Dad In The Lobby

Setelah menemukan pakaian dan alas kaki yang tepat, saatnya menyemarakkan hari kemerdekaan dengan aksesoris buatan lokal. Salah satu brand aksesoris lokal yang populer adalah Drunk Dad In The Lobby. Drunk Dad merupakan label asal Bali yang didirikan oleh fotografer, Raynard Randynata. Kamu bisa mendapatkan aksesoris dari Drunk Dad, seperti kalung, gelang, kaus, tas, mask strap, dan berbagai aksesoris lainnya.

Dalam proses produksinya, Raynard seringkali berkolaborasi dengan ilustrator dan desainer grafis Tanah Air. Desain-desain yang dihasilkan Drunk Dad pun cenderung bebas dan playful. Tertarik mencobanya?

Woodka

Di hari kemerdekaan, kamu juga bisa tampil trendi dengan jam tangan Woodka yang hadir dengan konsep fun dan quirky. Sesuai namanya, bahan utama pembuatan arloji asal Bandung ini adalah kayu. Produsen juga menggabungkan tenun terbaik Indonesia dan juga kulit asli sebagai bahan tali (strap) yang dapat digonta-ganti.

Sebagai informasi, produk Woodka dibuat secara langsung oleh para pengrajin lokal. Produk ini pun sekarang perlahan mulai menjangkau pasar luar negeri.

KALOKA Pottery

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan berbagai produk tembikar dari Yogyakarta, Kaloka Pottery. Dengan mengusung konsep keberlanjutan, Kaloka Pottery menawarkan berbagai produk, seperti cangkir, teko, dan piring dengan desain khas budaya Indonesia. Produk tersebut bisa membuat nuansa kemerdekaan di rumahmu akan makin terasa.

Selain itu, produk ini juga langsung diproses oleh komunitas pengrajin setempat dengan menggunakan tanah liat asli Indonesia. Para pengrajin dalam proses produksi menggunakan teknik lempar alin (throwing) dengan memanfaatkan media mesin atau roda pemutar.
Itulah 5 merek lokal yang bisa kamu kenakan untuk menyemarakkan hari kemerdekaan. Dengan menggunakan merek lokal, selain melestarikan budaya bangsa, kamu secara tidak langsung juga telah menyejahterakan para pekerja lokal.
Empty space, drag to resize

Artikel Terbaru