Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Community Marketing

Aug 25 / Sarita Laras
Sumber:freepik.com
Community Marketing menjadi salah satu teknik pemasaran yang tengah banyak digunakan brand atau perusahaan. Hal ini bermula dari kesadaran bahwa komunitas dapat memegang peran penting dalam meningkatkan brand awareness sekaligus brand loyalty. Mengapa demikian?

Jika melihat definisinya, community marketing dapat diartikan sebagai strategi pemasaran yang melibatkan brand atau perusahaan dengan komunitas (sekelompok orang dengan minat yang sama). Ini merupakan strategi yang memiliki fokus utama mendengarkan dan memenuhi keinginan serta kebutuhan dari basis pelanggan yang dimiliki. Kondisi tersebut dianggap sebagai cara yang efektif untuk membangun hubungan dua arah antara brand dengan para pelanggan. Sebab, selain bisa memberikan informasi mengenai preferensi dan kebiasaan membeli para pelanggan, ini juga memberi kesan kepada pelanggan bahwa mereka cukup dianggap penting dan dihargai oleh sebuah brand. Para pelanggan yang puas pun dapat menjadi pendukung loyal sebuah brand hingga membantu memasarkan produk melalui ulasan, testimoni, maupun promosi dari mulut ke mulut.

Lalu bagaimana dengan praktiknya? Untuk menjalankan strategi community marketing, ada dua cara yang bisa dipilih. Pertama adalah dengan terlibat bersama komunitas yang terbentuk secara organik. Komunitas ini terbentuk dengan mandiri tanpa campur tangan perusahaan. Misalnya baru-baru ini, komunitas muda-mudi yang tergabung dalam Citayam Fashion Week membuat sejumlah brand melirik mereka untuk berkolaborasi. Salah satunya adalah merek pakaian lokal,
Extu Heritage. Brand tersebut menggandeng model profesional  guna memperkenalkan produk mereka secara lebih luas. Selain itu, untuk menarik antusiasme pengunjung Citayam Fashion Week, Extu Heritage juga me-make over para remaja di sana untuk turut tampil dalam “catwalk.” Hal tersebut juga dimaksudkan untuk mengasah bakat modeling para remaja di sana.

Di samping contoh di atas, masih banyak lagi jenis community marketing yang melibatkan komunitas organik. Umumnya, komunitas tersebut berkembang melalui forum-forum online, seperti di Facebook Page, Kaskus, Clubhouse, Space di Twitter, dan masih banyak lagi. Melalui forum tersebut mereka bebas untuk saling berinteraksi, seperti berdiskusi atau memberikan saran tanpa memerlukan persetujuan perusahaan. Meski begitu, perusahaan sebaiknya tetap memantau forum diskusi untuk mengetahui jika ada pelanggan yang tidak puas dengan produk mereka dan bagaimana upaya yang semestinya dilakukan.

Cara kedua, brand atau perusahaan juga bisa membentuk komunitas sendiri atau sponsored community marketing. Cara ini membuat perusahaan menciptakan komunitas dari penggemar produk atau layanan tertentu untuk dapat bergabung dan berinteraksi, tidak hanya ke sesama pelanggan tapi juga kepada brand itu sendiri. Contohnya,
Jakarta Toys Fair yang rutin diselenggarakan oleh Sacca Production untuk memperkenalkan kepada masyarakat mengenai hobi pada mainan dan komik. Acara ini sekaligus  menjadi wadah bagi komunitas kolektor dan penggemar mainan, komik, dan benda-benda koleksi terkait untuk berkumpul, saling bertukar informasi, hingga bertransaksi mengenai hobi tersebut.

Kunci Sukses Menjalankan Community Marketing

Supaya strategi community marketing berjalan sesuai target, maka kunci pertama adalah dimulai dengan teknik mendengar yang baik. Dengarkan apa yang dikatakan orang tentang produk dan layanan perusahaan, mulai dari apa yang mereka suka, tidak suka, dan harapan mereka. Selanjutnya, libatkan mereka dalam dalam interaksi, seperti memberikan tanggapan atau melalui berbagai dialog.

Saat komunikasi sudah terjalin, kamu bisa menghadiahi loyalitas pelanggan melalui uji coba atau sampel gratis, program hadiah, dan kupon khusus. Dengan hadiah tersebut, pelanggan akan merasa lebih dihargai sehingga bisa lebih loyal lagi.

Terakhir, jangan lupa untuk membangun kepercayaan para pelanggan. Tunjukkanlah apresiasi dan terima saran mereka dengan baik. Dan yang terpenting, jawab saran mereka dengan memberikan produk atau layanan yang berkualitas.
Itulah segala hal mengenai community marketing yang bisa menjadi referensimu saat menjalankan usaha. Berhubungan dengan komunitas akan membuatmu menemukan lebih banyak hal daripada hanya menjalankan program satu arah.
Empty space, drag to resize

Artikel Terbaru