Segala Hal Mengenai Business Plan yang Perlu Kamu Ketahui
Setiap usaha membutuhkan business plan untuk mulai berkembang. Business plan mencakup rencana yang mengurai secara rinci tujuan usahamu dan bagaimana langkah-langkah untuk mencapainya. Business plan juga diibaratkan peta jalan yang memuat keuangan, target, operasional, dan pemasaran usaha.Keberadaan business plan sebenarnya tidak hanya sebagai panduan bagi internal usahamu, tapi juga disusun untuk menarik para investor atau sponsor, terlebih jika bisnismu benar-benar baru dan butuh pendanaan. Melalui business plan, kamu juga bisa bergerak mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan untuk memperkuat modal usaha.
Meski begitu, pendiri Amazon, Jeff Bezos menggarisbawahi bahwa pemahaman mengenai business plan selama ini perlu diluruskan. Business plan bukanlah alat untuk menebak masa depan bisnismu dengan benar, melainkan sebuah rencana yang akan memandu usahamu supaya terkelola dengan baik. Sebabnya, bisa jadi rencana bisnismu akan berubah di tengah jalan saat berjumpa realitas. Beberapa hal tak terduga bisa saja terjadi, misalnya pandemi, krisis, perkembangan teknologi, inflasi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, dalam membuat business plan prinsipnya adalah mengembangkan terus rencana tersebut dengan melihat situasi sekitar. Tetaplah fleksibel dan tinjau serta revisi secara berkala.
Sebuah business plan umumnya berjumlah 15 hingga 25 halaman. Terlalu pendek maka rencanamu tampak kurang begitu jelas, sedangkan jika kepanjangan, akan menyulitkan pihak eksternal memahami bisnismu. Kemudian, dilihat dari struktur business plan, kurang lebih akan memuat elemen-elemen berikut:
- Ringkasan Bisnis
- Ringkasan Bisnis
- Produk
- Produk
- Analisis Pasar
- Analisis Pasar
- Strategi Pemasaran
- Strategi Pemasaran
- Saat Launching: Ini adalah rencana pemasaran yang menguraikan bagaimana produk pertama kali dipasarkan dan bagaimana strategi promosi untuk menarik orang supaya datang.
- Media Sosial: Rencana pemasaran media sosial berfokus pada strategi periklanan di berbagai platform media sosial dan cara bisa memanfaatkan platform tersebut.
- Time Based: Ini merupakan rencana pemasaran berbasis waktu, seperti yang akan kamu lakukan dalam triwulanan atau setahun pertama. Perencanaan berbasis waktu ini juga akan membantumu mengetahui momen-momen besar yang bisa kamu manfaatkan untuk berpromosi, misalnya saat ada acara internasional, bazar, pameran, dan lain sebagainya.
- Perencanaan Keuangan
- Perencanaan Keuangan
Perencanaan keuangan terdiri atas pilihan pendanaan, modal yang dibutuhkan, estimasi biaya operasional, dan proyeksi keuntungan. Dengan demikian, kamu dapat memprediksi kapan saatnya mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi.
- Mitra Bisnis
- Mitra Bisnis
Kelas
Artikel Terbaru
