Saatnya Menampilkan Karyamu melalui Media Sosial, Begini Caranya

Sep 22 / Sarita Laras
Sumber:freepik.com
Jika kamu menyadari, perlahan media sosial tidak hanya menjadi ajang untuk berbagi kesenangan semata. Beberapa orang sudah memanfaatkannya menjadi media untuk menampilkan kemampuan dan berbagai karya yang dihasilkan. Hal itu cukup beralasan karena media sosial telah bertransformasi menjadi media promosi yang efektif.

Menurut data Hootsuite, pada 2022 ini sebanyak 68,9% atau setara 191 juta populasi di Indonesia sudah terhubung dengan media sosial. Belum lagi jika ditambah dengan populasi di dunia, jumlahnya mencapai  58,4% atau 4,62 miliar orang. Oleh karena itu, melalui media sosial karya seseorang akan lebih cepat dikenal dan mampu menjangkau audiens lebih banyak daripada menggunakan cara-cara lama.

Di sisi lain, media sosial juga mampu membawamu menemukan berbagai ide dan tren dari bidang yang kamu tekuni. Ini bisa menjadi motivasimu untuk terus meningkatkan karya yang sedang kamu kembangkan.

Nah, apakah kamu tertarik untuk menampilkan karya-karyamu melalui media sosial? Kamu bisa mengikuti cara-cara berikut untuk memulainya.

Tampilkan Karya-karya Terbaikmu

Pertama, kamu bisa memulai dengan mengunggah hasil karyamu di media sosial secara konsisten. Ibaratkan media sosialmu seperti galeri yang menampilkan karya-karya terbaikmu. Sertakan deskripsi, seperti ukuran, material, dan lainnya. Kamu juga perlu menambahkan nama atau judul dan arti dari karya tersebut supaya bisa dipahami oleh khalayak.

Biasanya, untuk karya-karya yang menonjolkan visual, seperti ilustrasi, desain, dan foto, Instagram akan menjadi pilihan utama. Ketika mengunggah karyamu sebaiknya kamu juga menggunakan format carousell agar dapat menampilkan berbagai macam sisi. Dengan demikian, orang-orang bisa mengenali hasil kerjamu lebih jauh. Jangan lupa untuk menambahkan tagar yang terkait dengan karyamu guna meningkatkan jangkauan unggahan.

Jadilah Sosok yang Interaktif

Ketika seseorang meninggalkan komentar di unggahanmu, baik itu apresiasi maupun pertanyaan, usahakan untuk meresponsnya. Ucapkan “terima kasih” kepada mereka yang mengapresiasi karyamu. Sementara untuk pertanyaan, jawablah dengan jelas tapi luwes supaya mereka nyaman berinteraksi di akunmu. Respons tersebut membantu mereka untuk terkait dengan karyamu lebih jauh.

Bergabunglah dengan Grup

Saat galeri ‘online’-mu sudah mulai terisi, mulailah untuk memperluas jaringan dengan bergabung ke grup media sosial tentang bidang yang kamu tekuni. Kamu akan mendapatkan berbagai manfaat, seperti terlibat diskusi dengan ahli dan banyak orang; mengikuti forum berbagi kiat; dan mendapatkan peluang atau kesempatan baru. Gunakan waktu yang ada untuk terus terhubung dengan mereka dan dapatkan lebih banyak pengetahuan dan informasi mengenai bidangmu.

Sekarang ada beberapa grup di media sosial media yang bisa kamu ikuti. Salah satu yang tengah menjadi tren adalah forum Space di Twitter. Di sana kamu bisa mengikuti obrolan orang-orang dari berbagai latar belakang mengenai satu topik khusus. Dalam forum tersebut, siapapun bebas berbicara. Kamu pun bisa berbagi ilmu atau sekadar pendapat dalam forum tersebut. Semakin kamu aktif, makin cepat kamu akan dikenal.

Bagikan Apa yang Kamu Ketahui atau Kuasai

Sesekali kamu juga perlu untuk membagikan tips atau keahlianmu. Bagikan proses atau tutorial pembuatan karya-karyamu. Tampilkan secara detail langkah demi langkahnya serta peralatan yang kamu gunakan. Unggahan ini diperlukan untuk meyakinkan orang bahwa kamu memang ahli di bidang tersebut. Di samping itu, tips yang kamu bagikan juga akan bermanfaat bagi siapa pun yang tengah memelajarinya.

Nah, supaya makin interaktif, kamu juga bisa membuka forum tanya jawab. Misalnya jika menggunakan Instagram Story, kamu bisa memanfaatkan fitur Question. Jawablah pertanyaan yang masuk dengan jelas dan jangan lupa untuk menyematkannya di highlight supaya bisa dibaca kapan pun.

Di samping itu, kamu juga bisa membuat konten this or that. Coba unggah satu karyamu yang telah kamu bagi menjadi dua versi. Tanyakanlah mana yang lebih mereka minati.

Berkolaborasi

Selanjutnya, kamu juga membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak. Kolaborasi bukan sekadar untuk membuat karya bersama, melainkan juga sebagai ajang bertukar ide dan pengalaman di bidang tertentu. Dengan demikian, kamu bisa menghasilkan karya baru berkualitas yang mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Selain itu, kolaborasi juga membuka peluang karyamu makin dikenal oleh pengikut sosial media kolaboratormu. Saat karya yang kamu tampilkan berhasil mengambil hati mereka, tak menutup kemungkinan mereka juga akan menjadi pengikutmu.
Itulah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti ketika akan menampilkan karyamu di media sosial. Intinya, pertama kamu harus jeli memilih media sosial dengan mengetahui profil demografinya secara jelas. Dengan demikian, karya-karya yang kamu hasilkan bisa sampai ke audiens yang tepat. Setelah mengunggah beberapa karya, jangan lupa melakukan evaluasi untuk perbaikan ke depannya.
Empty space, drag to resize

Artikel Terbaru