Bagaimana Pinot Membius Amerika Dengan Kreativitas dan Animasi

Dec 29 / Abi Ardianda

Siapa yang tidak tertarik dengan animasi visual kreatif yang menghadirkan konten mengenai kehidupan sehari-hari?

Saat ini, di media sosial, banyak sekali kita temukan konten semacam itu. Kreatornya tersebar di seluruh penjuru dunia. Menghadirkan kreativitas menakjubkan. Maka, tidak heran, perusahaan dengan brand ternama kemudian memilih untuk bekerja sama dengan mereka.

Kali ini, kita akan mengungkap sisi lain di balik kehidupan seorang illustrator, animator, sekaligus konten kreator yang bekerja di salah satu agensi kreatif di Amerika yang juga merupakan kebangsaan bangsa Indonesia.

Dia akan mengajarkan kita bagaimana melatih kemampuan untuk melihat hal-hal sederhana dari sudut pandang yang berbeda, kemudian mempersembahkannya lagi dalam bentuk animasi kreatif yang telah berhasil dilirik oleh salah satu brand ternama di Amerika, 21 Pilot.

Keterbatasan Sebagai Berkah

Menghabiskan dua sampai tiga jam sehari untuk pulang kantor selama tinggal di Jakarta membuat Pinot kelelahan setelah tiba di rumah. Energi yang tersisa kemudian digunakannya untuk mengajak main anak-anak. Tidak ada lagi semangat untuk menciptakan sesuatu yang dapat mengasah kreativitas. Setelah pindah ke Kuwait, perjalanan ke rumah dari kantornya hanya ditempuh dalam lima belas menit. Negara yang mungil itu kemudian memberinya keterbatasan yang memaksa Pinot untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang berbeda untuk mendapatkan hal baru. Dari sana, Pinot mengaku berhasil melatih kemampuan melihat segala hal yang sederhana dengan cara yang istimewa. Begitulah karya dan kreativitasnya lahir: dari peristiwa sehari-hari yang ia kemas dengan gaya menghibur.

Kreativitasnya bahkan berhasil memikat Gary Vaynerchuk. Dia merupakan pengusaha keturunan Belarusia – Amerika, penulis, pembicara, sekaligus CEO dari Vayner Media, tempat Pinot bekerja saat ini. Melihat pencapaiannya saat ini, Pinot teringat akan angan-angan ayahnya dulu, yang juga merupakan seorang illustrator. Beliau meyakini bahwa profesi illustrator seharusnya bisa menghidupi keluarga. Hari ini, dengan kerja keras, ketekunan, kemauan belajar yang tidak pernah surut, Pinot berhasil membuktikan keyakinan ayahnya.
Karya dan kreativitas lahir dari peristiwa sehari-hari yang dikemas dengan gaya yang menghibur.

Peluang Tak Berbatas di Era Digital

Selama berkarir di televisi, Pinot hampir tidak pernah melihat perubahan signifikan dalam kurun waktu dua puluh tahun. Tetapi, di media sosial, ada dinamika yang terus berubah secara dinamis. Contohnya, ketika Pinot berhasil mendapatkan project dengan bayaran delapan ribu dolar Amerika melalui Vine, sebuah jejaring sosial berbasis Amerika yang menyediakan tayangan video berdurasi enam detik, dirinya tidak menyangka bahwa kejayaan Vine akan terhenti dan digantikan oleh jejaring sosial lain yang terus berubah mengikuti zaman. Hari ini kita memiliki Instagram, Twitter, Youtube, TikTok, yang dipandang Pinot sebagai platform sempurna untuk mencari panggung dan lampu sorot.

Namun, meski demikian, Pinot menambahkan, sebaiknya kita tidak melabeli profesi berdasarkan platform. Sebab semua platform tersebut bersifat sementara. Tidak ada yang menjamin Youtube akan populer sepanjang masa. Pinot memilih melabeli dirinya sebagai konten kreator. Dengan begitu, dirinya tidak dibatasi oleh platform tertentu dan dapat terus berkembang mengikuti zaman.

Pinot juga menyayangkan kemajuan industri kreatif di Tanah Air yang bergerak lamban. Sinetron masih Berjaya karena ratingnya tak terkalahkan. Sementara di Kuwait dan Amerika, inovasi terus dilakukan dan hanya itu yang diyakini Pinot dapat melatih kreativitas: eksplorasi. Sebab ketika kita memilih untuk menutup diri dari perkembangan zaman, tidak mencari tahu meme yang sedang viral, atau tren terkini di industri animasi, kita akan terputus dari lingkungan. Kita akan tertinggal. Pinot tidak bisa lagi berkomunikasi mengenai hal terbaru dengan sekitar.

Karena tidak ingin ketinggalan, Pinot tidak pernah berhenti berlari dan mensejajarkan diri. 

Inovasi melatih kreativitas dan eksplorasi.

Tunda Ambisi, Senangi Dulu Sesuatu

Seberapa penting sebuah ambisi perlu dimiliki seseorang untuk meraih impian? Ambisi memang bisa menyerupai bensin, yang dapat membuat kita terus bergerak maju. Tetapi, di samping itu, Pinot justru melihat hal lain yang lebih penting dalam mengejar cita-cita. Yaitu menyukai apa yang kita lakukan. Pinot percaya, apabila kita menyukai sesuatu, kita akan terus melakukannya. Tidak ada satu hal pun dapat menghentikan kita dari hal yang kita sukai. Tidak jadi soal imbalan yang kita terima, atau apresiasi, sebab setidaknya, kita telah berhasil menyenangkan diri sendiri. Dari situlah kemudian rezeki akan mengikuti. Jadi, sebelum berambisi terlibat proyek besar dengan Pixar, atau Disney, lebih baik kita cari tahu dulu apa yang sebetulnya membuat kita dapat merasa senang ketika mengerjakannya.

Sama halnya dengan inspirasi, Pinot tidak pernah menyulitkan dirinya dengan mencari ambisi ke berbagai penjuru tempat atau dari orang-orang tak tergapai. Cetusan inspirasi tersebar di mana saja dan kapan saja. Siapa pun orang yang saat ini sedang bersama Anda, di mana pun Anda sedang berada, inspirasi selalu mengelilingi Anda. Diperlukan kepekaan yang tajam untuk dapat menangkapnya. Pinot bercerita mengenai pengalamannya berbincang dengan orang yang tinggal di jalanan selama dirinya tinggal di Amerika. DI mata Pinot, kehadiran mereka membuat Amerika yang gagah menjadi sangat manusiawi. Perbincangan itu kemudian memantik kreativitas Pinot dalam berkarya. Itu merupakan bukti bahwa inspirasi tersedia di antara peristiwa sehari-hari yang kita jalani.

Selain sedang mengerjakan salah satu adegan di film Star Wars, saat ini juga Pinot sedang sibuk mengulik pixel art menggunakan ponsel Nokia keluaran tahun 2000, di mana lagi-lagi melalui gawai yang kuno, dengan segala keterbatasan yang ada, Pinot bisa menciptakan gambar bergerak yang begitu mudah dinikmati dan sangat memikat. Terutama bagi para pengikutnya di Tanah Air. Ketika melihatnya, orang-orang merasa terhubung dengan masa lalu.

Semoga artikel ini dapat memberi Anda pandangan baru mengenai segala hal sederhana yang terdapat di sekeliling Anda. Pinot adalah sosok yang berhasil membawa kesederhanaan ke levei lebih tinggi. Kita kemudian paham bahwa keistimewaan ternyata bisa diolah dari keseharian.

Kini, giliran Anda membuat kagum banyak pasang mata.