Pentingnya Merayakan Small Wins dan Cara-cara Melakukannya

Nesia Qurrota A’yuni
Sumber:vecteezy.com
Small progress is still progres. Tapi apakah kamu pernah menyadari dan mengapresiasinya? Kadang keinginan besar mengaburkan mata seseorang sehingga tidak menyadari pencapaian kecil yang sudah dialami.

Dan ketika keinginan besar tersebut belum juga terpenuhi, yang terjadi hanyalah demotivasi. Untuk bangkit kembali pun di fase ini akan lebih berat daripada sebelumnya. Itu mengapa, kamu perlu merayakan small wins dalam perjalanan menggapai kesuksesan.

Dengan merayakan small wins, akan memotivasimu untuk terus bergerak maju sekalipun berbagai kesulitan datang mengadang. 

Apa yang Dimaksud Small Wins?

Small wins adalah apa pun yang kamu capai seiring dengan tujuan yang kamu tetapkan. Small wins ini banyak macamnya. Dia bisa berhubungan dengan pekerjaan, kebiasaan, keuangan, dan masih banyak lagi. Kegiatan mencentang daftar tugas satu per satu, menyelesaikan bab dari suatu buku, merapikan meja dan barang-barang di rumah, adalah contoh sederhana dari small wins.

Namun realitasnya, small wins ini kerap kali diabaikan, utamanya oleh mereka yang suka mengkritik diri sendiri atau yang cenderung perfeksionisme.

Di satu sisi, small wins erat kaitannya dengan cara pandang seseorang terhadap tujuan tertentu. Salah satu contohnya adalah perjalanan Thomas Alva Edison dalam menemukan bola lampu. Edison membutuhkan hampir 10.000 upaya untuk membuat bola lampu. Orang memandangnya mungkin itu adalah “kegagalan” yang sangat besar sebelum akhirnya menemukan kesuksesan. Tetapi Edison tidak berpikir demikian. Dia mengatakan, “Saya tidak gagal. Saya baru saja menemukan 10.000 cara yang tidak berhasil.”

Dengan kata lain, Edison mengubah kegagalan menjadi kesuksesan karena perspektifnya terfokus kepada pencapaian daripada kegagalan. Cukup jelas dia merayakan small wins dan melihatnya sebagai pencapaian.

Alasan Mengapa Small Wins Harus Dirayakan

  • Penting untuk Membangun Momentum

Small wins adalah pencapaian konkret dari hal apapun yang bisa langsung kamu rasakan. Ini bisa menciptakan momentum yang akan memacumu untuk mewujudkan berbagai small wins lainnya. Pencapaian kecil yang kamu peroleh akan membuatmu tetap berada di arah yang benar dalam mencapai tujuan tertentu. 

  • Menghindari Sifat Procrastination atau Suka Menunda-nunda

Karena terpacu oleh hasil konkret dari small wins, ini bisa menghindarkanmu dari pikiran dan sikap menunda-nunda sesuatu. Kamu jadi lebih senang untuk langsung melakukan actions, ketimbang menundanya. 

  • Mendorong untuk Melakukan Hal Positif

Percayalah bahwa successful habits equals success. Maksudnya, dengan merayakan small wins itu akan membantu membangun kebiasaan yang kamu butuhkan untuk terus maju.

Hal itu terkait dengan otak manusia yang sebetulnya membutuhkan umpan balik positif. Oleh karena itu, merayakan small wins akan mengembangkan "kecanduan untuk maju" menuju langkah berikutnya.

  • Menambah Motivasi dan Rasa Percaya Diri

Kekurangan energi positif membuatmu sulit mencapai apa pun. Kamu bisa mengatasinya dengan merayakan small wins karena akan memberi energi yang akan terus bertambah seiring waktu.

Saat energi mulai banyak terkumpul, kamu akan merasa lebih termotivasi untuk menyelesaikan semua hal atau semua yang ada di daftarmu dari mulai yang besar hingga kecil. Kamu pun bisa melakukannya dengan percaya diri. Sebab, dari small wins yang telah dirayakan, kamu secara tidak langsung telah mengakui bahwa kamu mampu dan bisa untuk terus maju. 

  • Langkah kecil yang Membawa Perubahan Besar

Dari upaya kecil yang dilakukan secara rutin, itulah yang menciptakan perubahan besar. Merayakan small wins membantu melihat bahwa meskipun kamu mungkin belum mencapai tujuan akhir, tapi sedang dalam perjalanan untuk sampai ke sana. Kamu pun bisa terus melacak sejauh mana progresmu dan apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkannya.

Cara Merayakan Small Wins

Nah, kini tiba saatnya kamu merayakan small wins. Di sini kuncinya adalah mulai dari hal kecil, dorong terus berbagai progres, dan apresiasi dirimu. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

  • Pecah Tujuan Besar Menjadi Beberapa Tujuan Kecil

Saat dihadapkan dengan tujuan besar, kamu bisa terjebak dengan kebiasaan menunda-nunda. Saat itu kamu akan berpikir bahwa itu seperti sulit untuk diwujudkan sehingga kamu memutuskan untuk menundanya.

Jika sudah demikian, maka kamu perlu membagi tujuan besar itu ke dalam beberapa sasaran yang lebih kecil. Tujuan kecil ini memungkinkanmu untuk bisa mencapainya dan melihat secara konkret kemajuanmu. Kesuksesan kecil akan membuatmu merasa nyaman untuk membuat langkah-langkah kecil ataupun yang lebih besar ke depannya.

  • Catat Progresmu

Dengan mencatat setiap small wins, akan mengingatkan tentang seberapa jauh kamu sudah berjalan mencapai tujuanmu. Bisa saja kamu menyerah karena tidak menyadari sudah seberapa dekat kamu dengan kesuksesan dan lupa seberapa banyak usaha yang telah kamu lakukan.

  • Hadiahi Kemajuanmu Sekecil Apa Pun Itu

Menghadiahi setiap kemajuan membuatmu lebih senang dan puas dalam menjalani proses yang ada. Hadiah ini tidak selalu berupa barang atau hal mahal lainnya. Kamu bisa memberikan waktu sejenak untuk berjalan-jalan, menonton film, atau hal lain yang mungkin kamu tinggalkan sejenak saat kamu fokus mengejar tujuan tertentu. 

  • Buat Hari Khusus untuk Self Care

Gunakan satu malam dalam sepekan untuk perawatan dirimu. Lakukan apa pun yang membuatmu merasa baik, misalnya kamu mungkin jam tidur lebih kala itu atau kamu butuh perawatan kulit, dan lain sebagainya. 

  • Bersyukur

Terakhir, jangan lupa untuk bersyukur. Luangkan waktu sejenak untuk bersyukur atas apa yang kamu capai sebelumnya dan apa yang akan kamu capai nanti. Bersyukur mampu meningkatkan suasana hatimu dan juga membuatmu lebih percaya diri.
Itulah pentingnya dan caranya merayakan small wins. Menikmati kemajuan bertahap dengan cara ini akan membuat tujuan jangka panjangmu terasa lebih mudah dicapai sekalipun prosesnya bisa saja lama. Seperti kata pepatah, “win small, win early, win often”. Selamat merayakan small wins-mu!
Empty space, drag to resize

Kelas

\Learnworlds\Codeneurons\Pages\ZoneRenderers\CourseCards
Created with