Pekerjaan Menarik Untuk Kamu Yang Hobi Menggambar dan Bercerita

Dec 3 / Sarita Laras
Sumber:freepik.com
Beberapa orang berhasil mengubah hobi mereka menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan. Hal itu biasanya didukung dengan keahlian dan ketekunan yang telah berlangsung lama. Saat ini ada banyak hobi yang bisa membawamu kepada peluang karier yang terbuka lebar. Salah satunya adalah hobi menggambar. Kamu bisa menjadi pelukis, desainer, arsitek, dan masih banyak lagi.

Namun, bagaimana hika hobi yang kamu miliki lebih dari satu, misalnya menggambar dan bercerita? Tentunya itu merupakan keuntungan yang besar buatmu. Sebab akan makin banyak pilihan pekerjaan yang bisa kamu pilih.

Berikut ini merupakan pekerjaan yang cocok untuk kamu yang hobi menggambar sekaligus bercerita.

Ilustrator

Ilustrasi Ilustrator dok Freepik
Kebanyakan orang berpikir bahwa tugas seorang ilustrator sekadar menerjemahkan teks baik dari penulis atau klien lainnya menjadi sebuah ilustrasi. Namun, dunia ilustrasi nyatanya tidak sesempit itu. Ilustrator pun bisa menerbitkan karya lain, seperti buku, puisi, novel, dan lain sebagainya.

Melalui karya-karya tersebut seorang ilustrator bisa bercerita mengenai segala hal. Sebagai contoh ilustrator Dinda Puspitasari yang ingin menumbuhkan inspirasi melalui bukunya "World of Patterns". Buku ini terdiri atas tiga seri yaitu, Shapes, Flowers, dan My Favorite Things itu termasuk dalam kategori art dan craft. Selain itu, juga ada Lala Bohang yang menciptakan puisi dan kata-kata, lengkap dengan ilustrasinya melalui buku “The Book of Forbidden Feelings”, “The Book of Invincible Questions”, dan masih banyak lainnya.

Animator

Ilustrasi Animator dok Freepik
Bagi seorang animator, keahlian menggambar tidak akan cukup jika tidak ditunjang dengan kemampuan bercerita. Sebab inti dari animasi adalah cerita. Cerita inilah yang memuat beberapa unsur, seperti tema, karakter, alur, dan latar. Setelah menemukan cerita yang tepat, animator akan membuat sketsa atau storyboard untuk kemudian dijadikan animasi (gambar bergerak).

Berbeda dengan pekerjaan yang berhubungan dengan gambar lainnya, animator dituntut untuk memiliki ‘kepekaan gerak’. Maksudnya adalah kemampuan menghidupkan gambar supaya seolah-olah menjadi hidup.

Ada banyak peluang yang bisa kamu temui saat ingin terjun ke dunia animasi. Sebab animasi tak sekadar kartun atau film. Berbagai iklan, video edukasi, dan lain sebagainya kini sudah banyak yang dibalut dalam bentuk animasi. Di Indonesia, jumlah studio animasi pun terus berkembang, di antaranya Little Giants, Animasi Studio, Infinite Frameworks, dan masih banyak lagi.

Komikus

Ilustrasi Komik dok Ario Anindito
Komikus adalah pilihan yang cocok bagi kamu yang memiliki hobi menggambar dan bercerita. Hal itu mengingat komikus tidak hanya dituntut untuk mahir menggambar, tapi juga harus dapat menciptakan karakter dan menyusun cerita dari awal hingga akhir.

Dunia komik saat ini pun sudah cukup berkembang. Tidak hanya sebatas pada komik buku, komik digital pun tengah menjadi tren, misalnya Webtoon. Kamu bisa memilih mana yang paling sesuai denganmu dan apa yang sedang diminati pasar.

Beberapa komikus Indonesia pun kini sudah cukup mendunia. Salah satunya adalah Ario Anindito yang terlibat yang tercatat pernah menggarap komik Marvel, Star Wars.

Storyboard Artist

Storyboard dok Toonboom
Bakat menggambar dan berceritamu juga bisa kamu salurkan dengan menjadi storyboard artist. Ini adalah pekerjaan menerjemahkan naskah menjadi gambar-gambar dan merunutkannya dari awal hingga akhir. Storyboard artist dibutuhkan untuk membuat gagasan suatu karya dapat divisualisasikan sebaik mungkin dan mudah dipahami khalayak.

Beberapa sutradara kini membutuhkan jasa storyboard artist supaya film mereka benar-benar dapat ditampilkan dengan baik. Storyboard artist juga kerap dibutuhkan di dunia pemasaran untuk membuat iklan dan konten pemasaran lainnya secara kreatif.

Character Designer

Character Designer dok CMU
Dunia animasi memiliki beberapa jenis spesialisasi pekerjaan, salah satunya adalah character designer. Jenis pekerjaan ini dibutuhkan untuk menciptakan karakter yang menjadi media penyampaian cerita. Salah satu character designer yang jamak diketahui adalah Walt Disney. Dia menciptakan karakter Mickey Mouse pada 1928 dan berhasil menuai sukses besar.

Dalam menciptakan sebuah karakter, desainer dituntut untuk mampu menafsirkan kepribadian dan ciri fisik karakter menjadi ilustrasi ekspresif. Hal tersebut diwujudkan melalui penggambaran ekspresi wajah, pose, gerakan, kostum, postur, dan lain sebagainya. Seorang character designer yang baik akan memiliki perhatian yang tajam terhadap detail dalam ekspresi manusia dan kemampuan untuk memahami cerita karakter dari awal hingga akhir.
Nah, itu dia pekerjaan-pekerjaan yang bisa dicoba untuk kamu yang hobi menggambar dan bercerita. Pilihlah pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan keahlianmu. Jangan lupa untuk terus meningkatkan kemampuan supaya karya yang kamu hasilkan makin berkualitas dan diterima banyak orang. Caranya, kamu bisa mengikuti kelas-kelas pengembangan diri yang tersedia saat ini atau bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan hobimu supaya kamu terus termotivasi.  Nah, ternyata cukup panjang, ya, perjalanan komik digital, mulai dari Korea Selatan hingga menjadi tren di Indonesia. Tren tersebut tentunya akan terus berubah mengikuti kebutuhan zaman dan juga karakteristik pembaca yang dinamis. Apakah kamu juga tertarik menjadi kreator komik digital ke depannya?
Empty space, drag to resize

Kelas

Created with