Menyelami Makna Hidup dengan Berkunjung ke Galeri Seni

Aug 2 / Sarita Laras
Sumber:freepik.com
Berkunjung ke galeri seni bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luangmu. Selain bisa menambah wawasan, suasana galeri seni juga dipercaya dapat menenangkan pikiran. Bahkan, penelitian terbaru menemukan bahwa sering berkunjung ke pameran seni dapat mengurangi stres dan membuat hidup lebih bermakna. Mengapa demikian?

Ketika berkunjung ke galeri seni, kamu akan melihat sentuhan dari para kurator dalam menyusun dan menampilkan instalasi seni, lukisan, patung, foto, dan lainnya. Karya-karya tersebut umumnya mengusung tema tersendiri yang akan terus berganti. Sebagai contoh, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) 2021 membawakan tema “Publik” yang merupakan refleksi kondisi pascapandemi. Di dalamnya tergambar ragam perasaan yang menyelimuti manusia, seperti “insecurity” yang bisa jadi relevan dengan apa yang kamu alami.

Di sinilah kamu bisa menyelami lebih jauh mengenai rasa “insecurity” melalui visualisasi dari  seniman. Meskipun jika datang ke galeri sendiri, tapi dengan melihat lukisan yang berhubungan dengan apa yang sedang dialami, akan muncul perasaan bahwa apa yang sedang dialami adalah wajar dan kamu tidaklah sendiri.

Selain itu, dari visualisasi tersebut kamu pun didorong untuk mengetahui makna lebih jauh dari “insecurity” itu sendiri. Di sinilah kemampuan menginterpretasimu dilatih, yaitu seberapa jauh imajinasimu akan bergerak menggambarkan konsep “insecurity.” Proses interpretasi makna ini nyatanya bermanfaat bagi memori manusia. Dengan terbiasa melihat berbagai ide dalam karya seni dapat melatihmu untuk mengingat ide-ide yang menantang dan abstrak di kehidupan sehari-hari.

Di samping itu, berkunjung ke galeri seni juga bisa menjadi sumber inspirasi bagimu untuk menemukan berbagai ide. Makin banyak ide yang kamu jumpai, makin terasah pula sisi kreativitasmu. Sebab secara tidak langsung hal itu telah menggugah pikiranmu untuk bergerak menemukan ide-ide baru.

Dengan berbagai manfaatnya, maka tidak salah untuk memilih galeri seni sebagai tempat mengisi waktu luang atau mencari inspirasi. Di Indonesia, ada banyak galeri seni yang bisa kamu kunjungi, di antaranya:

  • Galeri Nasional Indonesia (Galnas)

Galnas merupakan salah satu galeri seni terbesar di Indonesia. Mulai dibuka pada 1999 lalu, galeri ini menampilkan berbagai karya seni modern dan kontemporer. Galeri yang berada di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, ini dapat kamu kunjungi setiap hari Selasa-Minggu.

  • Nyaman Art Gallery

Saat berlibur di Bali, tidak ada salahnya kamu mengunjungi Nyaman Art Gallery. Berada di kawasan Seminyak, galeri ini menampilkan berbagai karya dari seniman lokal dan mancanegara. Kamu juga akan disuguhkan dengan berbagai barang antik.

  • Semarang Contemporary Art Gallery

Berlokasi di Kota Semarang, galeri seni ini mengusung interior minimalis bernuansa putih. Semarang Contemporary Art Gallery menghadirkan karya seni kontemporer dari para seniman di Tanah Air yang bisa menjadi sumber inspirasimu.

Apa yang Harus Dipersiapkan saat Berkunjung ke Galeri Seni?

Nah, setelah mengetahui manfaat dan berbagai galeri seni yang bisa dikunjungi, kamu sebenarnya juga perlu menyiapkan beberapa hal, seperti:

  • Mencari Tahu Informasi Mengenai Galeri yang Akan Dikunjungi

Beberapa informasi yang perlu kamu ketahui saat akan berkunjung ke galeri seni antara lain: tema pameran, karya seni yang ditampilkan, jam buka, kuota pengunjung, lokasi, dan harga tiket masuk.

  • Pastikan Apakah Kamu Perlu Membuat Janji dengan Galeri sebelumnya

Meskipun sebagian besar galeri besar tidak memerlukan janji temu, tapi beberapa galeri ada yang menerapkan kebijakan tersebut. Supaya kamu tidak salah, maka bisa memastikannya terlebih dahulu dengan menghubungi pihak galeri atau mencari informasi tersebut melalui situs atau sosial media mereka.

  • Tanyakan Tentang Kebijakan Fotografi Galeri sebelum Mengambil Foto

Ada beberapa galeri yang melarang pengunjung memotret karya yang dipamerkan. Hal tersebut biasanya berkaitan dengan hak cipta, efek buruk lampu kilat, faktor keamanan, dan lain sebagainya. Maka dari itu, pastikan kamu paham betul aturan mengenai fotografi di galeri yang akan dikunjungi.

  • Beli Tiket Online Jika Memungkinkan

Membeli tiket online dapat menghindarkanmu dari antrean di loket galeri sekaligus dari risiko kehabisan tiket.
Itulah serba-serbi mengenai kunjungan ke galeri seni. Pastikan kamu mengikuti segala aturan yang diterapkan oleh penyelenggara demi menjaga kelangsungan pameran dan karya seni itu sendiri.
Empty space, drag to resize

Artikel Terbaru