Mengenal Ragam Kriya Modern yang Bisa Kamu Pelajari Secara Otodidak

Nov 1 / Sarita Laras
Sumber:freepik.com
Produk kriya umumnya dikenal sebagai hasil kerajinan yang menonjolkan keterampilan tangan. Kreasi ini hadir dengan berbagai fungsi yang melekat, seperti hiasan, sebagai benda terapan atau bernilai guna, dan juga mainan. Hasil produk kriya pun terus berkembang seiring perkembangan zaman. Maka lahirlah kriya modern atau kontemporer yang mengusung kebaruan dalam aspek desain, teknik, dan pewarnaan.

Karya kriya modern ini ada banyak jenisnya, dari yang dua atau tiga dimensi hingga yang memiliki fungsi khusus maupun yang hanya sebagai hiasan semata. Beberapa produk kriya tersebut bahkan bisa kamu pelajari dan buat secara otodidak. Apa saja? Simak selengkapnya pada ulasan berikut.

Coffee Mug

Coffee Mug dok Arta Derau
Kamu pecinta kopi? Ini saatnya yang tepat untuk membuat mug atau cangkir yang akan menemanimu saat menyesap kopi. Untuk membuat coffee mug, kamu bisa menggunakan berbagai bahan, seperti tanah liat. Konon cangkir yang terbuat dari tanah liat akan membuat kopi atau minuman lainnya terasa lebih segar dan nikmat.

Nah, untuk membuat cangkir kopi, kamu perlu menyiapkan bahan tanah liat, alat putar elektrik jika ingin menggunakan teknik putar, dan pewarna. Guna mempercantik produk kreasimu, jangan lupa untuk menyiapkan desain yang akan melekat pada mug.

Sementara, untuk teknik pembuatannya kamu bisa merujuk kepada berbagai situs atau video yang menampilkan cara membuat cangkir tanah liat secara mandiri. Cobalah untuk menjajal beberapa teknik untuk menemukan mana yang paling cocok denganmu.

Handmade Pouch

Handmade Pouch dok Kalexmart
Baju yang sudah lama tidak kamu pakai atau sisa kain yang menumpuk di rumah bisa kamu kreasikan menjadi produk multiguna, seperti pouch. Kantong ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai barang seperti alat make up, alat tulis, dan berbagai lainnya. Guna membuat pouch ini, kamu memerlukan alat jahit, baik manual ataupun menggunakan mesin, dan bahan lain seperti resleting, kancing, serta pernak-pernik lainnya.

Kemudian, untuk teknik menjahitnya kamu bisa mempelajarinya secara mandiri melalui berbagai macam video yang tersedia di internet. Umumnya, ini bukan merupakan teknik yang susah. Kamu bisa menguasainya dengan terus belajar dan mempraktikannya.

Action Figure

Action Figure Wiro Sableng dok Tokopedia
Sesuai fungsinya, mainan juga bisa tergolong produk kriya. Salah satunya yang tengah menjadi tren adalah action figure atau miniatur superhero. Kamu bisa mulai belajar mengkreasikannya sendiri dengan dipandu berbagai tutorial yang tersedia di internet, baik video maupun artikel.

Secara umum, untuk membuat action figure, kuncinya adalah pembuatan desain, kerangka, dan penempelan clay yang menjadi bahan utama. Dalam mendesain, kamu perlu menentukan jenis karakter hingga pose yang akan kamu buat. Selanjutnya, membuat kerangka yang benar juga menentukan bagaimana kreasi action figure-mu akan terbentuk nantinya. Hingga pada akhirnya kamu tinggal mematangkan teknik untuk menempel clay pada kerangka yang telah dibuat.

Lampu Tidur

Lampu Tidur dok Pinterest
Nah, yang satu ini agak kompleks karena melibatkan berbagai bahan semisal,  kabel, sakelar, dan lampu. Sebelum itu, kamu perlu menyiapkan desain dari lampu tidur yang akan menemanimu selama beristirahat. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu mengambil banyak referensi, baik di internet maupun melalui artikel-artikel.

Setelah itu, praktikkan ke media yang lebih kecil sebelum kepada bahan yang akan kamu gunakan untuk menjadi lampu tidur. Meskipun tampak rumit, hasilnya mungkin akan membuatmu cukup puas. Sebab, lampu tidur ini selain memiliki fungsi penerangan juga bisa sekaligus menjadi hiasan.

Makrame Pot Gantung Makrame

Makrame Pot Gantung dok Shopee
Merangkai tali menjadi salah satu kerajinan favorit masyarakat Indonesia. Tak hanya sebagai produk fesyen atau aksesoris, hasil rangkaian juga bisa menjadi barang multifungsi, seperti pot gantung makrame. Proses pembuatannya terbilang cukup mudah selagi kamu menguasai beberapa teknik simpul. Adapun bahan utama pembuatan makrame ini adalah tali nylon.

Jika kamu belum menguasai beberapa tali simpul, carilah referensi di internet sebanyak mungkin. Lihatlah sembari mempraktikkannya langsung sehingga kamu bisa cepat mengerti alur pembuatan simpulnya. 
Itulah lima jenis kriya modern yang bisa kamu pelajari secara otodidak. Kuncinya tentukan produk yang memang ingin kamu buat dan carilah referensi sebanyak-banyaknya. Jika menemukan kesulitan, kamu bisa menanyakan kepada para ahli di bidang tersebut atau rekanmu yang lebih berpengalaman dalam pembuatannya.
Empty space, drag to resize

Kelas

Created with