Mengenal Lebih Dalam tentang Studio Desain Grafis

Dec 24 / Sarita Laras
Sumber:vecteezy.com
Ada berbagai alasan mengapa seseorang membuka studio desain grafis. Kebanyakan mereka berangkat dari peluang di bidang ini yang cukup besar, misalnya potensi klien yang membutuhkan jasa desain grafis. Tidak bisa dimungkiri jasa desain grafis saat ini memang banyak dicari untuk mendukung pemasaran produk maupun acara dan juga penyampaian informasi melalui konten visual yang menarik.

Melalui studio desain grafis, ada beberapa manfaat yang didapatkan, seperti memperkuat dan memperluas hubungan baik dengan klien. Di saat seseorang belum memiliki studio, mungkin saat permintaan banyak berdatangan semua tidak bisa tertangani. Keberadaan studio desain grafis yang diisi oleh beberapa desainer bisa menjadi solusi dari masalah tersebut. Hal itu sekaligus dapat mengkomunikasikan nilai-nilai grafis kepada banyak orang.

Lalu seperti apa studio desain grafis sendiri?

Umumnya studio desain grafis didirikan oleh seseorang dengan latar belakang desainer. Namun, dalam beberapa kondisi ada juga yang didirikan oleh mereka yang bukan dari latar belakang desain tapi kemudian berkolaborasi dengan desainer. Dalam studio desain grafis terdapat berbagai desainer dengan beragam spesialisasi. Hal tersebut dibutuhkan karena kebutuhan klien yang bermacam-macam, seperti untuk iklan, majalah, produk, dan masih banyak lagi.

Guna menunjang para desainer, ada beberapa orang yang berprofesi sebagai content specialist, copywriter, dan web developer yang turut mendukung. Mereka membantu mengonsepkan awal hingga penyelesaian menjadi desain yang menarik.

Di Indonesia, studio grafis telah berkembang, bahkan sejak puluhan lalu. Berikut ini merupakan beberapa studio di Indonesia yang cukup populer di masyarakat.

  • LeBoYe

Potret Awal LeBoYe didirikan dok LeBoYe
LeBoYe merupakan studio desain grafis yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan. Studio ini didirikan oleh Ignatius Hermawan Tanzil pada akhir 1990-an lalu. Dalam perjalanannya, LeBoYe selalu mengembangkan pendekatan baru yang segar dan menentang konvensi serta format industri "standar". Dengan setiap penugasan baru, LeBoYe berusaha terus mengembangkan desain yang tidak hanya memenuhi kebutuhan dan tujuan setiap klien, tetapi juga untuk melahirkan proyek yang mengomunikasikan semangat dan jiwa baru di luar warna dan setiap tarikan garis.
Kunjungan Mahasiswa ITS di LeBoYe dok LeBoYe
Di samping menggerakkan bisnis desain, LeBoYe membuka kesempatan untuk kunjungan, seperti mahasiswa desain yang datang untuk mendapatkan ilmu baru.

Studio desain grafis ini tercatat telah memenangkan beberapa penghargaan, seperti dari Communications Arts, Type Director Club of New York, dan publikasi desain sampul di Novum Gerachsgraphics, Jerman. LeBoYe juga diundang untuk mengikuti beberapa pameran di mancanegara, seperti Rio de Janeiro, Tokyo dan Toronto, termasuk pameran “The Energy of Asian Design” bersama 13 desainer terkenal lainnya dari seluruh Asia.

  • Karyarupa

Kemasan Hasil Desain Karyarupa dok Karyarupa
Karyarupa adalah studio desain grafis yang berbasis di Jakarta dan Yogyakarta. Studio ini menyediakan berbagai jasa desain untuk editorial, ilustrasi, alat pemasaran, kemasan, desain web, dan masih banyak lagi. Beberapa klien Karyarupa merupakan jenama ternama, seperti Flip Burger, Grand Ambarrukmo, Pepper Lunch Australia, Hellobali, dan lain sebagainya.

Dalam mendesain sebuah produk, Karyarupa berprinsip membuat sebuah merek menjadi lebih hidup. Mereka melakukannya dengan memperkaya interaksi orang dengan gambar dan memberi nilai khusus pada desain.

  • Sciencewerk

Studio Desain Sciencewerk dok Sciencewerk
Dari kota Pahlawan, Surabaya, Sciencewerk hadir menjadi salah satu studio desain terkemuka. Studio ini didirikan oleh Danis Sie pada 2011 lalu. Sciencewerk berfokus untuk mengerjakan identity design, kemasan, wayfinding, ilustrasi, situs web, dan lainnya.

Sebagai sebuah studio desain grafis, Sciencewerk berkomitmen membentuk lingkungan kolektif melalui kolaborasi dengan individu-individu kreatif dari berbagai disiplin ilmu untuk mengeksplorasi kemungkinan dalam menggabungkan desain, seni, dan teknologi.
Di samping tiga nama di atas, masih banyak studio desain grafis yang beroperasi di berbagai kota di Tanah Air. Makin banyaknya studio ini tak lain sebagai respons dari tuntutan kebutuhan pada zaman yang terus berkembang.

Nah, apakah kamu juga tertarik untuk bekerja atau bahkan membuka studio desain grafis? Tentunya itu bukanlah hal yang mustahil karena peluangnya cukup terbuka lebar. Kuncinya teruslah berlatih dan rajin mencari informasi dari studio yang telah berkembang saat ini.
Empty space, drag to resize

Kelas

Created with