Menemukan Inspirasi dengan Beraktivitas di Luar Ruangan

Jan 19 / Nesia Qurrota A’yuni
Sumber:vecteezy.com
Inspirasi biasanya hadir dari proses berpikir yang kreatif. Namun, ada kalanya cukup sulit untuk memulai berpikir kreatif atau konsisten menerapkan setelahnya. Masalah tersebut sebenarnya bukan tanpa solusi, sebab ada beberapa aktivitas, terutama di luar ruangan, yang terbukti bisa meningkatkan kreativitas sehingga bisa melahirkan berbagai inspirasi.

Ingin tahu lebih lanjut? Berikut ini sepuluh aktivitas di luar ruangan yang telah terbukti dapat membantumu menemukan inspirasi.

  • Berolahraga

Ilustrasi Lari dok Freepik
Secara psikologi, makin banyak tubuh bergerak, maka makin mengalir pula ide-ide di pikiranmu. Hal tersebut disebabkan tubuh menghasilkan Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF), berupa protein yang membantu meningkatkan fungsi kognitif otak, saat berolahraga. Tak hanya itu, olahraga secara teratur juga bisa menurunkan stres seseorang.

Nah, beberapa olahraga yang direkomendasikan para ahli antara lain, lari, berjalan cepat/santai, interval training, tai chi, dan masih banyak lagi. 

  • Berkunjung ke Museum Seni

Ilustrasi Visit Museum dok Freepik
Ketika mengunjungi museum, kamu akan berusaha memperluas imajinasi dan cara berpikirmu untuk memaknai karya-karya yang ada. Secara tidak langsung kamu juga akan mendapatkan gagasan yang di awal mungkin sempat tidak terpikirkan untuk diolah menjadi ide-ide baru.

Kamu bisa mengunjungi berbagai museum yang ada di Indonesia, mulai dari museum sejarah, maritim, seni modern, kuliner, tekstil, dan lain sebagainya.

  • Pergi ke Restoran Baru

Ilustrasi Restoran Baru dok Freepik
Bukan hanya mencoba rasa makanan, tapi konsep yang dimiliki restoran seperti desain (interior/eksterior), warna, juga cerita di balik kehadirannya berpotensi merangsang kreativitas. Suasana restoran yang jauh lebih rileks dan kondusif akan membawa perasaan baru buatmu. Itu akan memudahkan untuk menemukan ide-ide baru yang sebelumnya tidak terpikirkan olehmu. 

  • Go Back to Nature

Ilustrasi Back to Nature dok Freepik
Pada era kelimpahan informasi seperti ini, seringkali akan membuat pikiran mudah lelah. Dengan mendekatkan diri kembali ke alam, pikiranmu akan menjadi lebih tenang sehingga akan mudah menghasilkan ide-ide yang segar. Bahkan dalam berbagai studi disebutkan bahwa menghabiskan waktu di di alam dapat menurunkan tingkat stres, depresi, dan kecemasan.

Untuk kembali ke alam, sebenarnya kamu tidak perlu pergi jauh-jauh. Kamu juga bisa melakukannya dengan keluar rumah dan menyerap sinar matahari pada pagi hari, berjalan ke hutan kota dekat rumah, dan lainnya.

  • Explore Perpusahaan atau Toko Buku

Ilustrasi Perpustakaan dok Freepik
Nah, aktivitas berikut ini bisa jadi sumber inspirasi berlimpah buatmu. Selain situasinya yang tenang, ada berbagai buku yang bisa kamu baca di dalam perpustakaan atau toko buku. Ada beragam judul buku dari berbagai pengarang yang bisa menambah perspektifmu.

Kamu juga bisa pergi ke rak-rak dengan tema yang sama sekali tidak pernah kamu kunjungi. Sebab, siapa tahu kamu justru menemukan inspirasi yang benar-benar baru.

  • Berkebun

Ilustrasi Berkebun dok Freepik
Menurut hasil penelitian di Amerika Serikat, menghabiskan waktu dengan berkebun terbukti mampu mengurangi tingkat depresi dan kecemasan. Dengan menyiram berbagai tanaman yang ada, akan memicu otak melepaskan hormon serotonin sehingga dapat meningkatkan suasana hati atau menjadi mood booster. Nah, dalam kondisi ini, kamu dapat lebih mudah untuk mendapatkan inspirasi.

Untuk melakukannya, kamu bisa membuat kebun kecil-kecilan di depan rumah. Pilih beberapa tanaman yang sesuai dan pastikan mereka akan mendapatkan sinar matahari yang cukup sehingga tidak akan cepat layu.

  • Menonton ke Bioskop

Ilustrasi Bioskop dok Freepik
Siapa bilang menonton bioskop hanya sekadar jadi hiburan? Ini juga bisa menjadi sumber inspirasimu lewat berbagai unsur yang ditampilkan dalam film. Hal tersebut contohnya menginspirasi mulai dari alur cerita, dialog, karakter tokoh, latar suasana, atau tempat-tempat baru yang ditampilkan yang bisa membuatmu mendapatkan perasaan baru.

  • Bersepeda

Ilustrasi Naik Sepeda dok Freepik
Bukan rahasia lagi jika bersepeda baik untuk kesehatan fisik, seperti membantu kebugaran jantung, membakar kalori, dan lain sebagainya. Di balik itu, bersepeda nyatanya juga bagus untuk kesehatan mental. Saat bersepeda, di situlah akan memicu pelepasan hormon endorfin yang membuatmu merasa nyaman. Inspirasi pun akan lebih mudah didapat.

Ditambah lagi udara segar dari rute yang kamu lalui akan menambah semangatmu dan membuatmu makin berenergi.

  • Road Trip

Ilustrasi Road Trip dok Freepik
Tiga hal biasanya yang akan kamu dapatkan dari road trip adalah petualangan, refleksi, dan pelajaran. Saat mengeksplorasi beberapa tempat, di sanalah kamu dapat mempelajari tradisi yang berbeda atau ide-ide baru. Pikiran, badan, dan semangatmu bisa kembali segar.

Sepanjang perjalanan kamu juga bisa sambil mendengarkan lagu. Matikan notifikasi di ponselmu dan fokus rasakan keindahan di sekelilingmu.

  • Meet Someone New

Ilustrasi Meet Someone New dok Freepik
Selama ini kamu mungkin menghabiskan banyak waktu hanya dengan orang-orang yang sama, misalnya keluarga, kolega, atau sahabat. Cobalah untuk lepas dari zona nyaman itu dan mulai bertemu dengan orang-orang baru.

Kamu bisa menemukannya melalui komunitas, mengikuti kelas, atau bahkan sembarang orang di jalan yang kamu ajak untuk berbincang ringan. Dari situlah kamu akan mendapatkan informasi, perspektif, dan bisa juga ide-ide baru. Menarik bukan?
Itulah sepuluh aktivitas di luar ruangan yang bisa membantumu menemukan inspirasi. Nah, kira-kira aktivitas mana yang jadi rencanamu dalam waktu dekat?
Empty space, drag to resize

Kelas

Created with