Mendalami Minat dan Kemampuan Melalui Kelas Online

Nov 24 / Sarita Laras
Sumber:freepik.com
Ketika akan menjajaki berbagai peluang karier, ada banyak hal yang perlu kamu siapkan. Salah satunya adalah mengetahui apa minat dan sejauh mana kemampuan yang dimiliki. Saat menaruh minat pada suatu bidang, biasanya kamu akan banyak mencurahkan fokus di sana. Alhasil, kemampuanmu pun tanpa disadari terus bertambah.

Untuk mendalami minat dan kemampuan yang kamu miliki, kuncinya adalah melakukan usaha secara kontinu. Kamu perlu berada di sebuah iklim yang mendorongmu untuk terus maju mendalami minat dan mempertajam kemampuan. Iklim tersebut bisa kamu temukan misalnya dengan mengikuti kelas online. Cara ini terbilang cukup menjadi tren saat dan setelah pandemi. Sebab, kelas online menawarkan fleksibilitas dari segi tempat dan waktu. Selain itu, harganya pun kadang lebih miring ketimbang kelas yang diadakan secara luring.

Dengan mengikuti kelas online kamu akan dihadapkan dengan berbagai pilihan materi dan pengajar yang bisa kamu pilih sesuai minatmu. Kamu juga bisa membangun networking di sana karena akan terhubung dengan banyak peserta lain dengan berbagai latar belakang. Tidak menutup kemungkinan, kamu dan mereka akan terlibat proyek bersama di kemudian hari.

Kini, banyak kelas online yang bisa kamu ikuti, dari mulai yang berbayar hingga yang gratis, di antaranya:

  • Udemy

Udemy sebetulnya merupakan sebuah marketplace pembelajaran dan pengajaran online. Situs ini telah memiliki sekitar 204.000 topik kursus online yang bisa diikuti siapapun dari berbagai negara. Beberapa tema kelas yang populer di Udemy antara lain seputar IT, digital marketing, dan desain grafis.

Setiap topik kelas yang tersedia menyediakan beberapa modul yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi peserta kelas. Adapun biaya mengikuti kelas di Udemy cukup beragam tergantung dengan topik kelas masing-masing.

  • Coursera

Coursera adalah salah satu penyedia kelas online terbesar di dunia. Situs ini menawarkan kelas yang umumnya diisi oleh pengajar dari universitas-universitas ternama. Kamu bisa memilih berbagai macam kelas dari mulai yang berbayar hingga gratis. Sementara, beberapa kelas yang cukup populer di situs ini antara lain, pemrograman, bahasa Inggris, project management, dan lain sebagainya.

  • Karena.id

Selanjutnya, bagi kamu yang tertarik berkarier di bidang kreatif, kamu bisa mengikuti beragam kelas yang tersedia di Karena id. Ini merupakan platform belajar daring asal Indonesia yang menyediakan kelas dari mulai desain grafis, menulis, bisnis, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mendapatkan banyak insight dari para pengajar yang merupakan pelaku industri kreatif yang telah berpengalaman.

Dengan mengikuti kelas di Karena id, kamu akan mendapatkan tugas-tugas yang bisa memperkaya kemampuanmu. Nantinya, setelah merampungkan kelas, kamu juga akan mendapatkan e-sertifikat dari Karena.id.

Tips Memilih Kelas Online

Dalam memilih kelas online, kamu juga tidak boleh memutuskannya secara sembarangan. Jangan sampai kamu mengikuti sebuah kelas hanya karena tengah menjadi tren atau mengikuti rekan-rekanmu. Pastikan kamu memilih kelas online dengan mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • memilih kelas dengan topik yang menjadi minatmu;
  • memiliki tujuan yang ingin dicapai dari keikutsertaanmu, seperti menambah kemampuankelas diisi oleh pengajar yang kredibel dan berpengalaman;
  • keuntungan yang akan kamu dapatkan saat mengikuti kelas online tersebut, seperti ketersediaan modul atau sertifikat;
  • jadwal dan durasi kelas jika kamu mengikutinya sembari tetap melakukan pekerjaan utama.


Di samping itu, jangan lupa membaca deskripsi kelas secara detail. Hal itu cukup penting untuk memastikan bahwa kelas tersebut memang benar-benar menyediakan materi yang kamu butuhkan.
Begitulah kelas online setidaknya mampu membantumu mendalami minat dan mengasah kemampuan yang dimiliki. Seperti kata Steve Jobs, kamu bisa menerapkan metode “Stay hungry. Stay foolish” untuk bisa konsisten. Ini berarti kamu perlu tetap haus akan belajar,  ide-ide, dan peluang baru. Teruslah berusaha kendati kesuksesan telah mendekat.
Empty space, drag to resize

Kelas

Created with