Memahami Pentingnya Plot Twist dalam Cerita

Nov 19 / Sarita Laras
Sumber:freepik.com
Apakah kamu sering menjumpai plot twist dalam berbagai cerita? Plot twist tersebut kadang bisa menimbulkan efek mind blowing alias mencengangkan atau membuatmu terasa seperti terkecoh. Meskipun begitu, inilah yang membuat sebuah cerita lebih menarik dan tidak membosankan karena alur menjadi tidak mudah ditebak.

Mengutip dari 
Master Class, plot twist adalah perubahan alur di berbagai cerita, seperti dalam novel, cerita pendek, film, dan drama yang membuyarkan ekspektasi pembaca atau penonton. Perubahan tersebut tiba-tiba muncul dengan tidak mengikuti jalan cerita yang telah dikembangkan penulis sejak awal. Ketika plot twist diterapkan dengan tepat, itu bisa meningkatkan keterlibatan penikmat cerita. Mereka akan turut menerka-nerka misteri lainnya di balik plot twist yang muncul atau jalannya alur ke depan.

Adapun cerita dengan plot twist cukup terkenal salah satunya terdapat dalam film "Parasite", yang sukses memenangkan empat kategori Piala Oscar 2020. Film garapan sutradara Bong Joon Ho ini disebut-sebut sarat akan plot twist . Walau di awal alurnya tampak mudah ditebak, tapi memasuki pertengahan terakhir beberapa plot twist mulai bermunculan. Salah satunya adalah keberadaan ruang bawah yang menjadi tempat tinggal suami eks ART keluarga Park. Terbongkarnya persembunyian tersebut membuat penonton terkaget-kaget hingga sampai pada ending yang tak tertebak.

Lali, seberapa penting kehadiran plot twist dibutuhkan dalam sebuah cerita?

Kemunculan plot twist seperti pengikat supaya audiens tetap mengikuti sebuah cerita. Kala 'kejutan' tersebut hadir di pertengahan cerita, itu akan menarik perhatian pembaca atau penonton untuk kembali mencermati berbagai detail yang telah dimunculkan sebelumnya. Hal itu juga bisa membuat penonton membuka ruang obrolan di berbagai media sosial untuk bersama-sama memecahkan teka-teki yang ada.

Makin banyak perbincangan tentang cerita tersebut, secara tidak langsung juga menjadi media promosi. Sebab, hal itu akan membuat mereka yang belum membaca atau menyaksikan cerita, perlahan akan penasaran sehingga tertarik mengikuti cerita yang ramai dibicarakan.

Sementara itu, plot twist biasanya juga dimunculkan pada akhir cerita dengan harapan dapat meninggalkan kesan yang kuat dan awet bagi audiens. Kondisi tersebut cukup umum ditemukan di cerita-cerita yang memiliki season atau edisi kedua.

Ragam Plot Twist

Dalam perkembangannya sendiri, ada berbagai jenis plot twist yang telah dimunculkan para penulis. Secara garis besar, plot twist tersebut dibagi menjadi empat kategori, yaitu:

  • Pengungkapan

Plot twist ini juga disebut sebagai anagnorisis. Ini terjadi saat penulis memberikan informasi baru kepada pembaca demi menciptakan suspense sehingga akan timbul pertanyaan-pertanyaan baru.

Teknik pengungkapan ini biasanya akan menyebabkan perubahan pada plot. Oleh karena itu, karakter yang terlibat akan melakukan tindakan yang tidak terduga. Sebagai contoh,  terungkap informasi bahwa seorang tokoh yang dikenal baik perangainya, ternyata adalah dalang di balik kekacauan yang terjadi di dalam cerita.

  • Discovery

Jenis plot twist discovery menampilkan situasi ketika tokoh utama berhasil menemukan fakta yang mencengangkan dan tidak pernah diduga sebelumnya. Lazimnya, plot ini disampaikan dengan gaya bahasa yang persuasif. Maksudnya, supaya penonton atau pembaca sepakat dengan pendapat atau pemikiran tokoh utama.

  • Unreliable

Jenis plot ini seperti tengah menjadi tren saat ini. Ini merupakan cara penulis memanipulasi atau memberikan informasi yang menyesatkan kepada penikmat cerita.

Untuk dapat menciptakan plot twist ini, penulis harus menyusunnya dengan sangat hati-hati. Ia dituntut untuk bisa membuat pembaca terus menebak-nebak jalannya cerita. Misalnya, dalam sebuah cerita tentang bos mafia, pembaca diajak untuk mencari sosoknya yang sebenarnya. Sebab penulis memberikan informasi yang seolah-olah membuat semua tokoh yang ada merupakan figur di balik mafia itu sendiri.

  • Red Herring

Berikutnya, ada jenis plot twist red herring. Penulis menampilkan petunjuk yang salah di awal cerita supaya pembaca atau penonton terkecoh. Tujuannya adalah untuk mengalihkan perhatian audiens dari kebenaran. Barulah di pertengahan atau di akhir cerita penulis mengeluarkan kejutan yang cukup mengagetkan audiens.

  • Deus ex Machina

Singkatnya, dalam plot ini menampilkan masalah yang sedari awal tidak dapat diselesaikan. Akan tetapi, pada akhir cerita, muncul satu tokoh atau peristiwa yang dapat menuntaskan masalah tersebut dengan cara tak terduga.
Demikianlah penjelasan pentingnya plot twist dalam sebuah cerita. Jadi plot twist cerita apa yang cukup memberimu kesan mendalam?
Empty space, drag to resize

Kelas

Created with