Melihat Peluang Bisnis Mainan Action Figure

Oct 17 / Sarita Laras
Sumber:freepik.com
Apakah kamu merupakan penggemar action figure? Selain jadi hobi, action figure ternyata juga menyimpan peluang bisnis di masa sekarang dan yang akan datang. Hal itu mengingat pasar produk mainan ini cukup besar dan setiap tahunnya jumlah fans terus bertambah seiring munculnya karakter-karakter baru.

Di Indonesia, sejak pertama kali muncul pada tahun 80-an, dunia action figure seakan tak ada matinya. Berbagai action figure hadir mengisi setiap era, seperti Gundam, Marvel Hero, One Piece, Naruto, hingga Dragon Ball. Mungkin ini juga disebabkan action figure tidak hanya milik satu generasi usia, tapi dari mulai anak-anak hingga dewasa menyukai mainan tersebut.

Perkembangan action figure dalam negeri rupanya tak hanya dikuasai produksi asing, tapi juga produk-produk lokal turut hadir bersaing. Salah satunya adalah produksi Good Guys Never Win yang mampu menembus pasar Asia, Australia, hingga Eropa karena keunikan desain dan proses pembuatannya yang masih manual. Mereka menciptakan action figure khas Indonesia, seperti pasukan oranye, TNI, dan hantu-hantu lokal yang menyeramkan.
Action Figure Good Guy Never Win dok Instagram?ggwntoys
Selain Good Guys Never Win juga ada sosok toys artist, Paskalis Kunang, yang namanya sudah cukup dikenal di kalangan pecinta mainan figur dalam dan luar negeri. Menurut Kunang, peluang menjadi pemain besar di bidang ini sekarang cukup terbuka lebar karena tidak banyak kompetitor yang hadir. Namun, kondisi tersebut menyiratkan belum adanya basis pasar yang kuat. Untuk saat ini pasar bisnis action figure cenderung masih cukup segmented. Hal itu bisa terjadi karena jumlah yang diproduksi masih lebih sedikit dan harganya lebih tinggi ketimbang jenis mainan lainnya.

Meski begitu, saat ini sudah banyak bermunculan komunitas pecinta action figure yang biasa saling bertukar koleksi, informasi produk terbaru, bahkan sampai membuat action figure. Salah satu komunitas yang sudah cukup besar namanya Indonesian Art Toys Kehadiran komunitas itu bisa dilihat sebagai peluang untuk memulai bisnis action figure.

Jika kamu sekarang tertarik menggeluti bisnis action figure, setidaknya ada dua bidang yang bisa kamu coba, yaitu:

Kolektor

Menjadi kolektor action figure ibarat seorang investor yang menyimpan barang investasinya untuk kemudian dijual saat harga melambung naik. Ada dua kondisi yang menyebabkan harga sebuah action figure meningkat. Pertama adalah kelangkaan. Makin langka sebuah mainan figure, makin tinggi juga harga yang bisa ditawarkan. Kelangkaan biasanya terjadi karena action figure tersebut sudah cukup berumur atau merupakan keluaran edisi terbatas. 
Action Figure Avengers dok Tokopedia
Kemudian kedua, ini menyangkut soal popularitas. Transaksi action figure biasanya mengikuti momen dirilisnya sebuah film, komik, dan lain sebagainya. Setelah itu, akan muncul tokoh-tokoh yang menjadi tren di masyarakat. Misalnya saja saat Marvel merilis film The Avengers, produsen action figure tak selang lama langsung memproduksi mainan figur dari karakter superhero yang diceritakan. Saat itu popularitas action figure akan menjadi sangat tinggi. Kondisi tersebut bisa menjadi peluang untuk menjual produk dengan harga lebih tinggi karena permintaan pasar kian meningkat.

Namun, peluang tersebut akan tidak ada artinya jika kondisi action figure mengalami kerusakan. Maka dari itu, sebagai kolektor kamu wajib menjaga kondisi koleksi action figure-mu dengan baik.

Untuk memulai bisnis ini, kamu perlu aktif dalam berbagai komunitas dan acara terkait action figure. Sebab kamu perlu menemukan dan membangun jaringan dengan para pecinta mainan figur ini. Tanpa jaringan, kamu akan susah memasarkan koleksi atau kreasimu.

Kreator

Gundam dok Tokopedia
Mungkin menjadi kolektor saja tidak cukup bagimu. Kamu mungkin berkemampuan mendesain dan membuat action figure. Berbekal keahlian tersebut, kamu bisa mencoba menjadi kreator atau seniman mainan figur. Caranya, mulailah mencari validasi terhadap karyamu melalui berbagai media sosial mainstream. Jika karyamu disambut baik, maka saatnya membuka jasa pemesanan action figure.

Di samping itu, kamu juga perlu untuk proaktif mengikuti acara action figure. Penting buatmu untuk menyerap ilmu dari mereka yang sudah lebih berpengalaman di bidang ini dan sekaligus membangun jaringan di sana.
Meski kini action figure terkesan masih menjadi mainan yang eksklusif, tapi peluang untuk menjadi bisnis yang menguntungkan, tetap terbuka lebar. Sebab, karakter-karakter baru akan terus muncul ke depannya seiring perkembangan dunia hiburan. Ketika kamu mengoleksi action figure dari sekarang, ini akan berpotensi memberikan keuntungan saat kamu menjualnya pada tahun-tahun yang akan datang. Sementara bagi kamu yang berniat menjadi kreator, jumlah fans yang diprediksi akan terus meningkat bisa menjadi peluang bisnis buatmu. 
Empty space, drag to resize

Kelas

Created with