Kenalan Kreator: Wacky Winner, Mewujudkan Hal yang Tak Mungkin Lewat Dunia Nye-nye

Jan 21 / Nesia Qurrota A’yuni
Sumber:instagram.com/wackywinner
Berawal dari permintaan menggambar sesuatu yang tabu, karakter Nye-nye lahir menjadi dunia yang menyenangkan Wacky Winner. Sosok yang bernama asli David Christopher itu mulai menciptakan Nye-nye pada tahun kedua saat dia menempuh pendidikan tinggi. Meski begitu, dia sudah menggemari seni, desain, dan karakter lucu sejak bangku sekolah dasar (SD).

Nye-nye sendiri berwujud karakter dengan warna dominan hijau dan hidung panjang. Inspirasi ceritanya pun cukup sederhana, yaitu dari hal-hal yang dekat dengan David, misalnya para mahasiswa yang berdemonstrasi supaya tampak keren atau kisah hantu yang biasanya ramai diperbincangkan khalayak.

Nye-nye diciptakan sebagai media David melakukan hal-hal yang tidak bisa diwujudkan di dunia nyata. Hal tersebut kadang juga cukup berbahaya jika dilakukan manusia pada umumnya. Oleh karena itu, keleluasaan yang ada dalam dunia Nye-nye membuatnya menjadi tempat istirahat yang nyaman bagi David dari pekerjaan rutin yang dia jalani. Bahkan, kreator yang berbasis di Bogor itu merasa menghidupkan karakter Nye-nye lebih menenangkan ketimbang pekerjaan utamanya. Sebab, di dunia Nye-nye-lah David dapat melepas image yang telah dibangun di dunia nyata dan melakukan apapun yang diinginkan.

David ingin orang mengenal Nye-nye sebagai teman yang baik. Ia adalah sosok yang tidak memedulikan penampilan, perkataan, dan juga gaya bicara kawannya. Lewat Nye-nye juga, David bisa menyampaikan hal-hal yang mungkin terdengar bodoh tapi tetap lucu dan dapat dinikmati.

Cerita mengenai Nye-nye mulanya David tampilkan di
Instagram. Sekarang dia tidak menyangka akan melangkah cukup jauh dengan Nye-Nye. Hal itu mulai dari menjual karakter Nye-nye secara terbatas di salah satu marketplace. Kemudian, Nye-nye juga terlibat berkolaborasi dengan berbagai kalangan. Sebagai contoh, kolaborasi Nye-nye dengan creative agency, Mejikuviniu, dalam membuat sebuah iklan digital dengan menggunakan Gojek sebagai produk demo. Di situ, Nye-nye hadir dalam bentuk motion graphic yang terlihat tengah mengantarkan penumpang.
Nye Nye Gojek dok Wacky Winner
Selain itu, Nye-nye turut hadir sebagai 3D toy dipamerkan pada acara Merakit Ruang. Menampilkan Nye-nye dalam bentuk mainan 3 dimensi dan memasarkannya merupakan mimpi David yang ingin segera diwujudkan.
Nye Nye at Merakit Ruang dok Wacky Winner
Kemudian, Nye-nye juga berkolaborasi dengan seorang seniman bernama Kajul. Nye-nye kala itu tampil bermain di padang rumput yang hijau sehingga tampak tercipta harmoni di semua unsurnya.
Nye Nye at Kajul dok Wacky Winner
Dari perjalanannya bersama Nye-nye, David ingin mengajak siapapun untuk punya dunianya mereka sendiri. Dunia tersebut adalah ruang di mana mereka tidak perlu mendengarkan apa kata orang lain.
Sebagai pekerja di bidang kreatif, David juga menyebut pilihannya ini adalah tempat bermain yang menantang, tapi selalu punya potensi. Walaupun dihadapkan dengan teknologi, industri baru, gaya hidup yang selalu berubah, menurutnya industri kreatif sampai sekarang masih sangat dapat memberikan keuntungan jika ditekuni dengan baik.

Terakhir dia berpesan, setiap orang perlu untuk memiliki hobi. Hobi tersebut adalah apapun yang disukai, yang dilakukan tanpa tekanan dari mana pun. Hobi itu lalu juga perlu ditekuni. Untuk memulainya, janganlah terlalu lama terkurung oleh rasa takut. Sebab, sebenarnya tidak ada yang salah dan benar dalam setiap perjalanan manusia dalam meraih mimpi mereka.
Empty space, drag to resize

Kelas

Created with