Kenalan Creativepreneur: Wanda Almira, Ilustrator Muda Lulusan ITB yang Berpengalaman Freelance di Luar Negeri

Jul 28 / Sarita Laras
Salah satu bidang pekerjaan yang paling dicari di platform freelance adalah ilustrator. Jasa ilustrator dibutuhkan untuk berbagai hal, seperti buku, menu makan, packaging, poster, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia, ada beberapa ilustrator terkenal yang karyanya telah mendunia. Salah satunya adalah Wanda Almira, ilustrator muda lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (FSRD ITB) yang sempat berkarier di Finlandia.

Tertarik melihat kiprah Wanda? Simak selengkapnya dalam fakta-fakta berikut.

Menemukan Art Style dari Sifat-sifat Diri Sendiri

Wanda sempat bercerita, dia takut untuk menggambar karena terbayang-bayang kegagalan. Namun, ia mencoba untuk keluar dari perasaan tersebut dan terus mencari style-nya dalam berkesenian atau art style. Butuh sekitar 5 tahun bagi Wanda untuk benar-benar menemukan art style yang tepat. Meski begitu, dia terus merasa tidak puas dan merasa karyanya malah seperti meniru orang lain.

Seiring berjalannya waktu, Wanda menyadari caranya menemukan style adalah keliru. Ia hanya fokus pada output, tapi melupakan pertanyaan apakah dia telah mengenal dirinya sendiri dengan baik selama ini. Setelah tersadar, Wanda kemudian membuat daftar dari sifat-sifatnya untuk kemudian dibuat sebagai elemen gambar dan dikombinasikan. Ia mencontohkan, gambarnya selalu memiliki garis tebal yang agak abstrak dan tidak mengikuti gambar dasar. Hal tersebut merupakan representasi dari sifat Wanda keras kepala dan tidak suka diatur.

Menurut Wanda, mengenal diri sendiri menjadi kunci dalam menemukan style dalam karya kita. Jika hanya mengikuti orang lain, maka hasilnya pun akan sama.

Memenangkan Berbagai Lomba Artwork

Sebagai seorang ilustrator, selain berpartisipasi dalam berbagai proyek, Wanda juga tercatat memenangkan berbagai kompetisi seni. Salah satunya adalah pada Emina Art Day 2016 lalu, ia berhasil menjadi runner up melalui desain kemasan yang dia buat untuk edisi spesial Emina.

Di samping itu, Wanda bersama tim Leboye Design Studio juga pernah terlibat membuat ilustrasi kemasan untuk produk Martha Tilaar  “Dewi Sri Spa.”  Dalam proyek tersebut, Wanda mengkombinasikan karakter seni Indonesia yang terinspirasi dari batik pesisir dengan gaya seni yang baru.

Membangun Karier Sebagai Freelancer di Finlandia

Sekitar Desember 2018, Wanda hijrah ke Helsinki, Finlandia, dan fokus untuk meniti karier sebagai ilustrator lepas. Ia kemudian mulai menggali berbagai informasi dan tips di dunia freelance, salah satunya melalui saluran YouTube Holly Exley bertajuk “How Do Clients Find Me?” Melalui berbagai video tersebut, Wanda mendapatkan banyak pengetahuan mengenai berhubungan dengan art directors dan membuat portofolio yang menarik melalui situs web dan issuu.com.

Menurut Wanda, bekerja di luar negeri membuatnya harus beradaptasi dengan banyak hal yang berbeda dengan  saat bekerja di Tanah Air, seperti budaya kerja, lingkungan, hingga bahasa. Meski awalnya sulit, tapi jika melakoninya dengan sabar dan karena memang menyukai pekerjaan tersebut, maka akan membuahkan hasil pada akhirnya.

Mengatasi Art Block dengan 'Air' dan ‘Day Dreaming’

Art block bisa diartikan sebagai kondisi mendadak merasa tidak memiliki ide atau inspirasi dalam proses berkarya. Untuk mengatasinya Wanda memiliki berbagai cara, seperti beberes baju di lemari, berpindah tempat, mengubah layout interior meja gambar, dan me time dengan terus bergerak.

Di samping itu, jika art block yang dialami Wanda terbilang ringan, dia biasa mengatasinya dengan ‘air’, contohnya mandi, berendam, dan minum wedang jahe sembari daydreaming alias melamun sejenak.

Melanjutkan Karier Bersama Band of Illustration

Sejak 2021 lalu, Wanda mulai bergabung dengan Band of Illustration, sebuah platform kolektif bagi para ilustrator yang berbasis di Indonesia. Selain aktif sebagai ilustrator, di sini Wanda juga menjadi narasumber dalam berbagai diskusi publik mengenai desain. 
Itulah fakta-fakta mengenai ilustrator muda Wanda Almira yang menarik untuk diketahui. Setiap ilustrator tentunya mempunyai karakter sendiri dalam karyanya. Wanda telah membuktikan pencarian panjangnya tentang karakter tersebut hingga bisa membawanya menjadi salah satu ilustrator andal Tanah Air.
Empty space, drag to resize

Artikel Terbaru