Karena Bertemu Vol.01

Apr 11 / Amanda Andina Nugroho

Karena Bertemu telah resmi mengudara pada tanggal 29 November 2020 berbalut kolaborasi bersama tiga komunitas keren yang ada di Indonesia yakni Sociopreneur, Ajak Gerak, dan Youth on Top Bandung.

Perbincangan pertama berangkat dari potret kebutuhan pendidikan di Jawa Timur yang masih belum terpenuhi serta kurangnya akses informasi bagi anak-anak. Hal tersebut membuat Haikal Pramono, pendiri Ajak Gerak, tergugah dan membentuk sebuah gerakan yang bertujuan menciptakan manfaat dengan berlandaskan keikhlasan.
Berlanjut ke Sociopreneur, komunitas yang memperkenalkan diri mereka sebagai sebuah komunitas yang memiliki fokus gerak dalam social innovation dan entrepreneurship education. Salah satu nilai menarik yang dipegang oleh Sociopreneur yaitu penggunaan human center approach sebagai pendekatan mereka dalam mengembangkan generasi muda.
Last but not least, Young On Top Bandung merupakan wadah anak muda untuk menyalurkan ide untuk dibentuk menjadi problem solver di lingkungannya. Komunitas ini juga menjadi wadah untuk sharing baik di lingkup internal maupun eksternal agar anak muda dapat mengembangkan skill mereka.

Empat Poin Utama dari Karena Bertemu Volume 01

Pertama, Semua tentu sepakat kalau pihak yang paling bertanggung jawab dalam pengembangan diri adalah diri kita sendiri.

Kedua, menemukan passion merupakan hal terpenting yang dibutuhkan oleh anak muda sebelum akhirnya mampu mengasah skill atau mengikuti pendidikan yang mendukung pengembangan diri dalam bidang-bidang yang diminati. 

Ketiga, berbicara tentang kendala terbesar yang dialami dalam pengembangan diri, terdapat dua pendapat yang muncul yakni tidak adanya role model dan belum menemukan tujuan hidup yang sebenarnya. 

Keempat, motivasi dan tujuan hidup anak muda perlu dikoreksi agar memiliki orientasi menjadi seseorang orang yang bermanfaat dan menciptakan inspirasi bagi orang lain.