Ingin Memulai Bisnis Kreatif Dengan Modal Minim? Berikut 7 Ide Bisnis Kreatif Yang Bisa Anda Rintis

Mar 19 / Tim Karena.id
Sumber:unsplash.com
Berbisnis tentu menjadi cita-cita banyak orang. Dengan memulai usaha sendiri, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak daripada bekerja untuk orang lain. kamu juga bisa memperoleh kebebasan lebih saat menjalankan usaha sendiri.

Bisnis kreatif adalah jenis usaha yang sedang naik daun saat ini. Dengan mengerahkan daya cipta dan ide-ide baru di kepala, kamu dapat memulai bisnis di bidang ini. Namun sering muncul pertanyaan bisnis seperti apa yang kira-kira bisa kamu mulai dengan modal yang sedikit? Berikut 7 ide bisnis kreatif yang bisa kamu coba dengan modal minim.

Bisnis Desain Grafis

Desain grafis adalah salah satu keahlian yang selalu dicari banyak orang. Seperti fotografer dan videografer, desainer grafis adalah profesi yang dibutuhkan di segala bidang. Hasil desain grafis tidak hanya dimuat di media cetak namun juga digital.

Kebanyakan desainer grafis memang memiliki latar belakang pendidikan komunikasi visual. Namun jika kamu ingin menjadi salah satunya, kamu juga bisa mempelajarinya secara otodidak. Mulai biasakan diri kamu dengan software desain grafis seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Corel Draw.

Setelah mampu mendesain, buatlah portofolio untuk ditawarkan kepada klien. kamu dapat mempromosikan jasa desain kamu ini melalui marketplace. Setelah bisnis berjalan, kamu bisa mengembangkannya menjadi agensi.

Cemilan Unik

Bisnis camilan unik adalah bisnis yang sedang marak saat ini. Makaroni pedas, basreng, dan keripik kaca adalah beberapa contoh camilan unik yang banyak digemari.

Anda bisa menciptakan kreasi yang mirip dengan camilan-camilan tersebut. Anda juga bisa melakukan inovasi, menjual basreng rasa cabe ijo, misalnya. Pokoknya keluarkan saja ide-ide unik Anda untuk membuat camilan enak yang menarik minat pelanggan.

Desain Uang Mahar

Uang masih menjadi mahar yang dipilih kebanyakan orang. Uang mahar ini biasanya dibentuk dan dihias sedemikian rupa agar tampil menarik. Jika Anda memiliki kreativitas dalam mendesain uang mahar, bisnis ini layak anda coba. Tawarkan kepada keluarga, teman, dan kenalan anda yang akan menikah. Anda juga bisa bekerja sama dengan wedding organizer untuk menjual hasil desain uang mahar Anda ke klien mereka.

Bahan Makanan Siap Masak

Tidak semua orang gemar memasak. Ada banyak yang malas menyiapkan bahan-bahannya sebelum memasak. Manfaatkan kesempatan ini untuk memulai bisnis bahan makanan siap masak.

Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan masakan beserta bumbunya lalu kemas untuk satu atau dua porsi. Jadi konsumen tinggal memasak bahan-bahan yang sudah Anda siapkan. Tawarkan produk Anda kepada ibu-ibu rumah tangga, tetangga dan teman yang membutuhkan.

Thrift Shop (Jual Barang Bekas)

Jika kamu memiliki banyak barang tidak terpakai, kamu bisa memulai bisnis ini. Jual kembali barang-barang tersebut dengan harga yang tentunya lebih murah. Bisnis ini cukup menjanjikan dan populer saat ini.

Kebanyakan orang menjual kembali pakaian mereka yang masih layak pakai. kamu juga bisa menjual barang-barang orang lain dan mendapat komisi dari hasil penjualan tersebut.

Tas dan Perhiasan Manik-Manik

Tas dan perhiasan manik-manik adalah salah satu usaha kreatif yang tak lekang oleh zaman. Pelanggannya mulai dari berbagai usia. Dari anak kecil sampai orang berusia lanjut.

Jika kamu suka dengan seni kriya manik-manik ini, kamu dapat mulai menjualnya. Buatlah kreasi tas atau perhiasan yang cantik dan unik. kamu juga dapat membuat kreasi baru yang membedakan bisnis kamu dari kompetitor. Buatlah akun media sosial seperti Instagram untuk mempromosikannya.

Bakery

Kalau Anda memiliki bakat memanggang roti dan membuat kue-kue, ini adalah bisnis yang menjanjikan. Saat ini banyak usaha-usaha roti dan kue yang sukses.

Anda dapat menciptakan resep baru atau menambahkan elemen unik di kue dan roti yang sudah pernah ada sehingga menjadi produk yang menarik bagi pembeli. Misalnya membuat kue berbentuk karakter atau tulisan yang unik.

Nah itu tadi 7 ide bisnis kreatif dengan modal minim. Selain itu, Anda tentu dapat menciptakan ide bisnis kreatif lain yang sesuai dengan passion Anda. Dengan kreativitas, Anda dapat menciptakan peluang usaha meskipun tanpa modal. Berminat mencoba?