Gali Ide dan Wawasanmu dari Platform Ini

Nesia Qurrota A’yuni
Sumber:vecteezy.com
Tak bisa dimungkiri era digitalisasi saat ini banyak membawa keuntungan, contohnya kemudahan menemukan ide dan pengetahuan baru. Apakah kamu penulis, desainer, kreator, maupun pegiat kreatif di bidang lainnya, beberapa platform kini bisa kamu andalkan. Kamu bisa mengeksplorasi banyak ide atau wawasan untuk membantu makin kreatif.

Tidak ada lagi kata buntu dalam menemukan ide, segera buka gawaimu dan temukan inspirasi melalui tujuh platform berikut.

  • Pinterest

Pinterest dom Inside Marketing
Jika kamu ingin mencari referensi visual, Pinterest bisa jadi pilihan yang utama. Pinterest merupakan virtual pinboard yang memungkinkamu untuk menemukan berbagai ide kreatif, seperti poster, infografik, foto, moodboard, dan masih banyak lagi.

Dengan miliaran Pin yang ada di Pinterest, kamu akan lebih mudah untuk menemukan ide guna memicu inspirasimu. Nah, saat menemukan Pin yang kamu sukai, simpanlah ke board supaya idemu tetap tertata rapi dan mudah ditemukan.

Di samping itu, melalui Pinterest kamu juga bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan ke dalam kategori-kategori yang bisa di-customize namanya.

  • Spotify

SYSK dok Spotify
Lewat puluhan juta lagu yang tersedia di Spotify, juga bisa menjadi sumber inspirasi bagimu. Baik dari lirik maupun melodinya, di dalamnya terselip ide-ide ataupun perasaan yang bisa membuatmu lebih semangat.

Akan tetapi, Spotify bukan hanya soal musik. Di dalamnya juga ada berbagai wawasan yang bisa kamu dapatkan melalui saluran podcast yang ada. Beberapa channel, seperti Karena, Thirty Days Of Lunch, Stuff You Should Know, Sudut Pandang, Makna Talks, dan lainnya, adalah rekomendasi podcast yang bisa kamu dengarkan untuk menambah wawasan serta perspektif baru. 

  • LifeHack

LifeHack dok LifeHack
Ingin mengatasi masalah dengan lebih mudah atau yang tak terpikirkan sama sekali? LifeHack cocok untuk kamu kunjungi. Dalam situs web yang mereka kembangkan, sesuai namanya, LifeHack memuat strategi atau teknik untuk melakukan sesuatu dengan cara yang lebih efisien. Melalui berbagai artikel yang tersedia kamu bisa menajamkan fokus, mencapai tujuan, tetap termotivasi, menjaga energi positif, dan juga belajar lebih cepat. Hal itu misalnya dituangkan dalam bahasan Go from Time Poor to Time Rich; Multitasking: Is It Good And Can You Actually Master It?; How to Get Motivated Every Day When You Wake Up; How to Build a Digital Brain; dan masih banyak lainnya.

Kamu juga bisa mencoba keanggotaan di LifeHack untuk mendapatkan coaching dan konten yang ekslusif. Di samping itu, kamu juga tetap bisa mengikuti kelas secara gratis dari LifeHack.

  • Life.com

Apakah kamu seorang fotografer? Atau sedang bersiap menekuninya? Life.com bisa jadi rujukanmu. Situs web ini memuat banyak galeri foto tempo dulu yang bisa menjadi referensi dalam mencari tema foto, lighting, angle, editing, dan juga makna yang bisa disampaikan kepada khalayak.

Ada berbagai tema fotografi yang tersedia dalam galeri Life.com, semisal gaya hidup; seni dan hiburan; alam; hewan; people; dan lainnya. Di sana juga ada sederet nama fotografer kawakan yang bisa kamu pelajari pandangan mereka masing-masing mengenai fotografi.

  • Tik Tok

Tik Tok dok Pixel
TikTok bukan hanya soal dance atau challenge. Banyak orang yang tertarik dengan media sosial ini karena kehadiran konten-konten positif di dalamnya, seperti tips dan trik, edukasi, bahasan topik terkini, motivasi, dan lain sebagainya. Berbagai konten tersebut bisa membantumu menemukan ide atau menambah wawasan baru sehingga bisa makin kreatif. Misalnya, konten membuat kerajinan tangan dari @toolstoday atau mengenai fesyen dan make up dari @glitterandlazers.

Nah, jika kamu adalah seorang video creator, memiliki TikTok seperti sudah menjadi kewajiban. Selain untuk mencari referensi, TikTok juga bisa menjadi wadah dalam berkarya. Ini adalah wadah yang potensial untuk mendistribusikan karyamu karena menurut data Business of Apps, pada kuartal II 2022 TikTok sudah memiliki 1,46 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

  • Ted Talks

Ted Talks dok Ted Talks
Bagaimana jadinya jika para ahli dunia yang inspiratif berkumpul menyampaikan berbagai ide dalam satu platform? Hal itu telah diwujudkan oleh organisasi nirlaba asal Amerika Serikat, Technology, Entertainment, Design (TED) sejak puluhan tahun lalu. Melalui program TED Talks yang bisa kamu simak di YouTube, ada banyak perbincangan dari tokoh-tokoh yang berbeda latar belakang.

Mereka mengusung slogan “Ideas Worth Spreading”, karena percaya dengan kekuatan ide akan dapat mengubah sikap, hidup, dan bahkan dunia. Beberapa rekomendasi TED Talks yang bisa kamu simak antara lain, How to Stop Languishing and Start Finding Flow oleh Adam Grant, The 1 Minute Secret to Forming a New Habit oleh Christine Carter, dan lain sebagainya.

  • Unstuck

Unstuck dok Unstuck
Musuh terbesar dalam berkreasi adalah mengalami creative block, yaitu suatu kondisi ketika kreativitas atau inspirasi seseorang menurun sehingga proses berkreasi menjadi terhambat. Hal itu pun bisa dialami siapa saja. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan aplikasi Unstuck.

Untuk mulai menggunakan Unstuck pun cukup mudah. Pertama, kamu hanya perlu menemukan teman atau kolega terpercaya yang bersedia menjadi pelatihmu. Tugas mereka adalah membantumu memikirkan tantangan dengan mendengarkan dan mengajukan pertanyaan tertentu. Tenang saja, mereka tidak akan menasihati atau memberi tahu kamu apa yang harus dilakukan.
Nah bagaimana, banyak bukan platform yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah wawasan dan ide? Gali sedalam-dalamnya kreativitasmu di sana dan mulai wujudkan mimpi besarmu.
Empty space, drag to resize

Kelas

\Learnworlds\Codeneurons\Pages\ZoneRenderers\CourseCards
Created with