Content Marketing, Digital Marketing, dan Influencer

Nov 23 / AMANDA ANDINA NUGROHO

Belajar Content Marketing, Teknik Marketing Hemat Biaya

Belajar content marketing tidak lepas dari belajar digital marketing. Content marketing sendiri merupakan salah satu bagian dari digital marketing. Ruang lingkup digital marketing sendiri cukup luas. Marketing ini memiliki beberapa teknik di dalamnya yaitu Social Media Optimization, SEO dan SEM, Content Marketing, Influencer Marketing, Data-Driven Marketing, Email Marketing, E-commerce Marketing, dan masih banyak lagi. Pada artikel kali ini kita akan membahas salah satu hal yang dilakukan dalam digital marketing yaitu content marketing. Teknik marketing ini mengoptimalkan ide yang kita miliki untuk dieksekusi menjadi output berupa konten. Seperti apa sih content marketing itu?

Content Marketing

Content marketing adalah sebuah teknik yang digunakan dalam strategi pemasaran dengan cara mengoptimalkan pembuatan konten. Biasanya konten yang dibuat relevan dengan pasar, menarik, serta interaktif. Hal ini ditujukan untuk menarik target audiens untuk berinteraksi serta mendorong perilaku pelanggan tanpa harus menjual produk terus-menerus.

Dalam pembuatan kontennya kita sebagai pihak penjual harus memperhatikan apakah konten tersebut sudah menarik minat dan informatif. Tidak hanya itu, dalam konten perlu juga dimasukkan beberapa aspek kualitas, keunikan, serta relevansi perusahaan yang akan dibagikan kepada pelanggan. Poin-poin tersebut akan membantu konten yang dihasilkan menjadi proaktif dan interaktif setiap harinya. Beberapa elemen yang kamu perlu perhatikan agar konten kamu berkualitas yaitu relevan, informatif, memiliki nilai, adanya keunikan, emosional, dan intellegence.

Proses Content Marketing

Membuat konten untuk pemasaran tidak hanya memerlukan kreativitas tetapi juga data. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, konten harus memiliki relevansi dengan target audiens agar dapat mendorong perilaku pelanggan. Lalu bagaimana cara mengetahui karakteristik target audiens? Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam content marketing.

A. Tentukan Target Audiens Konten

Dalam hal ini kamu perlu menentukan target audiens sesuai dengan produk yang kamu jual. Kamu bisa memulainya dengan brainstorming solusi yang dapat kamu tawarkan bagi calon konsumen. Nantinya akan terbentuk identifikasi yang spesifik mengenai target audiens kamu.

Selanjutnya, kamu harus mengenal karakteristik dari target audiens kamu. Di sini, mempelajari customer experience cukup penting. Nantinya kamu dapat mengetahui apa yang sangat dibutuhkan oleh konsumen kamu. Dalam tahap ini riset dan data adalah poin utama yang harus kamu lakukan.

B. Buat Konten yang Mewakili Target Audiens juga Bisnis Kamu

Setelah memiliki data mengenai target audiens, kamu perlu membuat konten yang mewakili 7 elemen seperti yang sudah disebutkan di atas. Kamu bisa memulainya dengan brainstorming ide, mulai dari menganalisa masalah atau kegelisahan yang sedang dihadapi calon konsumen kamu. Manfaatkan data yang telah kamu dapatkan sebagai input brainstorming dalam membuat konten. Tidak lupa juga, kamu perlu memasukkan aspek-aspek yang menggambarkan bisnis kamu seperti value, keunikan, dan karakteristik. Melalui konten ini, bisnis kamu dapat membangun awareness dan juga memberikan product knowledge bagi konsumen.

C. Evaluasi Konten yang Telah Dibuat

Tidak berhenti sampai memproduksi dan memasarkan konten yang telah dibuat, kamu perlu mengevaluasi konten tersebut. Minimal seminggu sekali untuk melihat bagaimana interaksi dan reaksi target audiens. Selain itu, kamu juga dapat menganalisa konten kompetitor yang disukai audiens sebagai inspirasi.

Manfaat Content Marketing

Berikut beberapa manfaat dari content marketing yang dapat menjadi pertimbangan kamu untuk menerapkan teknik ini dalam bisnis kamu.
  • Membangun serta mempertahankan awareness dan brand kamu secara konsisten
  • Menghasilkan traffic yang lebih tinggi baik itu di website maupun media sosial
  • Kemungkinan berubahnya pengunjung menjadi pelanggan lebih tinggi
  • Membangun kepercayaan serta hubungan jangka panjang dengan pelanggan
  • Awareness bisnis kamu lebih tinggi daripada bisnis lain yang tidak menerapkan content marketing
  • Kamu bisa menghemat biaya pemasaran melalui content marketing
Bagi kamu pemula dalam bisnis, kamu bisa mencoba content marketing untuk memasarkan produkmu. Tidak membutuhkan modal yang besar, kamu bisa meningkatkan awareness serta interaksi dengan konsumen. Kamu juga bisa melihat instagram Adorable Project sebagai salah satu content marketing yang cukup menarik konsumen. Untuk belajar lebih lanjut lagi terkait marketing serta komunikasi bisnis, kamu bisa mendengarkan podcast Fajar Nugraha, Founder Adorable Project, hanya di Karena Podcast!