Deretan Film Animasi Terbaik untuk Menemani Akhir Pekanmu

Nov 26 / Sarita Laras
Sumber:freepik.com
Menonton film adalah aktivitas favorit yang pas untuk mengisi akhir pekan. Film dipercaya dapat menyegarkan pikiran, memberi inspirasi, bahkan bisa juga sebagai terapi atau yang juga dikenal sinematerapi.

Menonton film sendiri, tidak harus selalu ke bioskop. Pada kondisi cuaca yang cenderung ekstrim saat ini, kamu bisa menonton film di rumah saja. Salah satu jenis film yang bisa kamu tonton adalah film animasi. Ada berbagai macam cerita yang siap memberikan suasana baru bagimu, mulai dari produk Hollywood, anime, hingga hasil kreasi anak bangsa.

Berikut ini adalah rekomendasi film animasi yang cocok untuk menemanimu pada akhir pekan:

Toy Story 4

Toy Story 4 Poster dok Wikipedia
Rekomendasi pertama jatuh kepada film Toy Story 4. Film bergenre petualangan yang dirilis pada 2019 lalu ini merupakan sekuel dari Toy Story yang pertama dirilis pada 1995 lalu. Toy Story 4 sendiri berhasil memenangkan piala Best Animated Feature pada gelaran Oscar tahun 2020.

Dari ceritanya, Toy Story 4 mengisahkan petualangan baru karakter mainan bernama Woody dan teman-temannya, Buzz, Mr. dan Mrs. Potato Head, dan lainnya. Pada seri kali ini Woody bertemu dengan Forky, mainan baru yang dibuat Bonnie saat mengerjakan tugas prakarya di sekolahnya. Forky bagi Bonnie adalah benda berharga yang menemaninya saat rasa takut datang. Bonnie pun amat menjaganya dan memastikan mainan berbentuk garpu itu tetap di sampingnya.

Di sisi lain, Forky justru merasa dirinya hanyalah sampah yang tak berarti dan semestinya berada di tempat sampah. Dia pun berulang kali berusaha melarikan diri dari Bonnie. Namun, Woody datang dan memastikan itu semua tidak terjadi. Di akhir cerita, Woody pun seperti memahami bahwa tidak semua anak akan memainkan semua mainannya. Mereka memiliki pilihan masing-masing, mana yang paling disukai dan dibutuhkan.

Untuk menyaksikan kisah petualangan Woody ini, kamu bisa mengaksesnya melalui platform Disney Plus Hotstar.

Your Name (Kimi no Na wa)

Kimi No Na Wa dok Imdb
Bagi kamu pecinta animasi Jepang, jangan sampai kelewatan untuk menonton film Your Name atau Kimi no Na wa. Film garapan sutradara Makoto Shinkai ini sukses mencuri perhatian saat pertama kali dirilis pada 2016 lalu. Kimi no Na wa sempat berada di puncak box office Jepang selama berminggu-minggu. Film ini pun bahkan diganjar penghargaan sebagai film anime terbaik dalam ajang Los Angeles Critics Awards 2016.

Kimi no Na wa sendiri mengisahkan dua anak SMA, Mitsuha (Mone Kamishiraishi) yang tinggal di daerah pegunungan bernama Itomori dan Taki (Ryunosuke Kamiki) yang hidup di Tokyo. Pada suatu hari keduanya secara misterius bertukar kehidupan satu sama lain saat sedang tertidur. Sempat syok dengan kejadian aneh tersebut, keduanya pun mulai membuat catatan yang berisi peraturan saat sedang bertukar jiwa.

Setelah tak lagi bertukar jiwa, Taki mulai khawatir dengan keadaan Mitsuha dan berusaha mencarinya. Dalam pencariannya tersebut dia menemukan fakta yang tidak ia duga sebelumnya.

Film ini menyajikan visualisasi animasi dengan komposisi 3D yang terasa amat nyata dan indah. Kamu bisa menyaksikannya saat ini melalui platform Amazon Prime Video.

Prognosis

Prognosis dok FFI
Berikutnya ada film Prognosis yang bisa membawamu menyelami kembali makna keluarga. Film berdurasi 10 menit 25 detik ini merupakan karya sutradara Ryan Adriandhy. Meski dibuat tanpa kata, Prognosis berhasil memenangkan FFI kategori Animasi Pendek Terbaik pada 2020 lalu.

Prognosis diawali dengan cerita seorang anak laki-laki yang tak sengaja menemukan robot saat mencari barang bekas di sungai. Ternyata robot tersebut diam-diam bisa merekam segala ekspresi yang dilihatnya. Sang anak pun antusias menunjukkan barang temuannya kepada ayahnya. Namun, pengabaian yang justru ia dapatkan.

Sikap dingin tersebut rupanya timbul akibat rasa kehilangan terhadap istrinya yang telah meninggal dunia. Mendapati perlakukan dingin, bocah kecil itu merobek gambar sang ayah di foto keluarga. Hingga kemudian saat dia tertidur, robot itu bergerak dan tak sengaja dilihat ayahnya. Kejadian tak terduga pun terjadi berikutnya. Penasaran dengan akhir kisah keluarga ini? Kamu bisa menyaksikan selengkapnya melalui layanan streaming Bioskop Online.

Coco

Coco dok Imdb
Selanjutnya, kamu bisa menyaksikan karya kolaborasi Disney dan Pixar lainnya berjudul Coco. Film yang dirilis pada 2017 lalu itu sukses mendapatkan penghargaan sebagai film animasi terbaik di ajang Oscar 2018 dan juga Golden Globe Award for Best Animated Feature Film 2018.

Coco menceritakan perjalanan seorang anak di pedesaan Meksiko bernama Miguel dalam mengejar mimpinya di dunia musik. Namun, minatnya yang besar untuk bermusik teradang keluarganya yang sangat membenci musik. Sebab musik dipercaya sebagai sebuah kutukan.

Keinginan kuat bermusik Miguel sendiri terinspirasi dari penyanyi legendaris yang merupakan idolanya, yaitu Ernesto de la Crus. Ia pun kemudian menemukan kemiripan antara dirinya dengan sang idola dan lantas meniru de la Crus. Namun, ketika tengah meniru, tanpa sengaja Miguel justru terjebak di Tanah Kematian.

Penasaran dengan kisah Miguel selanjutnya? Kamu bisa menyaksikannya di platform Disney Plus Hotstar.

Si Juki The Movie

Poster Si Juki The Movie dok Wikipedia
Rekomendasi berikutnya, kamu bisa menonton karya anak bangsa, "Si Juki The Movie". Film produksi Kumata Studio ini dirilis pada 2017 lalu. Si Juki The Movie terbilang salah satu film animasi tersukses Indonesia karena berhasil menyabet Piala Citra 2018 dari kategori Film Animasi Terbaik.

Film ini sendiri menceritakan kisah Juki yang merupakan selebriti yang dicintai banyak masyarakat. Namun, dia mulai bosan karena kehidupannya sebagai selebriti karena banyak diatur. Hingga akhirnya Juki membuat kesalahan sehingga membuat dirinya berbalik dibenci publik.

Di tengah kariernya yang meredup, Juki terlibat dalam misi penyelamatan Indonesia dari jatuhnya meteor raksasa bersama para ilmuwan. Jika berhasil menjalankan misi tersebut, peluang Juki untuk mendapatkan hati masyarakat kembali akan terbuka. Nah, bagaimana akhir dari misi Juki? Kamu bisa menontonnya secara lengkap melalui layanan streaming Disney Plus Hotstar.
Itulah rekomendasi film animasi yang bisa kamu saksikan untuk mengisi akhir pekan. Kira-kira cerita manakah yang bakal jadi favoritmu?
Empty space, drag to resize

Kelas

Created with