Contoh Iklan Unik yang Memorable

Dec 18 / Erlin Dyah Pratiwi
Kenapa kamu sangat loyal dengan brand pilihan kamu? Dari kebutuhan sehari-hari sampai barang elektronik.

Tentu saja, keputusanmu dalam menggunakan brand-brand itu tidak muncul begitu saja. Bisa jadi, keputusanmu itu dipengaruhi oleh rekomendasi seorang teman atau influencer di sosial media. Bisa juga, itu merupakan keputusan alam bawah sadar karena sudah menerima berbagai contoh iklan unik di media massa yang berhasil meyakinkanmu.

Preferensi ini salah satunya dipengaruhi oleh campaign brand tersebut yang biasanya dibuat dengan dengan format cetak dan digital, di berbagai channel, di billboard jalan, TV, bioskop atau internet.

Semakin menarik iklan tersebut, semakin kamu akan mengingatnya.

Hingga misalnya saat kamu pergi ke supermarket dan dihadapkan pada beberapa pilihan brand untuk produk yang sama, kamu akan teringat dengan iklan itu sehingga bisa memilih salah satunya.

Jadi, apa saja contoh iklan unik dan memorable? Berikut ulasannya:

1. Indomie - Indomie Seleraku

Sumber: hipwee.com
Sebelum ada Indomie, ada Super Mie yang dikenal sebagai mie instan pertama di Indonesia.

Walau akhirnya Super Mie dan Indomie berasal dari pabrikan yang sama, namun Indomie berhasil menjadi top of mind untuk mie instan, dan nggak hanya di Indonesia.

Keberhasilan Indomie sebagai top of mind brand mie instan ini tak terlepas dari suksesnya campaign mereka lewat jingle lagu + tagline “Indomie Seleraku”. Jingle lagu yang diciptakan oleh A. Riyanto sekitar tahun 1980-an ini sukses mencuri hati masyarakat Indonesia sehingga sampai saat ini terus diingat.

Secara umum, jingle adalah musik yang memuat lirik dan biasanya digunakan untuk kepentingan iklan. Jingle dinilai lebih menghibur dan informasi yang terkandung di dalamnya mudah diterima, cepat diserap dan mudah diingat.

Seperti lirik jingle Indomie berikut ini:

“Dari Sabang sampai Merauke
dari Timor sampai ke Talaud
Indonesia tanah airku
Indomie seleraku”

Kampanye Indomie ini dianggap sangat kental dengan unsur nasionalisme dengan menyebutkan daerah paling ujung di kawasan nusantara dan menjadikan Indomie sebagai pemersatu lewat selera yang sama.

2. NIKE - Just Do It

Sumber: campaignlive.co.uk
Campaign Just Do It dari NIKE merupakan salah satu contoh iklan unik dan memorable.Just Do It pertama kali tayang pada sebuah iklah televisi tahun 1988. Iklan tersebut menggambarkan xxx dengan menggunakan figur seorang atlet lari berusia 80 tahun bernama Walt Stack. Wieden & Kennedy adalah biro iklan yang menciptakan tagline tersebut. xxx

Ketika kamu melihat tulisan NIKE atau logo checklist, ungkapan Just Do It akan langsung terlintas.

Apa yang membuatnya sangat berhasil?

Tidak seperti brand lainnya yang memberikan highlight pada produknya, iklan tersebut justru fokus pada profil atlet serta semangat mereka untuk melakukan sesuatu yang relate dengan semboyan Just Do It.Hingga saat ini pun, NIKE seringkali menggunakan figur atlet terkenal seperti Michael Jordan, Lebron James, dan Serena William dalam iklannya. Kenapa?

Iklan tersebut seolah mengandung kata-kata motivasi bagi siapa saja: “Jangan tunda. Kerjakan sekarang.” Dan
xxx

3. Teh Botol Sosro - Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro

Sumber:youtobe.com
Siapa yang tidak kenal Teh Botol Sosro? Mungkin hampir semua orang pernah mencicipi produk brand ini. Selain karena sudah ada selama puluhan tahun, produk ini juga bisa dengan mudah kamu temukan di warung pinggir jalan, supermarket, maupun mall.

Teh Botol Sosro mulai diproduksi oleh PT Sinar Sosro sejak tahun 1969. Minuman dalam kemasan asli Indonesia ini merupakan salah satu market leader minuman teh instan di Indonesia. Dalam sebuah survey yang dilakukan oleh Majalah SWA, Teh Botol Sosro bahkan lebih disukai daripada Coca-Cola oleh masyarakat Indonesia.

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar brand Teh Botol Sosro? Tentu saja tagline “Apapun Makannya, Minumnya Teh Botol Sosro”. Teh Botol Sosro pertama kali menggunakan tagline tersebut untuk sebuah iklan di tahun 2000. Setelah lebih dari dua dekade, tagline tersebut masih sangat diingat oleh masyarakat Indonesia. Keberhasilan iklan ini tentunya tak terlepas dari konsep yang coba disampaikan, bahwa kita bisa bebas makan apapun, tapi saat ingin minum, kita harus minum Teh Botol Sosro.