Cek di Sini, 5 Pameran Seni di Yogyakarta yang Berbarengan dengan ArtJog

Jul 12 / Sarita Laras
Sumber:freepik.com
Selain dikenal sebagai Kota Pendidikan, Yogyakarta juga merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Yogyakarta memiliki daya tarik wisata termasuk berbagai pergelaran seni pun banyak digelar di kota ini. Salah satu yang terbesar adalah ArtJog, sebuah pameran seni kontemporer tahunan.

Pada 2022 ini, ArtJog rencananya akan diselenggarakan pada 7 Juli hingga 4 September 2022 di Jogja National Museum (JNM). Berbagai karya dari seniman dari dalam dan luar negeri siap meramaikan ArtJog. Oleh karena itu, jika kamu sedang berancang-ancang untuk berlibur ke Yogyakarta, tidak ada salahnya untuk mengambil waktu yang bersamaan dengan ArtJog.

Di samping itu, kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan pameran seni lainnya. Apa saja? Berikut ini daftar lengkapnya.

Sumonar Fest 2022

Sumonar Fest merupakan salah satu festival seni cahaya yang bergengsi di Asia Tenggara. Gelaran ini menampilkan karya-karya seniman dari dalam dan luar negeri.

Pada gelaran sebelumnya, wisatawan dihibur dengan pameran seni cahaya yang diproyeksikan di fasad gedung-gedung bersejarah di bangunan bersejarah di Yogyakarta. Salah satunya adalah di Kantor Pos Besar yang menjadi kanvas  karya visual seniman.

Mengacu kepada Calender Event of Jogja dari Dinas Pariwisata setempat, Sumonar Fest 2022 akan diselenggarakan pada Juli mendatang.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi Komunitas Kawasan Nol Kilometer di nomor 081280510416 atau melalui Instagram
@sumonarfest.

Pameran Tunggal Entang Wiharso di Tirtodipuran Link

Pelukis kondang, Entang Wiharso, akan menggelar pameran tunggal di  Tirtodipuran Link pada 9 Juli hingga 4 September 2022 mendatang. Bekerja sama dengan Srisasanti Gallery, ia menampilkan karya bertema “Double Horizon.” Karya ini mengungkap bagaimana Entang telah berunding dengan berbagai sudut pandang bertentangan dari interaksi pribadi dan dunia dalam rentang waktu 1998 sampai dengan 2022. Entang merupakan seniman multidisipliner yang dikenal menanggapi berbagai persoalan universal melalui investigasi ideologi, identitas, dan filosofi.

Untuk kamu yang penasaran dengan pameran ini, bisa langsung mengunjungi Instagram Srisasanti Gallery di
@srisasantigallery.

Pameran “Offbeat” di Gajah Gallery

Mulai 6 Juli hingga 6 Agustus mendatang, Gajah Gallery Yogyakarta, akan menggelar pameran seni perdana pada 2022 bertajuk “Offbeat.” Pameran seni kontemporer ini menampilkan berbagai karya seni dari seniman-seniman muda Tanah Air. Para seniman tersebut mencoba untuk keluar dari jalur atau metode konvensional dan menginisiasi karya seni yang baru dan unik.

Dalam pameran ini, juga akan dilangsungkan beberapa kegiatan yang bisa menambah wawasan para pengunjung, salah satunya adalah tur kurator.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi Instagram Gajah Gallery di
@gajahgallery.

Pameran Nyoman Erawan di Sangkring Art Project

Mendekati Art Jog, kamu juga bisa menyaksikan pameran dari seniman Nyoman Erawan di Sangkring Art Space. Pameran yang akan dimulai pada 5 Juli 2022 itu menampilkan instalasi art wall bertajuk "Kidung Tangise Bumi." Instalasi ini akan ditempatkan di kawasan outdoor Sangkring Art Space.

Sebagai informasi, Nyoman Erawan sendiri adalah seniman Bali yang aktif berkarya di Yogyakarta. Ia menghasilkan karya yang merupakan refleksi penjiwaan terhadap berbagai situasi kehidupan yang dia alami.

Informasi lebih lengkap mengenai pameran ini, bisa kamu dapatkan di
@sangkringart.

WARTA Exhibition #2 di Jogja Gallery

Pagelaran seni berikutnya adalah WARTA #2 yang diselenggarakan mulai 6-19 Juli 2022 mendatang. WARTA #2 akan digelar di Jogja Gallery dan bisa dikunjungi setiap harinya pada 10.00-18.00 WIB. WARTA #2 berupaya memberikan kabar, berita, dan beragam informasi mengenai bagaimana seniman melihat dunia melalui kacamata mereka. Pameran seni rupa ini diikuti oleh 48 seniman dengan menampilkan 60 karya 2 dimensi, 4 karya 3 dimensi, dan 1 karya video art.

Sebelum berkunjung, kamu perlu reservasi di
bit.ly/ReservasiWARTA2022. Informasi selanjutnya dapat kamu peroleh melalui Instagram @jogja_gallery.
Demikian lima pergelaran seni yang bertepatan dengan ArtJog yang bisa kamu saksikan. Jangan sampai terlewat dan dapatkan berbagai pengalaman menarik di sana.
Empty space, drag to resize

Artikel Terbaru