Cara Meningkatkan Produktivitas Sehari-Hari

Jan 15 / Erlin Dyah Pratiwi
Seringkali kita mengira bahwa produktif sama dengan sibuk.

Padahal keduanya jelas berbeda. Produktif berarti melakukan segala sesuatu berdasarkan tujuan secara efektif dan efisien. Sementara sibuk, cenderung melakukan segala sesuatu dengan cepat atau terburu-buru dan cenderung membuat lelah. Sederhananya, produktif bisa dikatakan kerja cerdas, sedangkan sibuk bisa diartikan sebagai kerja keras.

Apakah kamu merasa kurang produktif akhir-akhir ini? Kalau iya, kamu wajib menyimak ulasan tentang cara meningkatkan produktivitas ini ya!

1. Berhenti Multitasking

Mengerjakan beberapa hal dalam waktu yang bersamaan disebut multitasking. Meski terkesan efektif, sebenarnya multitasking sangat tidak disarankan kalau kamu mau lebih produktif.

Cobalah untuk fokus pada satu hal yang ingin dikerjakan dalam satu waktu. Begitu satu pekerjaan selesai, kemudian kamu bisa mengerjakan hal lainnya. Dengan fokus hanya mengerjakan satu pekerjaan hingga selesai, waktumu juga akan lebih efektif dan efisien karena pekerjaanmu jadi lebih cepat selesai.

2. Jangan Lupa Istirahat Sebentar

Terlalu fokus pada banyaknya hal yang harus kita kerjakan dalam satu hari bisa saja membuat kamu merasa tidak termotivasi. Kemungkinan terburuknya, kamu juga bisa saja malah merasa malas mengerjakannya. Tapi, melakukan berbagai hal tanpa istirahat juga tidak baik lho! Untuk itu, kamu perlu mencoba Teknik Pomodoro.

Teknik Pomodoro merupakan strategi manajemen waktu agar kamu bisa lebih fokus terhadap apa yang dikerjakan selama beberapa periode dengan diselingi waktu istirahat. Caranya: fokus melakukan satu hal selama 25 menit, kemudian beristirahat selama 5 menit. Ulangi hingga 4 kali.

Setelah itu, istirahat 15-30 menit. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa cepat lelah meskipun telah mengerjakan banyak hal.

3. Pecah Tujuan Besar jadi Tujuan Kecil

Tujuan yang terlalu besar seringkali membuat kita pusing duluan, sehingga terasa susah untuk diselesaikan. Untuk itu, coba pecah tujuan besar menjadi tujuan-tujuan kecil setiap harinya.

Dengan membaginya menjadi tujuan kecil, kamu akan merasa lebih percaya diri untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan tersebut. Pekerjaan yang kamu lakukan juga akan lebih sistematis dan bisa dilakukan secara realistis.

Kamu harus menyelesaikan materi presentasi untuk besok?

Cobalah buat ide secara garis besar lebih dulu. Lalu tambahkan poin-poin yang ingin disampaikan.

Di 25 menit pertama, kamu bisa membuat konsep latar belakangnya. Setelah istirahat 5 menit, di 25 menit kedua kamu bisa membuat tentang teorinya. Dalam 25 menit selanjutnya, kamu bisa menjabarkan masalahnya. Kemudian di 25 menit terakhir, kamu bisa menyarankan solusinya.

Cara meningkatkan produktivitas ini sangat efektif dan efisien.

4. Buat Skala Prioritas

Ketika ada banyak hal yang harus kamu kerjakan, apa yang membuatmu memutuskan pekerjaan mana yang harus dikerjakan lebih dulu?

Yes! Membuat skala prioritas bisa menyelamatkanmu.

Skala prioritas adalah membuat urutan hal-hal yang harus kamu kerjakan, mulai dari hal yang paling penting dan harus segera diselesaikan hingga ke hal-hal yang kurang penting dan tidak harus segera diselesaikan.

Sebelum membuat skala prioritas, kamu harus paham tentang urgensi setiap pekerjaan. Apakah pekerjaan itu harus selesai di siang hari sebelum waktu makan siang? Atau hal itu boleh diselesaikan di sore hari sebelum petang?

Dengan membuat skala prioritas, hal-hal yang harus kamu lakukan akan lebih sistematis dan teratur.

5. Meminimalisir Interupsi

Saat sedang sibuk-sibuknya, tiba-tiba ada notifikasi yang muncul dari salah satu media sosial di handphone kamu. Otomatis kamu pun mengambil handphone dan membacanya. Terdengar familiar?

Banyak sekali hal-hal yang bisa mendistraksi di sekitar kita. Menghindarinya secara langsung memang bukan perkara yang mudah. Untuk itu, kamu perlu membuat aturan untuk mencegah interupsi-interupsi tersebut.

Kamu ingin meminimalisir interupsi ketika sedang WFH?

Praktikan Teknik Pomodoro. Saat ingin mengerjakan hal-hal penting yang butuh fokus maksimal, coba untuk menjawab pesan di handphone di masa istirahat 5 menit atau 30 menit kamu.

Itulah cara meningkatkan produktivitas sehari-hari yang bisa kamu coba. Mulailah secara perlahan-lahan dan pastikan kamu bisa konsisten. Dengan menjalankan semua hal tersebut, produktivitas kamu pun akan lebih meningkat.

Selamat mencoba!