Cara Mengenali Potensi Diri dan Kiat Mengembangkannya

Nov 8 / Sarita Laras
Sumber:freepik.com
Setiap manusia pada dasarnya dikarunia potensi diri yang tak terhingga. Sayangnya, tidak kesemuanya mengenali bahwa mereka memiliki potensi yang luar biasa. Hal itu bisa jadi karena mereka hanya menunggu dan tidak melakukan usaha yang konkret. Sebab, potensi bukanlah hal yang muncul jika hanya ditunggu, melainkan akan keluar ketika seseorang terus mengembangkannya.

Meski begitu, kamu tidak harus mengikuti jejak orang sukses yang menurutmu cukup ekstrem karena potensi setiap orang tidaklah sama. Kamu mungkin bisa menempuh jalan lain seiring dengan potensi yang perlahan mulai kamu kenali. Kuncinya, cobalah memahami potensimu alih-alih memaksakan sesuatu pada dirimu hanya karena seseorang yang kamu kenal berhasil melakukannya.

Di samping itu, merujuk kepada buku “Big Potential” karya Shawn Achor, seorang profesor di Harvard University, menunjukkan bahwa potensi seseorang tidak dibatasi oleh apa yang dapat mereka capai seorang diri. Maksudnya, potensimu akan terus tergali ketika kamu melengkapi, berkontribusi, dan mendapat manfaat dari kemampuan dan pencapaian orang-orang di sekitarmu.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Achor, ketika kamu sebagai individu hanya mengejar pencapaian diri sendiri, kamu sama dengan meninggalkan sumber potensi sangat besar yang belum dimanfaatkan. Namun, saat kamu turut membuat orang lain menjadi  lebih baik, kamu telah menyalakan “Siklus Sukses” yang dapat memperkuat kesuksesanmu sendiri.

Nah, untuk lebih detailnya, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut untuk mengenali dan mengembangkan potensi diri yang kamu miliki.

Dengarkan Suara Hatimu

Pada langkah ini kamu tidak sedang mencari potensi yang dimiliki, tapi hanya mencari apa yang benar-benar diinginkan dalam hidup. Jadi, yang terbaik adalah bekerja untuk hal-hal yang kamu inginkan sehingga kamu menikmati prosesnya. Buatlah daftar keinginan yang kamu inginkan dan kemudian pilihlah hal yang realistis.

Penting untuk mendengarkan suara hatimu untuk mengenali potensi yang kamu miliki. Sebab, dari hal yang kamu senangi itulah potensi biasanya akan tergali dengan baik. Jangan melakukan hal hanya untuk bertujuan meningkatkan citra di masyarakat, mencari banyak uang semata, dan lain sebagainya. Ingatlah bahwa kepuasan dirimu adalah prioritas utama.

Cobalah untuk Bereksperimen

Setelah tahu apa yang kamu sukai, saatnya memulai langkah konkret untuk menemukan letak potensimu yang sebenarnya. Ini layaknya sebuah eksperimen yang kamu lakukan untuk menemukan pekerjaan atau hal lain yang paling tepat buatmu.

Sebagai contoh, ketika kamu sudah menetapkan hal-hal yang kamu sukai, kamu menggarisbawahi ada dua pilihan besar yang cukup membingungkan. Saat itu, cobalah lakukan keduanya secara simultan atau bergantian secara konsisten. dari situ kamu akan menyadari mana yang membawa dampak positif dan mana yang kurang atau sama sekali tidak berdampak.

Definisikan Tujuanmu

Mendefinisikan tujuan akan membantumu tetap berada di jalur yang benar dalam upaya memahami potensi diri. Pada titik ini, kamu sudah tahu rute mana yang harus kamu tempuh. Dalam rute tersebut kamu perlu menambahkan berbagai langkah untuk proses apa yang perlu dilakukan selanjutnya.

Dengan setiap tujuan yang kamu miliki, kamu juga perlu untuk menimbang alasan di baliknya. Misalnya, kamu ingin bergabung ke kelas ilustrasi untuk mengenali ciri khasmu sehingga di kemudian hari kamu dapat menjadi ilustrator terkenal dengan artstyle yang unik.

Tetapkan Milestones

Salah satu kesalahan yang jamak dilakukan kebanyakan orang adalah langsung mengincar harapan atau tujuan yang tinggi sejak awal. Mereka menetapkan pikiran mereka pada hal-hal besar dan langsung melakukannya. Padahal, sejatinya diperlukan sebuah milestone atau titik-titik pencapaian untuk mendaki sebuah kesuksesan. Jadikan titik ini sebagai langkah-langkah kecil yang membawamu ke tujuanmu.

Dengan menetapkan milestone mungkin akan memperpanjang jangka waktu perjalananmu menuju puncak kesuksesan. Namun, ini akan meningkatkan kemungkinan mendapatkan hasil yang sesuai dan mendapatkan rintangan seminimal mungkin. Kamu pun bisa bersemangat dalam menjalankannya karena merasa tidak akan terbebani dengan tujuan yang terlampau besar.

Terima Kegagalan dan Jangan Lupa Rayakan Kesuksesan

Dalam melalui proses panjang ini, ingatlah bahwa kegagalan adalah bagian dari setiap kisah sukses. Tak masalah jika kamu tak langsung berhasil. Sebab kegagalan adalah pertanda bahwa kamu perlu belajar lebih banyak terlebih dahulu guna membantumu bergerak melampaui batas.

Nah di samping itu, saat kesuksesan perlahan datang menyapa, jangan lupa untuk senantiasa bersyukur dan merayakan keberhasilanmu. Setiap kali kamu mencapai titik-titik dari milestones yang kamu buat, tak ada salahnya untuk mengapresiasi diri sendiri. Hal itu bisa membuatmu segar kembali dan menjaga semangatmu terus berkobar.
Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengenali dan mengambangkan potensi yang kamu miliki. Potensi pribadi sejatinya adalah tentang kerja keras dan strategi. Untuk menemukannya, membutuhkan kemauan yang kuat, kesabaran, dan langkah kecil ke arah yang benar.Large text.
Empty space, drag to resize

Kelas

Created with