Cara Mencoba Hal Baru dalam Hidup

Jan 11 / Erlin Dyah Pratiwi
Berbagai rutinitas yang kamu lakukan setiap hari kadang bisa menjadi pemicu rasa bosan. Mulai dari bangun tidur, pergi bekerja, pulang ke rumah, tidur, kemudian siklus yang sama berulang lagi. Apakah kamu mulai bosan dengan pekerjaanmu padahal kamu merasa sudah mendapatkan pekerjaan yang tepat?

Nah, ini tandanya kamu perlu penyegaran dalam hidupmu. Cobalah untuk berubah dengan cara mencoba hal baru!

Kenapa harus mencoba hal baru?

Mencoba hal baru di luar kebiasaan sehari-hari bisa memberikan banyak manfaat untuk dirimu sendiri. Dengan mencoba hal baru, berarti kamu sedang berproses untuk maju satu langkah kedepan menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan kata lain, kamu sedang meningkatkan kualitas dan value diri.
Katakanlah kamu berprofesi sebagai seorang desainer grafis. Jangan batasi dirimu pada hal-hal yang berhubungan tentang desain saja. Coba pelajari cara membuat konten yang bagus di media sosial atau bagaimana teknik copywriting yang bagus. Mungkin kemudian kamu jadi tahu cara membuat konten yang bagus, pengetahuan dan skill kamu pun akan bertambah.

Mencoba hal baru tidak harus selalu tentang hal-hal besar. Aktivitas yang sederhana pun bisa dibilang melakukan hal baru. Misalnya sekali-kali kerja di kafe sekitar rumah. Suasana yang berbeda, bisa meningkatkan mood-mu dalam bekerja. Coba deh!

Apa Manfaat Mencoba Hal Baru?

1. Melatih Mental untuk Siap Menerima Berbagai Tantangan

Ketika akan melakukan suatu hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya, perasaan kamu pasti akan sangat bersemangat sekaligus merasa tertantang. Perasaan ini akan menyebabkan suasana hati menjadi lebih dinamis dan tidak monoton. Setelah melakukan hal baru tersebut, perasaan kamu pun jadi lebih fresh dan lama-kelamaan rasa bosan akan perlahan menghilang.

Kalau kamu terbiasa mencoba hal baru, mentalmu juga akan terbiasa menerima perubahan serta tantangan. Dengan begitu, jika di masa depan kamu mendapatkan tantangan dalam karir misalnya, mentalmu tidak akan kaget lagi. Kamu jadi lebih tenang karena mentalmu sudah terbiasa menerima tantangan.

2. Memperluas Networking

Dengan mencoba hal baru, jaringan pertemanan kamu pun akan semakin luas. Di satu titik mungkin kamu akan tertarik untuk join sebuah komunitas untuk mengasah hal-hal baru tadi. Di komunitas itu kamu akan bertemu dengan banyak orang yang sebelumnya belum kamu kenal. Kamu pun akan bekerja sama dengan banyak pihak dan mulai bertukar cerita tentang pengalaman hingga latar belakang mereka. 

3. Meningkatkan Kreativitas

Mencoba hal-hal baru juga terbukti bisa meningkatkan kreativitasmu. Saat mencoba hal baru, kamu akan berada di dalam kondisi atau situasi yang baru. Situasi itu akan memaksa otakmu untuk memahami keadaan yang terjadi secara cepat, kemudian berpikir tentang bagaimana caranya menangani situasi itu, dan mengembangkan keterampilan baru. Dengan begitu, kamu juga melatih otakmu untuk bisa berpikir secara kreatif ketika mencoba hal baru.

Bagaimana Cara Mencoba Hal Baru?

Biasanya kita hanya spontan mencoba hal baru. Padahal, ada cara memulainya lho. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pahami Hal Baru yang Ingin Dicoba

Sebelum mulai, pahami dulu apa hal yang benar-benar ingin kamu coba.
Tuliskan hal-hal tadi dan alasan dibaliknya serta tujuan kamu mencoba hal tersebut. Kamu akan mendapatkan gambaran perencanaan yang lebih jelas tentang hal baru yang akan kamu lakukan.

Ketika di tengah jalan kamu mulai kehilangan motivasi, membaca tulisan itu akan membuatmu bersemangat kembali.

2. Atur Jadi prioritas

Saat sudah menentukan hal baru yang ingin kamu lakukan, kamu harus berkomitmen untuk melakukannya.

Banyak orang yang ingin melakukan suatu hal, tapi akhirnya hanya berujung wacana karena mereka tidak benar-benar berkomitmen untuk itu. Buat perencanaan dan memasukkannya ke dalam prioritasmu. Kamu akan lebih berkomitmen untuk meluangkan waktumu sehingga hal baru itu bisa benar-benar terealisasi.

3. Mulai dengan Hal yang Sederhana

Kalau hal baru yang ingin kamu lakukan adalah yang besar, fokuslah untuk memilah-milahnya menjadi hal-hal yang kecil. Kamu akan lebih mudah untuk melakukannya dan bisa mengukur keberhasilannya.
Selain itu, jangan terlalu fokus untuk melakukan segala sesuatunya dengan sempurna. Ini adalah hal baru yang baru sekali kamu lakukan, wajar kalau tidak sempurna bukan?

4. Yang Penting Mulai Dulu, Nanti Bisa Diperbaiki

Wajar kalau kamu merasa takut gagal atau was-was ketika akan memulai hal baru. Tapi jangan jadikan hal itu menguasai dirimu lalu menghambat proses.- There’s always the first time for everything. Bukankah semua ahli dulunya juga pernah menjadi seorang amatir?

Bagaimana kalau kamu coba hal-hal berikut ini:
belajar teknik copywriting, belajar melukis, mencoba bercocok tanam, atau mungkin belajar merajut.

Cara mencoba hal baru tidak sesulit yang kamu bayangkan, bukan?

Selamat mencoba!