Cara Membuat Action Figure Secara Mandiri

Oct 19 / Sarita Laras
Sumber:creativefabrica.com
Action figure adalah salah satu mainan yang digemari dari berbagai kalangan usia. Mainan ini berbentuk miniatur super hero atau karakter lainnya yang dibuat dalam beragam pose. Karakter-karakter tersebut yang diambil biasanya dari tokoh film, anime, komik, video game, dan lain sebagainya.

Dalam perkembangannya, action figure selama ini seringkali digolongkan sebagai mainan kategori mahal. Hal itu tak lain karena kualitas detail dan material pembuatan yang cenderung lebih tinggi ketimbang mainan lainnya. Selain itu, eksklusivitas produk juga membuat harga action figure melambung tinggi.

Nah, tak usah khawatir dengan harga action figure. Sebab kamu pun bisa membuatnya secara mandiri. Jika umumnya mainan tersebut terbuat dari resin, ABS, maupun PVC, kamu bisa membuatnya dengan material lain yang lebih ramah di kantong. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Simak tipsnya berikut.

Siapkan Desain Karakter

Desain Action Figure dok Clayclaim
Langkah pertama, tentukan karakter yang akan kamu kreasikan, apakah itu karakter yang telah ada atau tokoh baru. Setelah itu kamu bisa memulai mendesain karakter action figure-mu. Di sinilah kamu akan memvisualisasi karakter yang akan kamu buat. Nah, jika itu merupakan tokoh baru, jangan lupa untuk melengkapi informasi mengenai bentuk tubuh, pose, ekspresi, dan tema pakaian. Selain itu, aspek psikologis seperti sifat dan karakter juga diperlukan. Misalnya apakah tokoh yang kamu ciptakan merupakan protagonis, antagonis, atau yang lainnya.

Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

Bahan Clay dok Clayclaim
Untuk membuat prototipe figure secara mandiri kamu bisa menggunakan material, seperti kawat aluminium, lempung atau modelling clay, dan berbagai alat pahat. Bahan tambahan semisal rayon dan nilon, dapat digunakan untuk komponen pakaian termasuk setelan tubuh, jubah, dan masker wajah. Di samping itu, jangan lupa menyiapkan cat akrilik berbagai warna untuk memberikan warna pada action figure-mu.

Buat Kerangka

Kerangka Actoin Figure dok Clayclaim
Bahan dan desain telah siap, saatnya membuat kerangka dari action figure-mu. Kerangka dibutuhkan supaya susunan clay-mu dapat berdiri tegak. Kerangka ini juga yang akan mengarahkan bagaimana pose mainanmu. Bagaimana cara membuatnya?

Pertama siapkan sketsa yang telah kamu desain sebelumnya di selembar kertas. Kemudian, siapkan satu kawat aluminium untuk kamu sesuaikan bentuknya dengan desain. Samakan bentuknya mulai dari bagian kepala hingga kaki.

Nah supaya kerangka tersebut bisa lebih kokoh, pelintir atau putar kawat menggunakan tang penjepit. Jika ada kawat yang berlebih, jangan lupa dipotong.

Menempel Clay

Menempel Clay dok Clayclaim
Setelah berhasil membuat kerangka kawat yang cukup kuat, kamu bisa mulai menempel clay untuk membentuk karakter yang kamu inginkan. Langkah pertama, siapkan gumpalan clay dan potong menjadi beberapa bagian yang lebih tipis supaya lebih mudah ditempel. Selanjutnya, tempel clay ke kerangka kawat dengan mengikuti desain yang telah kamu buat.

Untuk membentuk detail-detail di tubuh action figure, kamu bisa menggunakan bantuan alat ukir. Setelah terbentuk kamu bisa mulai mewarnai mainanmu dengan cat akrilik. Ikuti pilihan warna yang telah kamu desain sebelumnya. Jangan lupa siapkan kuas dalam berbagai ukuran agar mampu mewarnai setiap detail yang berbeda bentuk dan besarannya.
Nah, cukup mudah bukan cara membuat action figure secara mandiri? Namun, jangan ketika sudah rampung, jangan lupa mengecek kualitas mainanmu. Apakah sudah cukup kuat untuk berdiri atau kamu merasakan ada bagian yang masih goyah.

Di samping itu, selain menggunakan clay, kamu juga dapat mengkreasikan mainan figure dari bahan tanah liat, kardus, kertas, dan lain sebagainya. Siap untuk mencoba?
Empty space, drag to resize

Kelas

Created with