Berani Mengeksplorasi Kemampuan dan Ciri Khasmu Lebih Jauh Lagi

Nov 3 / Sarita Laras
Sumber:123rf.com
Memiliki ciri khas adalah hal yang wajib bagi seorang pekerja kreatif. Sebab itulah yang membedakan karya mereka dengan pekerja lainnya. Ciri khas hadir memberikan keunikan pada sebuah karya yang biasanya berhubungan dengan kepribadian ataupun kreativitas seseorang.

Namun dalam praktiknya, menemukan ciri khas bukanlah perkara mudah. Sebagian dari mereka yang telah bergelut dengan dunia kreatif mengaku sempat kesulitan menemukan "jati diri" tersebut. Kadang, karya yang dibuat justru mirip dengan gaya orang lain dan alhasil menjadi beban untuk melangkah lebih jauh.

Meski begitu, itu semua bukan tanpa solusi. Kuncinya adalah mulai berani mengeksplorasi lebih jauh soal preferensi dan kemampuan untuk bisa menemukan sebuah ciri khas. Soal preferensi ini biasanya berkaitan dengan kepribadian atau hal yang disukai. Bagaimana cara menemukannya?

Eksplorasi Berbagai Gaya

Pertama, kamu bisa mengeksplorasi berbagai gaya dari bidang yang tengah kamu tekuni. Misalnya, jika kamu merupakan seorang pelukis atau ilustrator, cobalah untuk menemukan berbagai gaya di galeri seni, museum, buku, atau sekadar dengan menjelajahi internet. Lihatlah bagaimana karya tersebut dapat memikatmu dari komposisi, warna, dan garis yang dimiliki.

Selain itu, jika kamu tertarik dalam dunia penulisan, kamu bisa menemukan gaya dengan rajin membaca banyak hal, seperti buku, surat kabar, majalah, dan lain sebagainya. Temukan berbagai referensi bagaimana seseorang memulai, mengembangkan, hingga mengakhiri tulisan. Ingatlah kuncinya, bahwa seorang penulis yang baik adalah pembaca yang baik.

Fokus kepada Sosok yang Kamu Kagumi

Setelah menjelajahi berbagai gaya, pilih tokoh dengan gaya unik yang sangat kamu sukai untuk menjadi role model. Cobalah mengobservasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang proses kerja mereka, mulai dari menemukan inspirasi hingga metode serta alat pendukung yang mereka gunakan untuk membuat karya baru.

Selanjutnya, kamu bisa langsung mulai mengasah kemampuanmu. Dalam hal ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Kuasai Keterampilan Teknis Dasar

Apapun bidangnya, kamu terlebih dahulu harus menguasai teknik dasarnya. Ini akan menjadi pondasimu dalam berkarya sebelum melangkah lebih jauh menemukan gaya tertentu. Kemampuan dasar misalnya dalam desain atau ilustrasi meliputi komposisi, paduan warna, teknik garis, dan lainnya. Sementara teknik dasar dalam menulis terdiri atas menggali ide, menetapkan angle, menyusun paragraf, editing, dan masih banyak lagi.

Ketahuilah teknik dasar dari bidang yang akan tekuni. Jika ada teknik yang belum benar-benar kamu kuasai, saatnya kamu fokus ke sana dan mempelajarinya lebih jauh.

  • Lakukan Eksperimen dengan Berbagai Teknik

Dalam satu bidang, cobalah untuk bereksperimen dengan berbagai teknik. Hal itu penting dilakukan supaya kamu tidak terjebak pada satu teknik yang akan membuat karyamu monoton. Misalnya dalam menggambar, kamu terlalu nyaman dan terbiasa menggambar fanart sehingga membuatmu enggan mencari hal lain untuk digambar. Maka, cobalah keluar dari zona nyaman itu. Cobalah mempelajari teknik-teknik baru dan padu padankan dengan sumber inspirasi yang kamu punya.

Beberapa pekerja kreatif yang telah meraih kesuksesan pun tidak hanya terpaku pada satu teknik. Mereka terus mengeksplorasi teknik sekaligus media baru untuk menghasilkan karya terbaru yang bisa memukau banyak orang.

  • Tentukan Tema yang Paling Kamu Sukai

Baik musisi, desainer, penulis, maupun sederet pekerjaan kreatif lainnya, membutuhkan satu tema khusus yang akan menjadi ciri khas mereka. Itu akan lebih baik daripada hanya sekadar menjadi generalis. Sebagai contoh, toys artist Paskalis Kunang dikenal dengan produknya yang serba gelap yang merepresentasikan beragam keresahan yang dialami manusia. Contoh lainnya penulis Ayu Utama dan Djenar Maesa Ayu dikenal dengan tulisan-tulisannya yang acapkali mengangkat isu perempuan.

  • Berlatihlah Secara Rutin dan Konsisten

Latihan dengan dedikasi khusus dan konsentrasi penuh memungkinkan kamu bisa meningkatkan kemampuan dengan cukup pesat. Sisihkan waktu ekstra setiap hari untuk duduk dan berlatih dengan serius guna mengembangkan gayamu. Tentukan area yang menjadi kelemahanmu dan teruslah berlatih untuk memperbaikinya. Pastikan kamu berada di lingkungan yang membuatmu merasa nyaman sehingga bisa berlatih sepuasnya.

Di sisi lain, supaya bisa terus konsisten, kamu juga bisa mengikuti komunitas pengembangan diri di bidangmu. Biasanya, jika kamu masuk dalam satu komunitas, akan hadir berbagai motivasi sehingga kamu bisa terus konsisten.

  • Daftar Kelas Khusus

Beberapa pekerjaan kreatif mungkin bisa dipelajari secara autodidak selama bertahun-tahun. Namun, dengan mengikuti kelas khusus itu bisa memberikanmu  pengetahuan dan pengalaman yang tidak kamu ketahui sebelumnya. Kamu akan mengetahui teknik serta cerita dari para pengajar maupun peserta lainnya. Dengan pengetahuan tersebut kamu bisa mengetahui langkah apa saja yang harus dilakukan saat terjun ke suatu bidang. Kamu juga bisa mulai mengantisipasi berbagai tantangan yang akan muncul ke depannya.
Nah, itulah sederet hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengeksplorasi kemampuan dan menemukan ciri khasmu dalam berkarya. Semua langkah tersebut bukanlah hal yang sulit selagi kamu bertekad kuat serta konsisten melakukannya.
Empty space, drag to resize

Kelas

Created with