8 Tips Jitu Memulai Usaha Yang Sukses Dari Nol

Mar 17 / Tim Karena.id
Sumber:unsplash.com
Perjalanan yang besar dimulai dari satu langkah kecil. Begitu kira-kira kata pepatah. Begitu pula dalam berbisnis. Semua orang tentu ingin menjadi pebisnis sukses yang memiliki usaha skala besar dan meraup banyak keuntungan. Namun demikian, semua harus dimulai perlahan-lahan. Bahkan dari nol. Roma tidak selesai dalam satu hari, begitupun usaha yang akan kamu jalani.

Banyak orang yang gentar karena merasa tidak memiliki cukup sumber daya untuk memulai bisnis. Padahal banyak bisnis besar yang benar-benar dimulai dari nol. Dengan kerja keras dan langkah-langkah yang jitu, membangun bisnis yang sukses bukanlah sesuatu yang mustahil. Jika kamu tertarik untuk merintis usaha namun tidak percaya diri, kamu bisa simak tips-tips kunci untuk memulai usaha dari nol berikut.

Tentukan Produk

Ini adalah langkah awal dalam memulai bisnis. Tentukan produk yang ingin kamu jual. Produk ini tidak selalu berbentuk barang, namun bisa juga jasa. kamu bisa melakukan riset untuk menentukan hal ini. Apa produk yang digemari pembeli atau berpotensi disukai target pasar kamu.

Hal terpenting yang harus kamu catat adalah pastikan kamu senang atau memiliki passion di produk ini. kamu harus menguasai dan memiliki pengetahuan yang cukup tentang produk yang kamu jual. Dengan demikian, kamu akan lebih bersemangat dalam menjalani bisnis dan tidak cepat menyerah ketika menemui kesulitan dan rintangan. Pembeli pasti juga akan puas ketika penjual menguasai produk yang ditawarkan.

Susun Rencana Bisnis dengan Baik

Merintis usaha dari nol membutuhkan perencanaan yang matang. Oleh karena itu, kamu perlu menyusun rencana bisnis dengan baik. Dengan menentukan rencana dan visi misi, kamu akan memiliki gambaran dan tujuan dari usaha kamu. Mulai dari target pasar, rencana pemasaran, dan lain sebagainya.

Rencana bisnis dianggap penting dalam memulai bisnis dari nol karena ini bisa membuat kamu fokus dan tetap pada jalur. Ini juga mempermudah proses peminjaman modal dan menilai apakah bisnis kamu memungkinkan untuk dimulai. Selain itu, kamu bisa memperoleh investor yang mau mengembangkan bisnis kamu. Yakinkan ia dengan visi, misi, serta inovasi dalam bisnis kamu agar ia tidak ragu untuk berinvestasi di dalamnya.

Siapkan Modal

Modal adalah salah satu syarat dalam memulai usaha. Siapkan sejumlah uang untuk mendukung awal mula bisnis kamu. Untuk mendapatkan modal dengan harga murah, kamu bisa survey dan membandingkan harga terlebih dahulu dengan menjelajahi banyak tempat.

Tidak perlu membeli barang baru untuk modal usaha. Jika ada barang bekas yang bisa digunakan tidak ada salahnya memanfaatkannya. Misalnya kamu ingin menjual bakso, pilihlah gerobak bekas yang harganya tentu lebih murah. kamu juga bisa menggunakan media sosial yang gratis sebagai sarana promosi.

Jangan berpikir memulai usaha selalu membutuhkan modal yang besar. Mulailah dari usaha kecil-kecilan dulu.

Pikirkan Strategi Bisnis yang Jitu

Untuk menjadi pebisnis kamul, kamu perlu memikirkan strategi bisnis. Ini adalah cara agar usaha kamu bisa menghasilkan keuntungan jangka panjang. Strategi bisnis juga diperlukan dalam memulai bisnis dari nol agar bisnis kamu mampu bertahan di kondisi yang sulit.

Susun strategi bisnis yang cocok untuk memulai usaha kamu. Berpikir kritis, terbuka, fokus, dan berani mengambil risiko adalah sikap yang diperlukan untuk membuat strategi bisnis yang efektif agar selamat dari segala krisis.

Selalu Catat

Saat melakukan hal-hal baru, wajar jika kamu merasa bingung dan terlupa akan satu dua hal. Maka itu kamu harus rajin mencatat. Detail barang, operasional, aktivitas serta tantangan yang kamu hadapi.

Dengan mencatat, kamu dapat melakukan tindakan yang tepat; barang yang terlupa, harus dibeli, dan apa saja yang harus dilakukan. Catatan ini juga sebagai bahan evaluasi untuk bisnis kamu ke depan.

Fokus pada Satu Bisnis Terlebih Dahulu

kamu mungkin berpikir jika memiliki banyak jenis bisnis semakin banyak pula keuntungan yang akan kamu peroleh nantinya. Namun, untuk memulai usaha dari nol, lebih baik fokus dulu terhadap satu bisnis. Ini akan memaksimalkan pikiran agar tidak terpecah dan justru menyebabkan kerugian.

Pastikan usaha yang ini stabil dari segi modal, SDM, dan kebutuhan lainnya. Setelah situ, barulah kamu bisa membuat rencana bisnis selanjutnya.

Perbaiki Kualitas Diri

Jika ingin menjadi pebisnis yang baik, kamu harus terus belajar dan meningkatkan kualitas diri. Sebagai pebisnis, kamu akan melakukan desain produk, penjualan, pemasaran, dan networking untuk mengembangkan bisnis kamu.

kamu dapat membaca buku-buku tentang bisnis, mengikuti workshop, mentoring, seminar, dan lain sebagainya. Sikap terbuka terhadap kritik dan menerima saran orang lain juga hal penting agar usaha yang kamu miliki terus tumbuh dan berkembang.

Tingkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Produk dan layanan adalah elemen penting dalam menjalani bisnis. Terus tingkatkan kualitas produk. kamu dapat membuat kreasi baru dan tentunya inovasi agar pembeli selalu menantikan produk dari kamu.

Pelayanan yang baik juga harus dilakukan agar bisnis kamu tetap langgeng. Customer service yang tanggap, ramah, dan memberikan solusi akan menumbuhkan kepercayaan pada pelanggan kamu.