8 Ciri-ciri Orang Kreatif

Feb 25 / Wahyu Filo

Di tengah munculnya beragam inovasi yang semakin berkembang di zaman yang serba modern seperti saat ini, memiliki jiwa yang kreatif tentu sangatlah diperlukan.

Hal ini terkadang bisa memiliki dampak yang begitu besar. Seperti selalu merasa insecure, minder, dan selalu takut untuk mengutarakan pendapatnya karena merasa bahwa idenya biasa-biasa saja atau bahkan takut dianggap tidak kreatif. Hal ini tentu saja akan menghambat diri seseorang untuk berkembang.

Padahal, tahukah kamu kalau semua orang di dunia ini berpotensi untuk menjadi kreatif?

Sebagian orang memang memiliki jiwa kreatif sejak dini. Namun sesungguhnya kreativitas merupakan keterampilan yang dapat diasah. Jadi, bisa saja kamu memilikinya namun belum menyadarinya, sehingga belum terasah dengan baik. Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu mengetahui apa saja ciri-ciri orang kreatif itu.

Berikut adalah ciri-ciri orang kreatif yang mungkin saja tanpa disadari kamu juga memilikinya!

8 CIRI-CIRI ORANG KREATIF

1 Suka Mengkhayal

Mengkhayal yang dimaksud bukan lah khayalan yang di luar akal sehat, ya! Seperti memiliki kekuatan super, bisa memutar waktu, atau sejenisnya. Akan tetapi, mengkhayal yang dimiliki oleh orang-orang kreatif adalah memiliki ide yang out of the box dan masih tetap berpegang teguh pada kenyataan.

Ide-ide cemerlang yang mereka miliki pun tak hanya disimpan begitu saja, namun merka akan berusaha sebisa mungkin untuk merealisasikannya. Dengan kata lain, orang kreatif cenderung memberi solusi imajinatif yang tidak terpikirkan oleh orang lain dan cenderung dianggap mustahil.

Salah satu contohnya adalah jasa ojek online yang saat ini telah digunakan oleh hampir semua kalangan. Jauh sebelum jasa sejenis ini muncul, mungkin hal-hal seperti memesan ojek melalui aplikasi handphone, memesan makanan, atau meminta orang asing untuk membersihkan rumah kita terdengar seperti sebuah khayalan semata. Namun kini, pencetus ide jasa ojek online ini telah membuktikan bahwa imajinasinya dapat diwujudkan di dunia nyata. 

2 Tidak Mudah Lelah

Apakah kamu pernah merasa bahwa diri kamu selalu bersemangat dalam mengerjakan apapun? Bahkan di saat orang-orang sekitar kamu sudah merasa lelah, kamu masih tetap memiliki energi yang cukup untuk melakukan aktivitas atau menyelesaikan pekerjaan kamu. Jika iya, mungkin saja kamu termasuk orang yang kreatif!

Orang kreatif memiliki fisik dan mental yang sangat energik. Mereka mampu menghabiskan waktu yang lama untuk mengerjakan suatu hal yang mereka senangi dengan penuh semangat. Orang kreatif cenderung imajinatif, ingin tahu banyak hal, dan fokus ketika merenungkan hal-hal yang menarik minat mereka.

Namun, bukan berarti bahwa orang kreatif itu hiperaktif, ya! Orang kreatif justru sangat memahami batas kemampuan mereka. Mereka tahu betul kapan harus beristirahat dan kapan harus kembali beraktivitas.

3 Suka Bermain, Namun Tetap Disiplin

Orang-orang kreatif sering dianggap sedikit “membingungkan”, lantaran memiliki dua sifat yang saling bertolak belakang. Mereka cenderung terlihat suka “bermain-main”, namun juga sangat tekun dalam menjalankan pekerjaan serta tanggung jawabnya. “Bermain” yang dimaksud pun adalah kombinasi antara sikap aktif dan perasaan ingin tahu mereka terhadap suatu hal.

Orang kreatif mampu bekerja selama berjam-jam bahkan sampai rela begadang demi mendapatkan hasil yang maksimal. Menurut mereka, kreativitas yang sesungguhnya adalah gabungan antara hobi atau “kesenangan” dan juga kerja keras. 

4 Memiliki Kepribadian Ambivert

Pada umumnya, setiap orang hanya memiliki satu kepribadian saja, yaitu introvert atau ekstrovert. Namun hal ini tidak berlaku bagi orang-orang kreatif. Menurut sebuah penelitian, orang kreatif memiliki dua kepribadian, atau yang disebut juga dengan ambivert.

Orang-orang kreatif mampu menyerap energi ketika sedang berkumpul bersama kerabat terdekatnya untuk menghasilkan ide, namun juga sangat menghargai waktu untuk menyendiri guna mengembangkan ide-ide tersebut dan mengeksplorasi kreativitasnya.

Jadi, jangan heran kalau kamu terkadang merasa senang saat sedang bersama teman-teman kamu, namun terkadang kamu juga sangat ingin menyendiri untuk fokus pada pekerjaanmu. Karena itu artinya kamu adalah orang yang kreatif!

5 Memiliki Passion yang Kuat

Orang-orang berjiwa kreatif akan sangat mencintai pekerjaan yang digelutinya, dan akan selalu bersemangat untuk menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawab yang diterimanya.

Meski terkesan sangat bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaannya, namun mereka juga memiliki sikap yang objektif, kritis, dan mau menerima setiap kritikan. Orang kreatif mampu membedakan antara ego dengan hal-hal lain yang memiliki pengaruh untuk meningkatkan kapasitas diri sendiri serta mengasah kreativitas yang dimilikinya.

6 Bangga atas Pencapain yang Diraih

Bangga dan sombong tentulah merupakan dua hal yang berbeda. Ciri-ciri orang kreatif adalah cenderung merasa bangga terhadap setiap pencapaiannya, namun juga tetap rendah hati. Kesuksesan yang mereka dapatkan membuktian bahwa usahanya selama ini tidaklah sia-sia.

Yup! Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, orang kreatif sangatlah mencintai pekerjaannya. Sehingga ketika orang lain menyukai karyanya, maka mereka akan bangga dan merasa bahwa usaha mereka selama ini tidaklah sia-sia.

Orang kreatif biasanya juga dapat menilai sendiri karyanya, apakah sudah layak atau belum. Namun hal tersebut bukan lah menjadi fokus utama mereka. Orang kreatif lebih mengutamakan pada ide-ide baru atau pekerjaan yang akan mereka tangani selanjutnya.

7 Memiliki Sisi “Pemberontak”

Orang yang kreatif memiliki pemikiran yang berbeda dengan orang lain atau out of the box. Sehingga mereka cenderung merasa tidak betah pada setiap aturan atau tatanan formal. Bahkan, mereka tidak segan-segan untuk berdebat dan menyatakan protes, jika hal tersebut dianggap dapat menghalangi kreativitasnya.

Meski demikian, sebelum mengutarakan pendapatnya, orang kreatif biasanya akan mengikuti arus terlebih dahulu, terutama pada lingkungan baru. Sebab orang-oran kreatif biasanya juga sangat menghargai setiap rules yang sudah ada sebelumnya.

Di sisi lain, orang kreatif dapat bersikap konservatif, namun tidak suka jika dirinya terlalu dikekang. Orang-orang kreatif sadar betul bahwa setiap pekerjaan memang harus dibatasi oleh aturan. Namun mereka menyadari bahwa segala sesuatu memerlukan inovasi, termasuk juga aturan yang sudah ada.

8 Memiliki Rasan Ingin Tahu yang Besar

Hasrat untuk ingin tahu yang dimiliki oleh orang-orang kreatif sangatlah besar. Mereka akan melakukan apa saja demi mengumpulkan informasi megenai hal-hal yang menarik perhatian mereka. Terlebih lagi jika informasi tersebut dapat mengasah kreativitas mereka.

Mereka akan berusaha keras untuk mengumpulkannya, mulai dari membaca buku, berkomunikasi degan orang lain, bahkan tidak menutup kemungkinan mereka akan observasi secara langsung jika memang diperlukan.

Hal ini juga lah yang membuat orang-orang kreatif sangat menyukai tantangan dan tidak takut untuk mencoba hal baru. Mereka berani mengambil resiko apapun dan tidak takut menghadapi kegagalan.
Kalau kamu memiliki ciri-ciri yang disebutkan di atas, bisa jadi kamu termasuk dalam kelompok orang-orang yang kreatif. Namun jika ciri-ciri tersebut tidak terlihat dalam diri kamu, bukan berarti bahwa kamu tidak kreatf. Karena seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, setiap orang bisa mengasah kreativitasnya dengan memperbanyak membaca, tidak takut untuk mencoba hal-hal baru, dan terus berusaha untuk mencari inspirasi serta ide-ide yang out of the box.

Perlu diketahui juga, bahwa sebuah penilitan menyatakan bahwa orang kreatif tidak selalu memiliki IQ yang tinggi. Artinya, semua orang bisa menyalurkan ide kreatif mereka dan tidak perlu merasa takut untuk mengutarakannya.
Sumber: SehatQ, Kompas.com Sumber gambar: https://carolinahernandezcoaching.es/que-te-ofrezco/coaching/