7 Strategi Agar Lebih Produktif dalam Pekerjaan

Jul 30 / Sarita Laras
Sumber:vecteezy.com
Apakah kamu pernah merasa tidak produktif dalam bekerja? Padahal kamu sudah berusaha memulai tepat waktu dan menetapkan daftar tugas yang harus diselesaikan. Namun, pada akhir jam kerja kamu masih memiliki daftar pekerjaan yang panjang.

Dilansir
Forbes, pakar karier, Ashley Stahl, mengungkapkan kunci untuk produktif di tempat kerja adalah manajemen waktu yang baik. Contohnya, adalah mengetahui mana saja pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan mana yang bisa kerjakan setelahnya. Di samping itu, juga ada strategi-strategi lain supaya dapat produktivitasmu menjadi maksimal, antara lain:

Hindari Multitasking

Strategi pertama yang bisa kamu terapkan adalah menghindari multitasking, sehingga kamu hanya boleh fokus pada satu tugas di satu waktu. Dalam suatu waktu kamu mungkin tergoda untuk mengerjakan beberapa tugas dalam satu waktu karena melihatnya cukup mudah. Namun, hal itu sebenarnya justru tidak efisien. Sebab, saat kamu berkonsentrasi pada lebih dari satu tugas dalam satu waktu, kamu akan cenderung menghabiskan banyak waktu untuk transisi antartugas. Ini juga bisa membuat kualitas kerjamu rendah karena fokusmu terus terbagi ketika mengerjakannya. Large text.

Fokus pada Tugas Terbesar Terlebih Dahulu

Saat kamu baru memulai pekerjaan, biasanya di situlah kamu masih memiliki energi terbesar dan tingkat fokus yang tinggi. Maka dari itu, kerjakanlah tugas dengan beban terbesar terlebih dulu untuk hari itu. Baru setelah itu kamu bisa mengerjakan tugas-tugas lain yang lebih ringan. Jika kamu melakukan sebaliknya, bisa jadi saat mengerjakan tugas kecil kamu akan tetap terpikir tugas yang lebih besar sehingga kamu akan sulit fokus.

Bagi Proyek Besar ke dalam Tugas-tugas Kecil

Memiliki proyek besar mungkin bisa membuatmu terbebani di awal. Untuk itu kamu perlu memecahnya menjadi beberapa tugas lebih kecil yang bisa kamu selesaikan setiap harinya. Misalnya, saat kamu ditugaskan membuat majalah bulanan, kamu bisa membagi setiap pekannya untuk pengumpulan ide, liputan, proses dan editing, serta distribusi. Dengan demikian kamu akan merasa lebih produktif dan termotivasi untuk menyelesaikan tugas dengan optimal serta tepat waktu.

Temukan Pintasan untuk Tugas yang Sering Diulang

Jika kamu memiliki tugas yang sering diulang setiap saat, kamu perlu membuat pintasan atau shortcut yang membuatnya bisa diselesaikan lebih cepat. Sebagai contoh, jika kamu harus mengirim surel ke beberapa orang setiap harinya, kamu bisa membuat kelompok kontak di email. Dengan demikian kamu tidak perlu mengetik satu per satu nama email lagi ketika harus mengirimkannya ke banyak orang atau beberapa kelompok.

Buat Batasan Waktu untuk Pengerjaan Setiap Tugas

Dengan menerapkan batasan waktu pengerjaan setiap tugas juga bisa membantu meningkatkan produktivitas. Misalnya jika kamu bekerja sebagai penulis, kamu bisa mengalokasikan 30 menit untuk riset ide dan membuat kerangka tulisan, kemudian 3 jam untuk membuat tulisan pendek, dan 30 menit untuk menyuntingnya. Pengalokasian tersebut juga bisa kamu aplikasikan ke berbagai jenis pekerjaan lain,

Batasi Interaksi yang Tidak Perlu

Meskipun berinteraksi dengan sesama rekan kerja atau teman lainnya melalui media sosial menjadi hal yang menyenangkan dan bisa mengurangi stres, tapi kamu perlu membatasinya saat bekerja. Sebab jika tidak, kamu bisa jadi keterusan sehingga mengganggu pekerjaan dan mengurangi produktivitasmu.

Kamu bisa mengaturnya dengan berbagai cara, seperti menggunakan noise cancelling headphone, log out media sosial sementara, memilih tempat yang tenang di kantor, dan masih banyak lagi. 

Beristirahatlah Secara Teratur

Terakhir dan yang tak kalah penting adalah jangan lupa untuk selalu istirahat secara teratur. Kamu mungkin pernah berpikir bahwa bekerja lebih lama akan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Namun, yang kadang dilupakan adalah seseorang akan sulit bekerja dengan baik ketika sedang kelelahan.

Beberapa studi menunjukkan, istirahat teratur membantu konsentrasi dan meningkatkan mood. Oleh karena itu, saat tengah bekerja, alokasikan waktumu untuk beristirahat secara rutin, misalnya dengan berjalan-jalan selama lima menit atau 15 menit untuk menikmati kopi pada sore hari.
Itulah tujuh strategi yang bisa kamu terapkan untuk menjadi lebih produktif dalam bekerja. Saat menerapkan berbagai strategi tersebut, kunci utamanya adalah konsistensi. Di samping itu, teruslah belajar dan mengembangkan kemampuanmu sehingga produktivitasmu turut bertambah baik.
Empty space, drag to resize

Artikel Terbaru