7 Peluang Karier Buat Kamu Penulis Muda

Jul 7 / Sarita Laras
Sumber:conscout.com
Kabar baik bagi kamu penulis muda! Saat ini makin banyak peluang karier yang tersedia untukmu, mulai dari penulis konten, jurnalis, dan masih banyak lagi.

Tulisan memang tidak bisa dilepaskan dari segala aspek usaha. Setiap perusahaan membutuhkan tulisan untuk mengenalkan atau mempromosikan bisnis mereka. Begitu pula dalam industri penulisan, selalu dicari para penulis yang mampu menghadirkan karya baru yang mampu menarik hati publik.

Nah, bagi kamu penulis muda berikut ini merupakan 7 peluang karier yang dapat kamu coba.

Content Writer

Peluang karier pertama yang bisa kamu pilih adalah menjadi penulis konten atau content writer. Seorang content writer dibutuhkan untuk menghasilkan tulisan yang dapat membangun citra dan meningkatkan engagement (keterlibatan) pembaca terhadap sebuah perusahaan.

Pada era digital saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan content writer untuk menunjang kelangsungan bisnis mereka. Umumnya, perusahaan mencari content writer yang memahami teknik Search Engine Optimization (SEO) supaya situs web mereka dapat tampil di halaman pertama mesin pencarian.

Copywriter

Kadang sebagian orang masih rancu antara profesi content writer dan copywriter, padahal keduanya berbeda satu sama lain. Dilansir Forbes, copywriter adalah penulis yang membuat konten untuk membujuk orang supaya mengambil tindakan setelah membacanya. Misalnya, jika kamu bekerja di sebuah perusahaan yang menjual produk 'A' maka tugasmu adalah meyakinkan orang agar membeli produk tersebut.

Adapun proses membuat konten tersebut dikenal sebagai copywriting. Konten yang dihasilkan umumnya lebih pendek daripada hasil tulisan content writer.

Nah, untuk mengasah kemampuan copywriting-mu, kamu bisa mulai mempelajari dasar-dasar menulis persuasif, memperbanyak membaca, mempelajari iklan, dan berlatih menulis secara rutin.

Ghost Writer

Peluang karier berikutnya adalah dengan menjadi ghost writer. Ghost writer adalah penulis yang membuat tulisan untuk dikreditkan kepada orang lain. Ada berbagai macam tulisan yang bisa dibuat seorang ghost writer, antara lain autobiografi, artikel, pidato, dan buku nonfiksi. Biasanya tidak ada ghost writer yang dikontrak untuk menulis proyek fiksi.

Bisa dikatakan, profesi ghost writer setingkat lebih sulit dibandingkan content writer maupun copywriting. Hal itu mengingat pengguna jasa ghost writer umumnya berasal dari kalangan populer, seperti artis, tokoh nasional, dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebelum menjadi seorang ghost writer, kamu perlu untuk memperluas jaringan.

Jurnalis

Jurnalis adalah profesi yang tepat untukmu yang ingin meningkatkan skill penulisan sekaligus menambah pengetahuan dan jejaring. Kamu akan dituntut untuk terus up date mengenai isu-isu yang sedang hangat sesuai desk kamu berada. Misalnya, jika kamu berada di desk lifestyle, maka wajib untuk mengikuti perkembangan berbagai gaya hidup saat ini, mulai fesyen, make-up, olahraga, makanan, dan masih banyak lagi.

Setelah itu, kamu akan menuliskannya menjadi sebuah berita, bisa berbentuk hard news, feature, listikel, maupun long-form. Tulisanmu akan dikawal oleh para editor yang memiliki jam terbang penulisan lebih banyak sehingga membuatmu mendapatkan ilmu yang akan berguna bagi peningkatan skill menulis di masa depan. Di samping itu, kamu akan berkesempatan untuk berkenalan dengan berbagai narasumber yang otomatis akan menambah luas jejaringmu.

Script Writer

Script writer pada dasarnya mencakup bidang yang cukup luas. Jasa seorang script writer jamak dibutuhkan untuk menuliskan naskah acara televisi, video bercerita, video blog, web series, dan masih banyak lagi. Mereka akan bertugas mengembangkan alur cerita, dialog, ataupun karakter yang akan ditampilkan.

Dengan tugas tersebut, script writer dituntut untuk selalu kreatif sehingga karya yang dihasilkan dapat menarik banyak audiens. Jika kamu berminat menjadi script writer kamu bisa mulai mengasah kreativitas dengan rutin melakukan brainstorming, mencoba berbagai hal baru, dan memperbanyak riset.

Penulis Fiksi

Selanjutnya, jika kamu termasuk orang yang suka menulis fiksi, seperti puisi, cerpen, maupun novel, peluang karier untuk jenis tulisan tersebut akan selalu terbuka. Di tengah kesibukan dan rutinitas yang padat, orang tetap akan membutuhkan bacaan yang mampu membuat mereka istirahat atau terhibur untuk sejenak.

Nah, untuk menulis fiksi dibutuhkan imajinasi yang kuat sehingga ide yang tertuang mampu memikat banyak pembaca. Di samping itu, jika kamu memilih untuk membuat novel, kunci utamanya adalah mampu menghadirkan plot yang matang. Plot yang tidak matang akan membuat tulisan melebar ke mana-mana. Oleh karena itu, kamu bisa menyiasatinya dengan menyiapkan ending cerita saat mulai menulis agar plotnya bisa fokus.

Technical Writer

Peluang berikutnya adalah menjadi technical writer. Mungkin kamu sudah sering mendengarnya saat ini. Seorang technical writer bertugas untuk menulis instruksi, panduan, dan frequently asked questions (FAQ). Tulisan tersebut bermanfaat untuk membantu konsumen maupun pengguna lain untuk menggunakan suatu produk atau platform.

Untuk menjadi technical writer, kamu perlu mengetahui betul seluk beluk suatu produk atau platform. Di samping itu, kamu juga harus mengenal betul calon audiensmu nanti. Dengan demikian, kamu bisa mengonsepkan gaya tulisan yang paling pas untuk mereka.
Wah, banyak bukan peluang karier untukmu penulis muda? Jadi peluang karier mana yang akan kamu pilih? Pastikan itu cocok dengan minatmu sehingga kamu dapat menikmati pekerjaan tersebut.
Empty space, drag to resize

Artikel Terbaru