7 Cara Menstimulasi Kreativitas di Waktu Senggang

Aug 23 / Sarita Laras
Sumber:freepik.com
Saat memiliki waktu senggang seseorang cenderung memilih untuk bersantai atau beristirahat. Meski begitu, waktu senggang juga bisa menjadi momen untuk menstimulasi kreativitas.

Tentunya hal tersebut bukan dilakukan dengan pekerjaan rutin yang biasa dilakukan, melainkan dengan cara-cara yang yang bisa menyegarkan pikiranmu baik di dalam maupun di luar rumah. Apa saja? Simak selengkapnya, inilah 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk menstimulasi waktu senggang.

Jalan-jalan

Mengutip dari Very Well Mind, sebuah studi pada 2014 lalu menemukan bahwa orang-orang cenderung lebih kreatif ketika mereka berjalan-jalan daripada hanya duduk. Sebab, dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan dan melindungi kemampuan kognitif seseorang.

Oleh karena itu, saat memiliki waktu senggang cobalah untuk berjalan-jalan di lokasi sekitarmu dan lihatlah reaksinya apakah kreativitas tersebut akan muncul secara perlahan.

Ngobrol dengan Teman atau Keluarga

Kreativitas kadang muncul dari pihak-pihak eksternal, seperti teman atau keluarga. Saat mempunyai waktu luang, cobalah untuk membangun interaksi dengan mereka. Selain bisa merekatkan hubungan interpersonal, itu juga bisa menjadi ajang brainstorming ide. Ini menjadi solusi yang tepat ketimbang kamu hanya memikirkannya sendirian. Sebab, dalam brainstorming kamu dan mereka akan membagi pikiran untuk mencari solusi atau inovasi yang tepat.

Guna menghadirkan momen berbincang yang rileks, jangan lupa untuk menambahkan secangkir minuman dan sepiring camilan. 

Membaca Buku

Para ahli menyimpulkan bahwa membaca buku dapat merangsang sisi kanan otak sehingga dapat membantu memperluas imajinasi seseorang. Dengan membaca, kamu telah membuka pikiran terhadap berbagai konsep dan kemungkinan baru.

Imajinasi sendiri pada dasarnya mendorong berbagai kreativitas dan pemikiran inovatif. Tanpa imajinasi, berbagai kemajuan dan karya yang banyak kita jumpai saat ini tidak akan mungkin terjadi.

Bahkan, ilmuwan Albert Einstein percaya bahwa imajinasi lebih penting daripada pengetahuan. Dia mengatakan, jika kamu memiliki sebuah imajinasi yang luar biasa, kamu juga bisa menciptakan dan menemukan lebih banyak dari rata-rata orang yang tidak begitu imajinatif. 

Nonton Film

Siapa yang tidak suka menonton film saat memiliki waktu senggang? Kebanyakan orang mungkin akan menyukainya. Selain jadi hiburan, menonton film nyatanya juga bisa memacu kreativitas. Sebab, dalam berbagai film yang ditonton biasanya akan muncul beberapa inspirasi, entah dari cara para tokoh berpikir, cara melakukan sesuatu, dan lain sebagainya.

Daydreaming

Pada era kecanggihan teknologi seperti ini, alih-alih mengisi waktu senggang dengan game atau googling, coba sekali-kali biarkan dirimu tenggelam dalam rasa bosan. Dalam sebuah penelitian, peserta yang bosan tampil lebih baik pada tes kreativitas daripada mereka yang tampak gembira, santai, atau tertekan. Di samping itu, dalam studi lain, peneliti menemukan bahwa kebosanan memberi seseorang waktu untuk melamun yang kemudian mengantarkan mereka kepada lebih banyak kreativitas.

Mengapa demikian? Kebosanan pada dasarnya mendorong pemikiran kreatif karena pada saat itu otak mengirimkan sinyal bahwa situasi atau lingkungan saat ini dirasa kurang. Oleh karena itu, pikiranmu akan tergerak untuk mencari ide dan inspirasi baru membantu mengatasinya.

Mendengarkan Musik

Bukan rahasia lagi jika mendengarkan musik dapat menurunkan kecemasan dan memperbaiki suasana hati seseorang. Bahkan, mendengarkan jenis musik tertentu juga dapat menstimulasi kreativitas seseorang. Dalam jurnal PLOS ONE, mendengarkan musik “bahagia” dapat mengarahkan seseorang kepada gaya berpikir fleksibel atau yang mengantarkan kepada ide-ide inovatif.

Lalu bagaimana dengan genre musik lainnya? Semua jenis musik bisa jadi dapat merangsang kreativitasmu, selagi kamu benar-benar menyukainya. Perasaan bahagia itulah yang bisa membuatmu berpikir lebih fleksibel.

Meditasi

Meditasi selama ini lebih dikenal sebagai cara untuk relaksasi. Padahal, di samping itu meditasi juga bisa meningkatkan pemikiran divergen–proses berpikir yang bisa mengeksplorasi berbagai ide kreatif dalam menemukan solusi atas suatu masalah–karena saat itu kamu tengah menerima setiap pikiran dan sensasi tanpa berfokus kepada objek atau ide tertentu.
Itulah 7 cara yang bisa kamu terapkan untuk menstimulasi kreativitas saat waktu senggang. Kamu bisa mencoba semua cara di atas dan menerapkannya secara bergantian. Itu akan menghindarkanmu dari rasa jenuh dan membantu menemukan formulasi yang paling efektif.Large text.
Empty space, drag to resize

Artikel Terbaru