5 Platform Freelance yang Bisa Kamu Coba untuk Memulai Karier

Jul 14 / Sarita Laras
Sumber:freepik.com
Bagi generasi Milenial dan Gen Z meniti karier sebagai seorang freelancer adalah pilihan yang menarik. Setidaknya ada dua alasan yang membuat pekerjaan freelance begitu diminati saat ini. Pertama, freelance menawarkan konsep fleksibilitas, baik dari segi waktu, tempat, maupun jumlah pekerjaan yang diambil. Seorang pekerja freelance bebas untuk bekerja kapan saja dan di mana saja. Mereka juga bisa mengambil double job atau bahkan triple job selagi memang benar-benar dapat mengaturnya dengan baik.

Alasan kedua, pekerjaan freelance memberikan kesempatan bagi Milenial maupun Gen Z untuk menambah jaringan sebanyak mungkin. Dengan berbagai klien yang akan ditemui, mereka berkesempatan untuk mendapatkan peluang karier lainnya di masa depan. Wah, menarik bukan?

Makin diminatinya karier sebagai freelancer juga tidak lepas dari meningkatnya jumlah orang dan perusahaan yang membutuhkan jasa mereka. Ada berbagai platform yang menyediakan berbagai jenis pekerjaan freelance, mulai dari bidang penulisan, video, foto, data entry, desain, dan masih banyak lagi.

Ingin tahu lebih lanjut kamu bisa mengambil peluang di mana saja? Berikut ini 5 platform freelance yang bisa kamu coba untuk memulai karier.  

Upwork

Upwork dikenal sebagai salah satu platform penyedia pekerjaan freelance yang terbesar. Platform asal Amerika Serikat ini memiliki beragam jenis pekerjaan yang bisa kamu lamar, di antaranya Development dan IT; Desain dan Kreatif; Sales dan Marketing; Admin dan Customer Support; Penulisan dan Penerjemahan; Arsitektur; Legal; dan masih banyak lagi.

Cara memulainya cukup mudah. Kamu hanya perlu mendaftar dan kemudian melengkapi profilmu. Setelah itu, carilah iklan pekerjaan yang sedang dipasang dan ikutilah proses bidding-nya.

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai Upwork, kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya di
www.upwork.com.

Clickworker

Clickworker adalah platform penyedia pekerjaan freelance yang baru-baru ini ramai menjadi perbincangan warganet. Mengutip dari situs webnya, Clickworker memiliki 3,6 juta freelancer yang tersebar di Asia, Eropa, dan Amerika.  Platform ini berfokus menyediakan pekerjaan pada bidang penulisan, penerjemahan, penelitian, dan pemrosesan data.

Sebelum mencari pekerjaan di Clickworker, kamu perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu. Isi data diri, mulai dari nama lengkap, username, alamat email, hingga password. Berikutnya, isi tanggal lahir, asal negara, alamat, dan nomor telepon. Clickworker menjamin semua data yang dituliskan bersifat rahasia dan hanya digunakan untuk keperluan komunikasi, pembayaran, dan penilaian.

Kamu makin penasaran dengan Clickworker? Kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya di
clickworker.com.

Fastwork

Fastwork merupakan platform freelance asal Thailand yang kini telah berkembang di Indonesia. Ada berbagai bidang jasa yang bisa kamu tawarkan di sini, antara lain desain grafis; penulisan dan penerjemahan; web dan pemrograman; visual dan audio; pemasaran dan periklanan; jasa konsultasi; dan gaya hidup.

Kamu bisa langsung daftar dengan menyiapkan KTP dan akun bank yang akan diverifikasi. Selanjutnya jangan lupa unggah portofoliomu untuk kemudian diperiksa tim Fastwork. Setelah itu, kamu bisa langsung memasang iklan tentang dirimu. Makin sering kamu online, makin besar pula kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan karena memudahkan pelanggan untuk berdiskusi.

Untuk tahu lebih lengkap mengenai Fastwork, kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya di
fastwork.id.

Fiverr

Platform berikut ini cukup populer di kalangan desainer grafis. Jasa desainer grafis menjadi salah satu kategori yang paling diminati pengguna jasa di Fiverr. Platform ini sendiri sudah cukup lama beroperasi, yaitu pertama kali pada 2012 lalu. Fiverr menjadi marketplace pekerjaan freelance yang bisa digunakan di seluruh dunia. Dengan demikian, peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan freelance pun akan makin besar.

Untuk bergabung menjadi freelancer di Fiverr kamu perlu untuk sign up dan membuat Gig (semacam lapak) terlebih dahulu. Nah, yang agak berbeda, freelancer di sini akan disebut sebagai seller sedangkan klien berlaku sebagai buyer.

Informasi selengkapnya mengenai Fiverr, kamu bisa mengunjungi situs resminya di
fiverr.com.

Sribulancer

Platform terakhir yang bisa kamu coba adalah Sribulancer. Platform penyedia pekerjaan freelance ini merupakan karya anak bangsa, Ryan Gondokusumo, yang didirikan pada 2014  silam. Ada banyak bidang yang bisa kamu tawarkan di Sribulancer, seperti video dan fotografi; penerjemahan; entri data; pengembangan aplikasi mobile; bisnis dan pemasaran online; desain dan identitas branding; penulisan, dan masih banyak lagi.

Untuk mendaftar di Sribulancer kamu cukup sign up dengan email aktifmu. Freelancer hanya akan dikenakan 10% biaya komisi dari total nilai pekerjaan yang berhasil diselesaikan dengan baik.
Cukup banyak bukan platform untuk memulai pekerjaan freelance? Jangan lupa siapkan portofoliomu sebaik mungkin dan susun penawaran jasamu dengan menarik.
Empty space, drag to resize

Artikel Terbaru