5 Peluang Usaha Industri Kreatif Berikut Yang Perlu Kamu Ketahui

Mar 22 / Sarita Laras
Sumber:unsplash.com
Belakangan ini, Kementerian Perdagangan sedang menggalakkan sektor ekonomi atau industri kreatif. Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Kreativitas memang dibutuhkan untuk menjalankan usaha. Bisnis yang kreatif dan inovatif akan lebih lama bertahan karena selalu memberikan hal-hal baru pada konsumen. Apakah kamu juga tertarik untuk memiliki usaha di bidang industri kreatif? Berikut 6 peluang industri kreatif yang perlu kamu ketahui.

Bisnis Merangkai Bunga (Florist)

Apakah kamu senang merawat dan merangkai bunga? Jika jawabannya ya, bisnis ini cocok untuk kamu. Rangkaian bunga atau buket adalah salah satu jenis bisnis yang tidak pernah sepi pembeli. Keindahan bunga selalu memiliki banyak peminat.

Manfaatkan momen-momen seperti wisuda untuk menjual buket bunga. Sediakan juga layanan papan bunga untuk ucapan selamat. Kamu juga dapat menambah jenis layanan bisnis ini dengan mengirim rangkaian bunga ke berbagai daerah.

Jangan lupa bandingkan harga florist lainnya agar kamu dapat menjual produk kamu dengan harga yang lebih murah. Dijamin bisnis merangkai bunga kamu akan memiliki banyak peminat.

Scrap Frame

Saat mendengar kata frame mungkin kamu langsung berpikir tentang bingkai foto. Namun scrap frame bukan sekadar bingkai foto. Scrap frame adalah bingkai yang dimodifikasi dengan ornamen lain seperti kertas dan kain sehingga menghasilkan karya kerajinan tiga dimensi yang cantik.

Jika kamu suka membuat kerajinan tangan dan memiliki jiwa seni tinggi, Kamu dapat mencoba bisnis ini. kamu dapat membuat scrap frame yang dipersonalisasi sesuai keinginan konsumen, untuk ucapan terima kasih, kado ulang tahun, dan pernikahan.

Perabot dari Ban dan Drum Bekas

Ban dan drum bekas mungkin hanya terlihat sebagai sampah. Namun, jika mendapat sentuhan seni, kedua barang bekas ini bisa diolah menjadi perabot. Pernahkah kamu datang ke kafe dan melihat meja dan perkakas yang unik, terbuat dari ban dan drum bekas? Kamu bisa membuat dan menjualnya juga.

Keluarkan jiwa kreatif kamu untuk mengolahnya menjadi meja, kursi, dan perabot lain. Tawarkan pada teman dan orang-orang di sekitar kamu dengan harga yang lebih murah daripada toko furniture besar. Pasti banyak yang tertarik dengan produk yang kamu tawarkan ini.

Dekorator Interior

Dekorator Interior adalah sebuah pekerjaan yang berkaitan dengan estetika ruangan. Jika kamu suka mendekorasi interior, seperti pemilihan furnishing, material, tata ruang, skema warna, pencahayaan dan lain-lain ini adalah lahan bisnis yang tepat untuk kamu.

Untuk menjadi seorang dekorator interior, kamu tidak perlu menempuh pendidikan formal seperti seorang desainer interior. Kamu hanya perlu memiliki cita rasa seni dan kreativitas. Selain itu, kemampuan komunikasi dan problem solving juga diperlukan untuk pekerjaan ini. Untuk memenuhi keinginan klien, kamu harus menjadi pendengar yang baik.

Kamu bisa membuat portofolio hasil dekorasi interiormu di sebuah situs web dan mempromosikannya di media sosial seperti Instagram.

Suvenir Pernikahan Custom

Banyak orang yang ingin souvenir pernikahan yang tidak biasa. Mereka ingin suvenir yang unik dan berbeda dengan kebanyakan suvenir pernikahan yang sudah ada. Ini dapat kamu jadikan peluang bisnis. Kamu dapat menjual suvenir pernikahan unik dan bervariasi. Tawarkan juga jasa kustomisasi bagi pelanggan. Tentunya dengan kisaran harga per produk dan batas minimal pemesanan yang ditentukan.

Itu tadi 5 peluang usaha industri kreatif yang perlu kamu ketahui. Sebagai insan kreatif, tentunya kamu dapat menciptakan ide usaha lain. Selamat berwirausaha!