5 Pameran Seni Terkemuka di Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Jul 5 / Sarita Laras
Sumber:freepik.com
Berkunjung ke pameran seni kini telah menjadi salah satu kegemaran sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini tak lepas dari mulai maraknya pameran seni yang digelar, baik yang bersifat permanen maupun temporer.

Karya-karya seni yang dipamerkan umumnya berkarakter khas dengan mengusung sisi budaya dari Sabang sampai Merauke. Kekayaan tersebut kemudian dituangkan oleh para seniman menjadi sebuah karya atau instalasi yang cukup menarik perhatian. Misalnya saja, karya Eko Nugroho, Heri Dono, dan Agus Suwage, yang jamak ditemui di berbagai pameran seni terkemuka. Bahkan, karya-karya mereka sudah mendunia sehingga akan menjadi keuntungan tersendiri jika kamu dapat menyaksikannya selagi dipamerkan di dalam negeri.

Nah, untuk makin menambah referensimu terkait seni, berikut ini merupakan lima pameran seni terkemuka di Indonesia.

Art Jog

Art Jog dok Art Jog
Art Jog merupakan pameran seni rupa kontemporer yang rutin digelar setiap tahun. Art Jog sendiri pertama kali digelar pada 2008 lalu. Mulanya, Art Jog bertempat di Taman Budaya Yogyakarta. Namun, sejak 2016 lokasi Art Jog berpindah ke Jogja National Museum (JNM).

Art Jog menghadirkan berbagai karya dari seniman dalam dan luar negeri. Di samping itu, juga ada para kurator, workshop, pertunjukan musik dan tarian kontemporer yang turut memeriahkan Art Jog.  Dengan kemeriahannya, Art Jog seringkali disebut sebagai ruang yang mempertemukan gagasan kesenian dan kreativitas yang menarik.

Kehadiran Art Jog beberapa tahun belakang nyatanya telah berhasil menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Tahun ini rencananya Art Jog akan kembali digelar pada 7 Juli 2022 hingga 4 September 2022 mendatang.

Art Jakarta

Art Jakarta dok Art Jakarta
Hampir serupa dengan Art Jog, Art Jakarta adalah pameran seni kontemporer yang diadakan setiap tahun di Jakarta. Pameran yang pertama kali digelar pada 2009 lalu itu menghadirkan berbagai karya seni dari dalam dan luar negeri.

Setiap tahunnya, Art Jakarta mengusung konsep yang berbeda. Contohnya pada 2022 ini, Art Jakarta hadir melalui Art Jakarta Gardens yang membawa nuansa segar, inovatif, dan terbuka. Pameran digelar selama delapan hari di Hutan Kota by Plataran. Ini merupakan pameran langsung pertama saat pandemi setelah dua tahun sebelumnya pameran diadakan secara virtual.

Jakarta Biennale

Jakarta Biennale dok Jakarta Biennale
Selanjutnya, pameran yang patut kamu kunjungi adalah Jakarta Biennale. Jakarta Biennale merupakan pameran seni rupa kontemporer yang memiliki sejarah panjang dalam perkembangan seni di Tanah Air.

Mulanya, pameran seni ini diadakan dengan nama Pameran Besar Seni Lukis Indonesia pada 1968. Selanjutnya pameran ini berganti nama menjadi Jakarta Biennale pada 1975 dan menjadi Biennale Seni Rupa pada 1993. Sempat vakum beberapa saat, pameran ini kembali hadir dengan nama Jakarta Biennale pada 2006.

Jakarta Biennale memamerkan beragam karya seni, seperti lukisan dan instalasi dari seniman Indonesia dan mancanegara. Pameran ini juga membuka kesempatan bagi siapapun untuk menampilkan karya mereka.

Terbaru, Jakarta Biennale diadakan pada 21 November 2021 hingga 21 Januari 2022. Pameran ini diselenggarakan di beberapa tempat, yakni Museum Nasional, Taman Menteng, Galeri Nasional, dan Museum Kebangkitan Nasional.

Biennale Jogja

Biennale Jogja dok Biennale Jogja
Biennale Jogja adalah pameran seni yang biasa digelar setiap dua tahun sekali di beberapa tempat di Yogyakarta. Pameran yang berfokus kepada seni rupa ini pertama kali diadakan pada 1988 lalu.

Selanjutnya, memasuki 2011 Biennale Jogja mengenalkan konsep biennale equator dengan melibatkan seniman dari berbagai negara di kawasan khatulistiwa, seperti India, Nigeria, Brasil, negara-negara di kawasan Asia Tenggara, dan negara-negara Arab. Masyarakat pun dapat menikmati berbagai karya seni berkualitas dari mancanegara.

Dengan sistem tersebut, Biennale Jogja mencoba mengembangkan perspektif baru dalam pameran seni. Konsep khatulistiwa yang diusung menjadi titik awal dan wadah untuk ‘membaca kembali’ dunia. Large text.

Indonesia Contemporary Art & Design (ICAD)

Pameran ICAD dok ICAD
Terakhir, pameran seni yang wajib kamu ketahui adalah Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD). Pameran yang mulai diselenggarakan pada 2009 lalu ini menghadirkan karya seni dan desain kontemporer dalam skala besar. Tidak hanya karya seni rupa, tapi ICAD juga menghadirkan instalasi serta desain fesyen.

ICAD berusaha menjadi pelopor kolaborasi antara seni, desain, dan teknologi. Maka dari itu, pameran ICAD biasanya melibatkan berbagai pelukis, desainer, fotografer, dan lain sebagainya.

Bertempat di Hotel Grandkemang, Jakarta Selatan, ICAD hadir dengan tema yang berbeda setiap tahunnya. Pada gelaran 2021 lalu, ICAD mengangkat tema 'Publik' sebagai elemen yang tak terpisahkan dari seni. Tahun ini ICAD kembali membuka kesempatan bagi siapa pun yang ingin menampilkan proyek mereka.
Itulah lima pameran seni terkemuka di Indonesia yang bisa menambah wawasan dan kecintaanmu pada seni. Jadi, sudah ada rencana berkunjung ke mana?
Empty space, drag to resize

Artikel Terbaru