5 Manfaat Magang bagi Mahasiswa dan Fresh Graduate

Apr 7 / Edited by Sarita Laras
Sumber:unsplash.com
Dalam dunia kerja, pengalaman magang menjadi hal yang sangat dipertimbangkan perusahaan saat merekrut karyawan baru yang berstatus fresh graduate. Pengalaman magang akan memberikan nilai plus bagi pelamar di tengah semakin ketatnya persaingan mencari kerja.

Dengan bekal pengalaman magang, membuat fresh graduate dianggap sudah pernah merasakan bekerja di dunia kerja yang sesungguhnya. Beberapa skill yang dibutuhkan telah diasah sebelumnya sehingga ke depan tidak akan sulit untuk beradaptasi di perusahaan baru.

Bagi kamu fresh graduate atau yang masih mahasiswa, sudah saatnya membekali diri dengan mengikuti program magang sebelum benar-benar mendapatkan pekerjaan tetap. Magang akan memberikan berbagai manfaat untuk kelangsungan karier di masa depan. Apa saja manfaatnya?

Merasakan Pengalaman di Real Working Environment

Dunia kerja pada dasarnya sangat berbeda dengan dunia kuliah. Misalnya, saat kuliah kamu masih bisa beberapa kali terlambat atau absen kelas. Namun, jika kamu melakukannya di dunia kerja, itu menjadi hal yang tidak dibenarkan. Kamu akan dianggap tidak profesional sehingga bisa saja tidak lulus masa percobaan atau tidak diperpanjang kontraknya oleh perusahaan.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk merasakan berada pada lingkungan kerja yang sesungguhnya, sebelum benar-benar terjun di dunia kerja. Dengan mengikuti program magang, akan melatihmu untuk beradaptasi dengan banyak hal, seperti berhubungan dengan atasan atau rekan kerja, jam kerja, beban tugas, dan masih banyak lagi.

Meningkatkan Kemampuan Interpersonal

Sumber:surejob.in
Saat merasakan iklim dunia kerja, di situlah kamu berkesempatan untuk meningkatkan kemampuan interpersonal atau soft skill. Kemampuan interpersonal meliputi beberapa aspek, di antaranya:
  • Komunikasi verbal
  • Etika kerja
  • Manajemen waktu
  • Kerja tim
  • Kemampuan mengatasi masalah dan membuat keputusan
  • Kemampuan menghadapi tekanan
  • Kemampuan bernegosiasi
Jika kemampuan tersebut telah dikuasai, kamu tidak akan lagi canggung atau susah beradaptasi saat sudah bekerja full time nantinya. Kamu bisa langsung fokus ke mencapai berbagai tujuan karier yang kamu tetapkan.

Mengenal Jenjang Karier

Sumber:uky.edu
Magang akan membuatmu lebih mengenal jenjang karier dari bidang yang akan kamu lalui nantinya. Dari situ, kamu bisa mulai membuat list apa saja yang harus kamu persiapkan untuk menempuh jenjang karier tersebut. Dengan persiapan matang, akan membuka peluangmu untuk  bisa menaiki tangga karier dengan cepat.

Menambah Koneksi

Saat memasuki dunia magang, kamu akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang dan level jabatan. Kamu bisa mulai berinteraksi dengan mereka untuk menyerap ilmu tentang bidang yang kamu geluti saat itu.

Membangun koneksi dengan banyak pihak otomatis akan membuka peluangmu kepada berbagai kesempatan. Bisa jadi, saat mereka membutuhkan orang di bidang yang kamu kuasai, mereka akan langsung terpikir namamu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk terus menjaga relasi baik dengan mereka. 

Peluang Direkrut Langsung setelah Lulus

Nah, manfaat yang satu ini sering terjadi di beberapa tempat. Perusahaan merekrut anak magang yang memiliki performa bagus untuk langsung bekerja di sana. Maka dari itu, saat magang kamu perlu terus belajar dan menunjukkan performa maksimal untuk mendapatkan peluang karier tersebut.
Well, itu dia lima manfaat magang yang bisa didapatkan mahasiswa dan fresh graduate. Seperti kata pepatah, “kadang kita gagal bukan karena tidak memiliki potensi, tetapi karena kurangnya persiapan,” maka gunakanlah waktu magang untuk membekali diri sebanyak dan sebaik mungkin.