5 Ide Bisnis Minim Modal untuk Mahasiswa dan Fresh Graduate

Jul 16 / Sarita Laras
Sumber:freepik.com
Untuk memulai sebuah bisnis tidak selalu membutuhkan modal besar. Ada berbagai bisnis yang kini bisa dimulai dengan modal minim atau bahkan tanpa modal sama sekali. Nah bisnis minim modal ini cocok dicoba untuk mahasiswa atau fresh graduate. Selain bisa menambah uang untuk kuliah atau tabungan, memulai bisnis juga dapat menambah pengalaman untuk memulai bisnis lebih besar ke depannya.

Dalam berbisnis ada berbagai aspek pengembangan diri yang dilatih, mulai manajemen waktu dan uang, komunikasi, kepekaan, kedisiplinan, dan masih banyak lagi.

Lalu, apa saja bisnis minim modal yang bisa dicoba mahasiswa dan fresh graduate? Berikut ini 5 rekomendasi yang bisa kamu jadikan referensi.

Jualan Produk atau Jasa di Marketplace

Saat ini sudah banyak berkembang marketplace yang bisa menjadi mitra bisnis dalam menjual produk atau menawarkan jasa. Untuk produk, beberapa marketplace memiliki ratusan juta pengunjung setiap bulannya. Pastikan kamu memilih marketplace yang tepat untuk menjual barang-barangmu. Pikirkan juga untuk menjual barang yang sedang banyak dicari dan harganya terjangkau buatmu.

Saat memulai berjualan kamu bisa menampilkan testimoni dari keluarga atau teman-teman terdekat yang kamu ajak berbelanja di lapakmu. Pastikan mereka memberikan rating baik dan testimoni yang menggambarkan kepuasan atas pelayanan dan produk yang kamu jual. Hal itu sangat penting untuk meyakinkan pembeli supaya berbelanja di lapakmu.

Sementara itu, untuk menawarkan jasa di marketplace, prosesnya hampir sama dengan menjual barang. Kamu perlu menentukan marketplace mana yang akan menjadi mitramu dan juga jenis jasa apa saja yang akan kamu tawarkan. Kabar baiknya, saat ini kamu bisa menawarkan lebih dari satu jasa di sebuah marketplace. Itu akan menambah peluangmu untuk mendapatkan penawaran klien. 

Dropshipping

Dropshipping adalah pilihan  tepat untukmu yang ingin belajar merintis sebuah bisnis. Usaha ini bisa kamu mulai tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Hal itu mengingat prinsip dropshipping adalah memasarkan produk dari supplier kepada pembeli. Di samping itu, dropshipping juga tidak membutuhkan tempat untuk menampung barang karena supplier yang nantinya akan mengirimkannya kepada pembeli atas nama dropshipper.

Di samping berbagai kemudahannya, kamu tetap harus selektif memilih supplier. Pastikan supplier menyediakan barang yang berkualitas, harga yang bersaing, serta jumlahnya cukup sehingga penilaianmu akan baik di mata pembeli. Sebagai dropshipper, kamu bisa mengambil keuntungan 10-30% dari harga supplier. Kamu tidak disarankan mengambil keuntungan terlalu tinggi karena akan kalah saing dengan kompetitor.

Setelah cukup berpengalaman mengelola usaha dropshipping, tidak ada salahnya jika kamu mulai memasarkan produkmu sendiri. Kamu bisa lebih mudah mengenal kebutuhan pasar dan juga mencari bahan-bahan baku terbaik untuk produkmu. Pemasarannya pun tidak akan sesulit ketika kamu memulai bisnis dropshipping. Sebab, kamu telah memiliki basis konsumen sendiri atas usahamu sebelumnya.

Desain Grafis

Jika kamu memiliki bakat desain grafis, ini adalah momen yang tepat untuk mengembangkan usaha. Sebab, makin banyak orang atau kalangan yang membutuhkan jasa desain grafis saat ini. Kuncinya, kamu perlu jeli melihat peluang di lingkungan terdekatmu, seperti teman kuliah, saudara, atau relasimu lainnya. Apakah mereka membutuhkan jasa desain grafis? Misalnya untuk suvenir, kaos, undangan, poster, logo, dan lain sebagainya.

Promosikan keahlianmu kepada mereka dan berikan penawaran yang menarik. Jangan lupa membuat portofoliomu di media sosial supaya mereka bisa mempertimbangkan kemahiran desainmu.

Fotografer

Selain jadi hobi, kamu juga bisa menambah penghasilan melalui fotografi. Bidang fotografi menyediakan lahan yang sangat luas untukmu memulai usaha, misalnya dengan menjual foto online melalui situs, seperti shutterstock, pexels.com, 500px.com, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menjadi fotografer profil kampus, perusahaan, atau bahkan makanan.

Kamu juga bisa mengikuti berbagai kompetisi fotografi yang berhadiah menarik. Di sana kamu akan bertemu dengan banyak fotografer lain sehingga bisa menambah relasimu. Jadikan kesempatan tersebut untuk menambah wawasan dan informasi mengenai dunia fotografi profesional.

Content Writer

Bisa dikatakan, sebagian besar tugas kita saat kuliah adalah menulis. Kita dilatih untuk menulis yang runtut dan bisa dipertanggungjawabkan. Modal yang baik tersebut bisa kamu jadikan untuk mulai menawarkan jasa content writing. Meski begitu, untuk dapat menjadi content writer ada kemampuan lain yang perlu kamu pelajari, salah satunya adalah teknik Search Engine Optimization (SEO). Teknik ini dibutuhkan untuk membuat situs web tampil di halaman pertama mesin pencarian.

Makin maraknya bisnis yang beralih ke digital membuat peluang jasa content writing banyak dibutuhkan. Kamu bisa mulai mencobanya dengan bekal kemampuan yang telah dimiliki dan mencari banyak peluang dari berbagai sisi, seperti informasi lowongan atau relasi yang kamu punya.
Demikianlah 5 ide bisnis yang bisa dicoba oleh mahasiswa dan fresh graduate. Digitalisasi di segala lini saat ini menuntut siapapun untuk terus kreatif dan jeli dalam melihat peluang. Pastikan kamu terus semangat mencari peluang tersebut dan belajar hal-hal baru.
Empty space, drag to resize

Artikel Terbaru