5 Ide Bisnis Anak Muda, Bisa dari Rumah!

Jan 18 / Nadia K. Putri
Pengen berbisnis, tapi pingin dari rumah? Apa ya? Ada apa saja? Yuk intip 5 ide bisnis anak muda ini! Siapa tahu kamu bisa mulai dari sekarang.

A. Ilustrator

Kamu suka gambar? Coba manfaatkan dan isi waktu nyantai kamu menjadi illustrator atau freelance illustrator.

Keuntungan menjadi illustrator, kamu bisa menjadi desainer grafis sekaligus seniman. Kamu juga bisa loh menggarap konsep dan mengorganisasi ide, juga menggambar plus memiliki seninya.

Tidak hanya itu, kamu juga lebih leluasa menggambar di berbagai media. Misalnya produk kemasan, poster, majalah, baliho, hingga menggambar secara dua dimensi dan tiga dimensi lainnya.

Bagaimana cara memulainya?

Mulailah dari langkah kecil dulu. Misalnya open illustration sketsa wajah untuk wisuda, graduation, atau profil foto di media sosial.

Barengin juga dengan kontak calon klien pertama kamu, dari yang terdekat dulu seperti teman. Siapa tahu, teman kamu punya bisnis dan butuh desain kemasan yang menarik dan menjual kan?

Soal peralatan, kamu bisa gunakan alat yang saat ini kamu punya. Misalnya smartphone, tablet, atau laptop. Jika kamu punya pensil khusus ilustrasi, akan lebih bagus lagi. Jadi, kamu tidak kesulitan menggurat garisnya.

B. Jasa review

Suka mengulas atau review produk atau resto di sekitaran tempat tinggalmu? Coba saja jadi reviewer. Jasa review banyak dibutuhkan lho.

Mulai dari review produk elektronik, jasa, skincare, makanan, minuman, camilan, hingga restoran atau warung makan. Semua butuh review agar pengguna bisa mempertimbangkan sekaligus membandingkan produk sebelum membeli.

Bagaimana cara memulainya?

Beberapa situs menyediakan lowongan reviewer. Situs-situs tertentu seperti PergiKuliner, Traveloka, Google Maps, hingga Tripadvisor juga banyak digunakan reviewer atas jasa, resto, warung makan, dan akomodasi yang pernah ditempati atau dikunjungi.

Kamu juga bisa mulai dengan menjadi blogger. Buat blog di Blogger.com atau Wordpress.com, lalu tulis review pertamamu. 

Tertarik mencoba ide bisnis anak muda ini?

C. Jual beli website

Bikin website jaman sekarang, gampang! Untuk kamu yang terbiasa nge-blog, tentu kamu tidak asing lagi soal membuat website.

Sambil rebahan, kamu bisa mengisi konten website kamu. Jika sudah pengunjung website sudah tinggi dan terlacak di pencarian Google, baru deh kamu jual.

Artinya, website kamu sudah mendapat kepercayaan dari Google. Tinggal pasang iklan lewat Google Adsense, bakal untung deh!

Bagaimana cara memulainya?

Untuk kamu yang sudah memiliki website atau blog, cek kembali eksistensi website atau blog lewat pencarian Google. Ketika sudah nampang dan memiliki jumlah pengunjung tinggi, saatnya jual.

Kamu juga bisa jual website atau blog kamu meski kamu sudah pasang iklan lewat Google Adsense. Jadi, klien kamu terbantu dari segi eksposur pencarian Google dan jumlah klik dari pengunjung.

D. Patungan akun aplikasi streaming

Ide bisnis anak muda satu ini banyak digandrungi, yakni jasa patungan akun aplikasi streaming.

Coba deh kamu buka Twitter. Cukup sering bersliweran cuitan-cuitan yang menjual akun patungan Netflix, Spotify,  Youtube Premium, WeTV, iFlix, Vidio, iQiyi, Apple Music, HBO Go, Viu, Disney Hotstar dan sejenisnya.

Patungan akun aplikasi streaming dapat menjadi solusi buat klien yang butuh hiburan, namun dengan harga terjangkau. Tapi tenang, soal keamanan bisa dijamin. Bagaimana cara melakukannya? 

Bagaimana cara memulainya?

Untuk menjual akun patungan aplikasi streaming, pastikan kamu punya kuota internet yang besar. Agar kamu bisa memantau akun-akun patungan yang kamu sediakan.

Di samping itu, pastikan keamanan dan data pribadi klien, supaya tidak bocor. Bisnis patungan akun itu soal kepercayaan dan layanan lho.

Mau coba?

E. Patungan akun aplikasi utilitas

Hampir sama dengan poin sebelumnya. Bedanya adalah, kamu menjual jasa patungan akun dari aplikasi utilitas. Misalnya Grammarly, Scribd, Canva, VSCO, Wattpad, Picsart, Remini, Alight Motion, Tezza, dan sejenisnya.

Cara melakukannya juga sama, kamu menjual akun patungan dan pastikan kamu punya kuota internet yang besar.

Bangun keamanan dan kepercayaan pada klien kamu ya!

Itulah 5 ide bisnis anak muda yang bisa dikerjakan dari rumah. Kalau tidak coba sekarang, kapan lagi hayo?