5 Cara Menghasilkan Uang dari Hobi Menulis

Apr 16 / Edited by Sarita Laras
Sumber:unsplash.com
Bisa menghasilkan uang dari hobi yang kita tekuni tentu menjadi hal yang menyenangkan. Sebab, biasanya, apapun kalau sudah menjadi hobi, akan dikerjakan dengan sepenuh hati dan cepat.

Di antara banyaknya hobi yang dapat menghasilkan uang, menulis menjadi salah satu yang populer saat ini. Jasa menulis banyak dibutuhkan di mana-mana, terutama di platform digital yang tengah merebak. Oleh karena itu, jika kamu punya hobi menulis, ini adalah kesempatan emas untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Berikut ini lima cara menghasilkan uang yang bisa kamu lakukan dengan hobi menulis.

Freelance Content Writer

Saat ini makin banyak usaha berbasis digital yang membutuhkan jasa content writer untuk mengisi artikel di website mereka. Selain bertujuan memberikan informasi kepada pelanggan atau pembaca, artikel juga dibutuhkan untuk keperluan Search Engine Optimization (SEO). Sebab, makin tepat teknik SEO yang diterapkan dalam artikel, makin besar peluang sebuah website tampil di halaman pertama mesin pencarian.

Biasanya, content writer dibayar per jumlah artikel yang dihasilkan. Besaran nominalnya tergantung dari jumlah kata dan tema yang ditulis. Umumnya, satu artikel dengan panjang medium 400 hingga 700 kata akan dihargai sebesar Rp 100.000. Sementara, artikel yang lebih panjang, 1.000 kata hingga 1.500, tarifnya di angka Rp 150.000 atau lebih.

Blogging

Blogging bisa menjadi hobi yang menyenangkan sekaligus menguntungkan. Kamu bisa mengelola blog sendiri dengan tema-tema tulisan yang menjadi minatmu. Untuk membuat blog, saat ini sudah banyak platform yang menyediakannya secara gratis. Kamu tinggal memproduksi konten yang menarik dan bermanfaat secara konsisten. Setelah mendapatkan jumlah pembaca yang lumayan dan stabil, kamu bisa mulai mendapatkan uang dari blogmu melalui berbagai cara, antara lain:

  • Menambahkan pengaturan iklan dengan Google AdSense
  • Membuka endorsement
  • Membuka kesepakatan afiliasi

Menulis di Media Massa

Kini telah banyak media massa yang membuka kesempatan bagi siapa pun untuk mengirimkan berbagai tulisan, seperti opini, cerpen, feature, esai, dan lainnya. Kamu bisa mengecek di surat kabar, biasanya tercantum alamat email yang bisa digunakan untuk mengirim tulisan.

Jika tulisanmu berhasil ditayangkan, kamu akan mendapat honor yang akan dikirimkan beberapa hari setelahnya. Nah, untuk besarannya tergantung dari panjangnya tulisan serta media massa tempat kamu menulis. Untuk opini sepanjang 300 kata, biasanya akan mendapatkan honor Rp 100.000. Sementara, untuk tulisan panjang di atas 1.000 kata dan tayang di media massa terkemuka, honornya bisa mencapai Rp 500.000 hingga lebih dari Rp 1.000.000.

Menulis Buku

Meski sering dibilang sebagai cara lama, tapi menerbitkan buku tetap bisa jadi opsi kamu untuk menghasilkan uang dari hobi menulis. Kamu bisa menulis berbagai ide atau tema dalam sebuah naskah untuk kemudian ditawarkan kepada penerbit.

Jika penerbit tertarik, maka karyamu akan diterbitkan dan dipasarkan ke berbagai tempat. Dari situ kamu bisa mendapatkan royalti dari hasil penjualan. Besaran royalti biasanya berada di kisaran 10 hingga 15 persen dari hasil penjualan buku.

Ikut Kompetisi Menulis

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti kompetisi menulis. Saat ini banyak dibuka lomba menulis dengan berbagai tema yang bisa kamu ikuti. Hadiah yang disediakan pun terbilang lumayan, dari jutaan hingga ratusan juta, tergantung dari siapa penyelenggaranya.

Nah, untuk memenangkan kompetisi tersebut, tentunya kamu harus memiliki strategi, mengingat jumlah pendaftarnya tentu tak sedikit. Pertama, kamu bisa melakukan riset dengan membaca banyak literatur untuk menemukan tema yang menarik dan unik. Selanjutnya, kamu juga bisa meminta bantuan teman, guru, atau dosen, untuk memeriksa tulisanmu (proofreading) sebelum dikirim ke panitia. Dari situ kamu akan mendapatkan masukan yang bisa membangun atau memperbaiki karyamu.

Well, itulah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mendulang uang dari hobi menulis. Kamu bisa terus menekuni dunia tersebut sembari mendapatkan banyak manfaat yang ada di dalamnya. Salah satunya, seperti kata sastrawan Pramoedya Ananta Toer, “Menulislah maka namamu akan abadi.”
Drag to resize

Artikel Terbaru