10 Ide Bisnis Kreatif dan Menjanjikan Untuk Pemula

Mar 24 / Edited by Sarita Laras
Sumber:unsplash.com
Bisnis kreatif adalah bisnis yang sedang marak dilakukan banyak orang saat ini, terutama kaum muda-mudi. Bisnis ini populer karena menawarkan produk yang unik dan berbeda dari kompetitor. Kreativitas memang sangat diperlukan untuk memulai dan menjalankan usaha. Bisnis yang tidak kreatif dan inovatif akan kehilangan minat dari para pelanggan kemudian dilupakan.

Jika kamu senang dengan hal-hal kreatif sekaligus memiliki jiwa wirausaha, Kamu bisa mencoba berbisnis kreatif juga. Jangan gentar karena modal yang besar dan lain sebagainya. Ide-ide bisnis kreatif berikut cocok dan menjanjikan untuk pemula.

Jual Barang Antik

Walaupun sekarang sudah tahun 2022, barang antik tetap memiliki peminat. Biasanya mereka memiliki komunitas pecinta barang antik. Kamu dapat mencari informasi tentang pasar barang antik ini dengan menjelajah internet.

Barang-barang antik yang biasanya dijual adalah furniture seperti meja dan kursi tua, lampu antik, sampai kamera. Barang antik ini sering menjadi dekorasi interior kafe dan restoran yang bertema jaman dulu. Atau hanya dikoleksi pecinta barang antik. Prospeknya cukup menjanjikan karena barang-barang ini memiliki harga jual yang cukup tinggi.

Produk Daur Ulang

Kampanye cinta lingkungan sedang marak disuarakan di mana-mana. Kepedulian akan bumi memang tanggung jawab kita bersama. Hal ini dapat kamu manfaatkan juga untuk peluang berbisnis.

Kamu dapat menjual kerajinan tangan dari bubur kertas, sampah plastik, dan lain-lain. Menjual tas ramah lingkungan juga bisa menjadi alternatif bagi usaha anda. Promosi produk kamu akan terbantu oleh kampanye untuk menggunakan kembali produk hasil daur ulang. Menarik, bukan?

Katering Sehat

Kebutuhan untuk hidup sehat semakin tinggi saat ini. Salah satunya adalah dengan konsumsi makanan sehat. Bisnis katering sehat bisa menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan untuk kamu. Kamu bisa menyediakan berbagai menu yang memenuhi nilai gizi dan sesuai dengan kondisi kesehatan klien.

Bahkan, kamu dapat membuat menu khusus untuk penderita penyakit seperti kanker dan diabetes. Tentunya kamu harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang gizi dan kondisi kesehatan. Kamu dapat bekerja sama dengan ahli gizi untuk membuat menu-menu sehat ini. Promosikan juga produk makanan sehat ini melalui media sosial seperti Instagram.

Jasa Pengetikan

Jika kamu  tinggal di lingkungan akademis, bisnis jasa pengetikan adalah ide yang bagus untuk dieksekusi. Seperti yang kita tahu, di kampus-kampus mahasiswa selalu disibukkan dengan berbagai tugas dan banyak dari mereka yang malas atau tidak memiliki waktu untuk mengetik tugas tersebut. Ini dapat kamu manfaatkan untuk memulai bisnis kamu. Hanya bermodalkan laptop, kamu sudah bisa menjalankan usaha ini.

Menjadi Reseller

Keuntungan dari menjadi reseller adalah modalnya sangat kecil atau bahkan tidak ada. Kamu hanya perlu kreativitas untuk memasarkan produk melalui media online. Dengan menjelajah internet, kamu bisa mencari supplier berbagai produk yang ingin Anda jual. Marketplace atau online store bisa menjadi pilihan kamu dalam memasarkan produk yang ingin kamu jual.

Customized Casing Gadget

Gawai dan gadget lainnya adalah benda wajib yang pasti dimiliki setiap orang. Mereka juga ingin gadgetnya terlihat cantik dan menarik sesuai kepribadian mereka. Nah, peluang ini dapat kamu manfaatkan dengan berbisnis customized casing gadget. Kamu dapat membuatkan casing HP yang sesuai permintaan pembeli. Mereka pasti senang dengan desain yang unik khusus untuk mereka pribadi.

Jasa Penulis Online

Tulisan adalah hal paling umum yang kita temukan di internet. Namun tidak semua orang dapat menulis dengan baik. Jika kamu  senang dan piawai menulis, kamu dapat menggunakan keahlian ini untuk berbisnis.

Dari mulai artikel, caption, ulasan, bahkan cerita fiksi dapat kamu pasarkan melalui media sosial Anda. Berbekal portofolio dan pengetahuan SEO, kamu sudah dapat menawarkan bisnis jasa penulisan ini.

Kursus Bahasa Online

Apakah kamu pandai berbahasa asing? Jika ya, peluang bisnis ini sangat menjanjikan. Banyak orang yang ingin belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris, Perancis, Mandarin, dan lain-lain. Buatlah kelas online dengan menggunakan aplikasi online meeting dan ciptakan suasana yang menyenangkan. Tarifnya bisa anda tentukan per pertemuan.

Bibit Tanaman

Gaya hidup “Go Green” atau peduli lingkungan sedang populer saat ini. Salah satunya adalah dengan menanam pohon atau berkebun. Selain wujud kepedulian lingkungan, memang banyak orang yang memiliki hobi berkebun. Apalagi di kala pandemi seperti ini, orang perlu aktivitas untuk menghilangkan kebosanan.

Kamu dapat menjual berbagai bibit tanaman yang sesuai dengan kondisi pandemi sekarang. Buah dan sayur bisa menjadi pilihan tepat untuk bibit tanaman karena ini adalah bahan pangan yang selalu diperlukan. Kamu bisa mencari supplier di internet dan memasarkannya lewat media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Jajanan Pasar Unik

Dunia kuliner selalu memiliki peminat. Tak heran bisnis makanan selalu ramai pembeli. Jika kamu pandai memasak, Anda bisa menjual jajanan pasar unik. Misalnya pie buah bentuk jajar genjang atau risoles cake bentuk hewan lucu. Kamu dapat memasarkan produk ini lewat marketplace atau media sosial.