10 Hal yang Harus Dimiliki Pekerja dalam Bidang Apapun

Jun 18 / Sarita Laras
Sumber:freepik.com
Sebuah perusahaan sudah pasti menginginkan karyawan terbaik untuk mengisi berbagai bidang pekerjaan yang ada. Keberadaan mereka dibutuhkan untuk menjaga roda bisnis tetap berjalan dan mencapai berbagai tujuan di masa depan. Oleh karena itu, wajar bila persaingan di dunia kerja saat ini dikatakan kian ketat.

Jika melihat pada data Badan Pusat Statistik (BPS) per Agustus 2021, Indonesia memiliki 140,15 juta angkatan kerja. Mereka akan dihadapkan pada tiga tantangan ketenagakerjaan, yaitu bonus demografi, dampak pandemi COVID-19, dan revolusi industri. Itu artinya, para angkatan kerja saat ini tidak hanya akan bersaing dengan sesamanya, tetapi juga harus bersaing dengan teknologi.

Untuk itu, para pekerja saat ini harus memiliki beberapa hal dalam menjawab kebutuhan perusahaan serta menghadapi tantangan yang ada. Apakah kamu termasuk salah satu pekerja itu?

Jika iya, secara garis besar, hal yang harus kamu miliki meliputi soft skill dan hard skill. Keduanya merupakan hal yang sama-sama penting. Hard skill merupakan pengetahuan dan kemampuan yang hasilnya dapat diukur atau bersifat teknis. Sementara, soft skill mencakup keahlian sosial, kepribadian dan karakter, keterampilan komunikasi, kecerdasan emosional, pengaruh, dan pendekatan kerja yang ditunjukkan oleh seorang karyawan.

Keberadaan soft skill dibutuhkan untuk melengkapi hard skill sehingga keduanya dapat membuat kamu menjadi aset berharga perusahaan. Jika dijabarkan, berikut ini merupakan 10 hal yang harus kamu miliki sebagai pekerja.

Keandalan dan Tanggung Jawab

Keandalan adalah seberapa jauh kamu mampu melakukan tugas dengan akurat dan bebas dari kesalahan. Keandalan diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan dari waktu ke waktu. Untuk melengkapi keandalan, diperlukan sebuah tanggung jawab, yaitu komitmen untuk menanggung segala hal dari apa yang telah dikerjakan.

Profesionalisme

Profesionalisme umumnya dapat dipahami sebagai kepatuhan individu terhadap seperangkat standar, kode etik atau patokan kualitas dalam bidang pekerjaan tertentu. Contoh mudahnya, bersikap sopan, berbicara dengan baik, tenang, dan rapi adalah bagian dari menjadi profesionalisme di tempat kerja.

Integritas

Integritas seringkali diartikan secara sederhana sebagai kejujuran. Namun, lebih luas daripada itu, integritas menurut kamus kompetensi perilaku KPK adalah bertindak secara konsisten antara apa yang dikatakan dengan tingkah lakunya sesuai nilai-nilai yang dianut. Nilai-nilai tersebut dapat berasal dari nilai kode etik di tempat kamu bekerja, nilai masyarakat atau nilai moral pribadi.

Manajemen Waktu

Sebagai seorang pekerja kamu dituntut untuk dapat bekerja secara efektif dan efisien. Oleh karena itu, selain membutuhkan keandalan, manajemen waktu juga menjadi hal yang wajib diperhatikan.

Manajemen waktu yang baik akan membantumu menyelesaikan pekerjaan sesuai waktunya sehingga akan tercipta work life balance. Untuk itu, mulailah untuk membuat timeline untuk pekerjaan sehari-hari dan tetapkan prioritas dari setiap jenis pekerjaan.

Kreativitas

Kreativitas biasanya akan melahirkan ide-ide inovatif yang berguna bagi banyak orang. Sayangnya, tidak semua orang dilahirkan dengan memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Meski begitu, kreativitas adalah keterampilan yang dapat dipelajari melalui berbagai eksperimen, imajinasi, pertanyaan, kolaborasi, dan riset. Teruslah mengasah kreativitas demi kemajuan kariermu ke depan.

Kerja Sama Tim

Alih-alih berkompetisi dengan rekan kerjamu, akan lebih baik jika yang dibangun adalah kolaborasi yang solid. Kolaborasi yang apik akan memudahkan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Nah, untuk membangun kerja sama tersebut diperlukan komunikasi yang baik dan lancar. Caranya, bisa kamu mulai dengan menjadi pendengar yang baik, memahami gaya komunikasi setiap orang di lingkungan kerja, menyampaikan pesan dengan jelas, memiliki empati, memiliki keberanian untuk bertanya, dan lain sebagainya.

Kemampuan Memecahkan Masalah

Kemampuan ini mencakup keahlian dalam mengidentifikasi masalah hingga menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Kemampuan memecahkan masalah sendiri bersinggungan dengan beberapa keterampilan lain, seperti komunikasi, analisis, kreativitas, kerja tim, dan pengambilan keputusan.

Kemauan untuk Terus Belajar (Learnability)

Kemauan untuk selalu belajar sangat dibutuhkan di tengah zaman yang terus berubah. Pelajarilah setiap hal baru yang dapat menunjang kariermu ke depan. Kamu bisa melakukannya dengan mengikuti pelatihan, kelas-kelas daring, seminar, dan masih banyak lagi.

Sikap Positif

Saat kamu selalu bersikap positif dalam bekerja, hal itu akan berdampak positif bagi rekan kerja di sekelilingmu. Kamu akan menghadirkan energi positif yang mampu membuat situasi kerja makin kondusif dan dapat mendorong produktivitas.

Networking

Terakhir, memiliki networking adalah hal yang kamu butuhkan saat sedang membangun karier. Makin luas networking yang kamu miliki, makin besar juga peluang atau kesempatan yang akan kamu dapatkan. Untuk membangun networking tersebut, kamu perlu aktif dalam berbagai kegiatan, memiliki skill komunikasi yang baik, dan memanfaatkan media sosial dengan bijak
Itulah 10 hal yang kamu harus miliki sebagai pekerja saat ini. Intinya, jangan pernah takut untuk mencoba dan lelah untuk terus belajar. Seperti kata Robert Kiyosaki, “jangan biarkan rasa takutmu terhadap kegagalan lebih besar daripada perasaan gembira saat berhasil nanti.”
Drag to resize